%0 Thesis %9 S2 %A Dyah, Anung Driyas Maraning %A Setiawati, Farida Agus %B Pendidikan Anak Usia Dini %D 2019 %F UNY:66853 %I Program Pascasarjana %K buku cerita bergambar, problem solving, anak usia 5-6 tahun %T Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar untuk Menstimulasi Kemampuan Problem Solving Anak Usia 5-6 Tahun. %U http://eprints.uny.ac.id/66853/ %X Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk berupa buku cerita bergambar yang layak, dan (2) mengetahui efektifitas media buku cerita bergambar untuk menstimulasi kemampuan problem solving anak usia 5-6 tahun. Pengembangan ini dilakukan dengan mengacu pada model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang terdiri dari define, design, develop, disseminate. Subjek uji coba awal (initial testing) melibatkan 3 anak dan 1 guru, quantitative testing melibatkan 6 anak dan 2 guru, serta total-package testing melibatkan 15 anak pada kelas kontrol dan 15 anak pada kelas eksperimen, serta 2 orang guru. Pengumpulan data menggunakan lembar angket validasi ahli materi, validasi ahli media, respon guru respon anak, serta lembar observasi penilaian kemampuan problem solving anak. Selanjutnya data dianalisis dengan kuantitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) produk buku cerita bergambar untuk stimulasi kemampuan problem solving anak memenuhi kelayakan oleh ahli materi dan ahli media, guru, serta respon anak pada initial testing, quantitative testing, dan total-package testing. Uji efektivitas pada tahap disseminate pada langkah validation testing bahwa (2) kemampuan problem solving anak meningkat berdasarkan nilai skor gain dari pretest dan posttest. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa produk media buku cerita bergambar telah layak digunakan dan efektif untuk dapat menstimulasi kemampuan problem solving anak.