@phdthesis{UNY66783, year = {2019}, month = {February}, school = {Program Pascasarjana}, title = {Keefektifan Pendekatan Saintifik dengan Konteks Islami ditinjau dari Literasi Matematis dan Kecerdasan Emosional Siswa}, author = {Rospala Hanisah Yukti Sari and Dhoriva Urwatul Wutsqa}, url = {http://eprints.uny.ac.id/66783/}, abstract = {Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripisikan (1) keefektifan pendekatan saintifik dengan konteks Islami ditinjau dari literasi matematika siswa (2) keefektifan pendekatan saintifik dengan konteks Islami ditinjau dari kecerdasan emosional siswa. (3) keefektifan antara pendekatan saintifik dengan konteks Islami dan pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan literasi matematika dan kecerdasan emosional siswa kelas VII pada materi aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi seluruh siswa kelas VII MTs Binaul Ummah Bantul. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII yang dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok nomor absen genap (kelas eksperimen) dan kelompok nomor absen ganjil (kelas kontrol) dengan banyaknya siswa berturut-turut 18 siswa dan 17 siswa.. Data dikumpulkan dengan tes (pre-test dan post-test) serta nontes (angket awal dan angket akhir). Untuk mendeskripsikan keefektifan perlakuan pada kedua kelas, data kemampuan literasi matematika dan kecerdasan emosional siswa pada masing-masing kelas dianalisis dengan uji t pada taraf signifikansi 5\%. Perbedaan keadaan siswa sebelum perlakuan dan perbedaan keefektifan diukur menggunakan MANOVA (Hotelling T 2 ). Selanjutnya untuk membandingkan keunggulan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol digunakan uji t dua sampel independen dengan taraf signifikansi 5\%. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan saintifik dengan konteks Islami dalam pembelajaran matematika materi bentuk aljabar secara uji statistik belum efektif, namun mengalami peningkatan rata-rata setelah perlakuan ditinjau dari kemampuan literasi matematika dan kecerdasan emosional siswa kelas VII MTs. Pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika materi bentuk aljabar secara uji statistik belum efektif, namun mengalami peningkatan rata-rata setelah perlakuan ditinjau dari kemampuan literasi matematika dan kecerdasan emosional siswa kelas VII MTs. Pendekatan saintifik dengan konteks Islami tidak lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan literasi matematika dan kecerdasan emosional siswa kelas VII MTs dalam pembelajaran matematika materi bentuk aljabar. Kata Kunci: pendekatan saintifik, konteks Islami, kemampuan literasi matematika, kecerdasan emosional} }