eprintid: 66752 rev_number: 23 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/06/67/52 datestamp: 2019-11-25 02:41:52 lastmod: 2019-11-25 02:41:52 status_changed: 2019-11-25 02:41:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Martanti, Riangga Dwi creators_name: Winarni, Sri title: Pengembangan Multimedia Pembelajaran Senam Lantai Pada Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Menengah Pertama. ispublished: pub subjects: olahraga subjects: or_pkr divisions: pps_ikora full_text_status: public keywords: multimedia, senam lantai, sekolah menengah pertama abstract: Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan multimedia pembelajaran senam lantai pada Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan sekolah menengah pertama (SMP) yang dapat berguna bagi guru PJOK dan siswa SMP dalam pembelajaran Senam Lantai. Penelitian ini mengadaptasi penelitian dan pengembangan pendidikan model Dick & Carey dengan 4 langkah sebagai berikut: (1) tahap analisis kebutuhan, (2) tahap desain produk, (3) tahap valiadasi dan evaluasi, (4) tahap produk akhir. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 ahli materi, 1 ahli media, 2 guru PJOK, 126 siswa. Uji efektifitas dilakukan di SMPN 1 Jatilawang dengan 1 rombel kelas atau 34 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan unjuk kerja. Hasil penelitian berupa aplikasi pembelajaran senam lantai pada Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP yang diberi nama MaGym dan terdiri dari 6 menu utama yaitu: (1) menu utama, (2) menu pendahuluan (3) menu materi (4) menu petunjuk (5) menu evaluasi (6) profil penulis. Multimedia pembela jaran senam lantai berbentuk aplikasi berbasis android yang berjudul “MaGym”. Berdasarkan penilaian para ahli materi, ahli media, guru PJOK, siswa dan uji efektifitas produk dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran senam lantai pada Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP layak untuk diterapkan pada pembelajaran pendidikan jasmani siswa SMP dan hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia efektif dalam meningkatkan hasil belajar senam lantai siswa. date: 2019-09-23 date_type: published institution: Pascasarjana department: Ilmu Keolahragaan thesis_type: tesis referencetext: Agustina, C dan Tri Wahyudi. 2015. Aplikasi Game Pendidikan Berbasis Android untuk Memperkenalkan Pakaian Adat Indonesia, IJSE: Indonesian Journal on Software Engineering, 1(1):1-8 Ahmed, S. & Parsons, D. 2013. Abductive Science Inquiry Using Mobile Devices in the Classroom. Computers and Education, 63(2013): 62-72 Aktavia, A. 2013. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mototrik Kasar melalui Metode Outdoor Games dengan Media Dadu Raksasa pada Anak TK B Al Irsyad Al Islamiyah Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas Semester Genap TA 2012-2013. Thesis. Purwokerto: UMP Alamsyah, N dan Sasmita. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Roll Depan Senam Lantai (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Kartika IV-II Surabaya). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 1(2): 357-361 Ali, M, dkk. 2008. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara Alpkaya, Ufuk. 2013. The Effects of Basic Gymnastics Training Integrated With Physical Education Courses on Selected Motor Perfomance Variable. Academic Journal Mamara University Istanbul, Turkey. 8(7): 317- 321 Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta : Rineka Cipta Arifin, Z. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Arsyad, A. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Asim, et al (2012). Langkah-langkah penelitian pengembangan, disajikan dalam lokakarya nasional angkatan II, Metodologi penelitian pengembangan bidang Pendidikan dan pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang Bates, AW. & Poole, G. (2003). Effective teaching with technology in higher education, foundation of success. San Fransisco, CA: Jossey-Bass. Belawati, T. 2003. Penerapan E-Learning dalam Pendidikan Jarak Jauh di Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan: E-learning dalam Pendidikan (hal. 395 – 417). Jakarta: Universitas Terbuka Bouazizi, Azaiez, Boudhiba, (2014). Effects of learning by video on gymnastic performances among tunisian students in the second year of secondary level. IOSR Journal of Sports and Physical Education, 1(5): 05-08. Boyinbode OK dan Ainyede RO. 2008. Mobile Learning: an Application of Mobile and Wireless Technologies in Nigerian Learning System. 6 International Journal of Computer Science and Network Security, 8(11): 386-392 Danim, S. 2008. Media Komunik asi Pendidik an: Pelayanan Profesional Pembelajaran dan Mutu Hasil Belajar (Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi). Jakarta: Bumi Aksara Darmawan, D. 2016. Mobile learning sebuah aplikasi teknologi pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada Daryanto. (2013). Media pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media De Porter, dkk. 2013. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa Learning Djiwandono, SEW. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo Dick, W., Carey, L., and Carey, J.O. 2009. The Systematic Design of Instruction. New Jersey: PeaRson Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta Elfeky, AIM & Masadeh, TSY. 2016. The Effect of Mobile Leraning on Student Achievement and Convertional Skills. International Journal of Higher Education, 5(3): 20-31 Faloon, G. 2017. Mobile Devices and Apps as Sacnffolds to Science Learning in the Primary Classroom. Journal of Science Eduvation and Technology, 26(6): 1-18 Geisert, PG dan Mynga K Futrell. 2000. Teacher, Computers and Curriculum: Microcomputers in the Classroom, 3rd Edition. London: Pearson Goksu, I & Atici, B. 2013. Need for Mobile Learning Technologies and Opportunities. Procedia Social and Behavioral Science, 103(2013): 685- 694 Hadi, S. (2004). Metodologi research 2. Yogyakarta: Andi Offset. Haryoko (2009). Efektifitas media audio visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro, 5 (1): 1-10 Heinich, R., dkk. 2002. Instructional technology and media for learning (7th ed.). Edinburg: Pearson Education, Inc. Husdarta dan Yudha. 2000. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Depdiknas Husdarta,JS dan Eli M. 2010. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SMP/MTS untuk Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementrian Pendidikan Nasional 6 Ibanez, M.B. 2016. Suport for Augmented Reality Simulation System: the Effects of Scanffolding on Learning Outcomes and Behaviour Patterns. IEEE Transactions on Learning Technology, 9(1): 46-56 Isnaini, Faridha & Suranto. 2010. Pendidikan jamani, olahraga, dan kesehatan viii. Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementrian Penddidikan Nasional Ivers, KS. & Barron, AE. 2010. Multimedia in education designing, producing and assesing. Santa Barbara, CA: Libraries Unlimited. Keegan, D. 2005. The Incorporation of Mobile Learning into Mainstream Education and Training. mLearn 2005, 4th World Conference on mLearning, Cape Town, South Africa 2005. Kurniawan, A.W & Tangkudung, J. (2017). Development of interactive multimedia-based gymnastics floor techniques learning model junior high scholl students. JIPES, 3(2): 1-16 Mahendra, A. 2001. Pembelajaran Senam. Jakarta: Direktorat Jendral Olahraga ___________. 2003. Falsafah Pendidik an Jasmani. Jakarta: Direktorat Pendidikan Luar Biasa Mayer, RE. 2009. Multimedia Learning: Prinsip-Prinsip dan Aplik asi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Miftah, M. 2013. Penerapan Teori Belajar dan Desain Instruksional dalam Program Mobile Learning. Jurnal Kwangsan. 1(1):46-56 Muhajir, Mujahid, Jaja. 2011. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SMK dan MAK kelas X. Bandung: Erlangga Munir. 2015. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta Musfikon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya. Prasetiyo, A. 2015. Pengembangan Media Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Materi Guling Depan untuk SMP Kelas VII. SKRIPSI. Yogyakarta: FIK UNY Purbasari, RJ. 2013. Pengembangan Aplik asi Android sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Dimensi Tiga untuk Siswa SMA Kelas X. Malang: Universitas Negeri Malang, 1(2) Putri, NP dan Ismiyati. 2016. Meningkatkan Motivasi Gerak dalam Permainan Bola Softball dengan Modifikasi Alat pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidik an Jasmani Indonesia, 12(1): 11-15 6 Roji dan Eva Y. 2017. Buku Guru Penddidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII SMP/MTS. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud Rosdiani, D. 2013. Perencanaan Pembelajaran dalam Pendidikan Jamani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta Rusli, M., Dadang H., & N. Nyoman S. 2017. Multimedia Pembelajaran yang Inovatif: Prinsip Dasar & Model Pengembangan. Yogyakarta: Andi Offset Sadiman, A, dkk. 2006. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangang dan Pemanfaatannnya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Said, Kurniawan, Anton, (2018). Development of media-based learnig using android mobile learning. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 96 (3): 668-676. Sanjaya, W. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Surabaya: Alfabeta Santons, P., Cook, J. & Hernandez-Leo, D. 2015. M-AssIST: Interaction and Scaffolding Maters in Authentic Assessment. Educational Technology and Society, 18(2): 33-45 Saifuddin, Azwar. 2002. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Seifert, T. 2015. Pedagogical Applications of Smartphone Intregation on Teaching: Lectures, Pre-Service Teachers and Pupils Perpectives. International Journal of Mobile and Blended Learning. 7(2):1-16. Setyantoko, M. 2016. Peneembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android dalam Pembelajaran Atletik untuk Siswa SMP Kelas VII. Skripsi FIK UNY 2016 Sharples, M. 2013. Mobile Learning: Research, Practice, and Challenges. Distance Education in China, 3(5) pp 5-11 Siswoyo, D, dkk. 2011. Ilmu Pendidikan. Yogayakarta:UNY Press Sudarmansyah, Sudjarwo, Sinaga, (2019). Development of android-based mobile learning: answering the challenges of the industrial revolution 4.0. Journal of Education and Pratice, 10 (14): 19-27. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidik an (Pendidik an Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta Suharjana, F. 2011. Pengemabangan Pembelajaran Senam Melalui Bermain di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1): 18-23 Sukintaka. 2001. Teori Pendidikan Jasmani. Solo: ESA grafika 6 Sung, Y.T., Chang, K & Liu, T.C. 2016 The Effect of Integration Mobile Device with Teaching and Learning on Students’ Learning Performance: a meta- analysis research synthesis. Computers and Education, 94(2016): 252-275 Suparno, P. 2000. Teori Perkembangan Kognitif Piaget. Yogyakarta: Kanisisus Sutopo, AH. 2003. Multimedia dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu Sutrisno, B dan MB Khafadi. 2010. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 2. Jakarta: Pusat Perbukuan Kemendiknas Suyitno. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif Oengukuran Teknik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23(1): 101-109 Suyono dan Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Syahara, S. 2005. Pembelajaran Senam dan Aktivitas Ritmik. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Tauvan, R. 2018. Persepsi Siswa Kelas VIII terhadap Pembelajaran Pendidikan Jamani di SMPN 2 Tempel Daerah Istimewa Yogayakarta. SKRIPSI UNY 2018 Traxler, J. 2005. Defining Mobile Learning. International Conference Mobile Learning 2005. 261-266 Trilling, B & Fadel, C.. 2009. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Fransisco: John Wiley & Sons, Ins Valk, J., Rashid, A.T & Elder, L. 2010. Using Mobile Phone to Improve Educational Outcomes: an Analysis of Evidence From Asia. Inetrnational Review of Research in Open an Distance Learning, 11(1): 117-140 Vaughan, GM.& Michael, AH. 2010. Social Psychology (6th ed.). Australia: Pearson Education Vendien, CL & Nixon, JE. 1985. Physical Education T eacher Education Gudelines for Sport Pedagogy. New York: John Wiley & Sons Wahyuningsih, D & Rakhmat Makmur. 2017. E-Learning Teori dan Aplikasi. Bandung: Informatika Winkel, WS. 1991. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Wisahati, AS. 2010. Pendidikan Jamani Olahraga dan Kesehatan. Semarang: Sejati Yusuf, SLN. 2000. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosda Karya citation: Martanti, Riangga Dwi and Winarni, Sri (2019) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Senam Lantai Pada Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Menengah Pertama. S2 thesis, Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/66752/1/COVER.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66752/2/BAB%20I.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66752/3/BAB%20II.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66752/4/BAB%20III.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66752/5/BAB%20IV.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66752/6/BAB%20V.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66752/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66752/8/LAMPIRAN.pdf