eprintid: 66727 rev_number: 25 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/06/67/27 datestamp: 2019-11-20 07:11:35 lastmod: 2019-11-20 07:11:35 status_changed: 2019-11-20 07:11:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Herpratana, Ellan Riyadi creators_name: Sumaryanti, Sumaryanti title: Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Laku untuk Meningkatkan Daya Tahan Kardiorespirasi bagi Peserta Didik Tunagrahita Ringan. ispublished: pub subjects: olahraga divisions: pps_ikora full_text_status: public keywords: pengembangan, model pembelajaran, pendidikan jasmani, laku, kardiorespirasi, tunagrahita ringan abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran pendidikan jasmani berbasis laku (lagu dan bangku) untuk meningkatkan daya tahan kardiorespirasi peserta didik tunagrahita ringan. Model pembelajaran ini didesain untuk peserta didik tunagrahita ringan dengan spesifikasi SDLB kelas atas. Penelitian ini menggunakan research and development yang dimodifikasi menjadi dua tahap, yaitu: tahap pendahuluan dan tahap pengembangan. Tahap pendahuluan meliputi (1) studi pustaka dan (2) studi lapangan. Tahap pengembangan meliputi (1) membuat desain produk awal, (2) validasi ahli, (3) uji coba skala terbatas, (4) uji coba skala luas, (5) uji efektivitas, dan (6) penyebaran sederhana. Uji coba penelitian dilakukan di empat sekolah di Kabupaten Bantul. Uji coba skala terbatas dilakukan di SLB Marsudi Putra 1 pada lima peserta didik tunagrahita ringan SDLB kelas atas. Uji coba skala luas dilakukan di SLB Sekar Teratai 1 dan SLB Bangun Putra pada 16 peserta didik tunagrahita ringan SDLB kelas atas. Uji efektivitas dilakukan di SLB Bina Siwi pada 8 peserta didik tunagrahita ringan SDLB kelas atas. Uji efektivitas menggunakan pra-eksperimen dengan one group pretest-posttest. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan modifikasi Harvard Step Test. Analisis data validitas menggunakan formula Content Validity Ratio. Analisis data uji efektivitas menggunakan proporsi kenaikan daya tahan kardiorespirasi terhadap pretest dalam % dan uji Paired Test. Penelitian ini menghasilkan produk berupa model pembelajaran pendidikan jasmani berbasis laku. Model pembelajaran ini didesain sesuai dengan karakteristik peserta didik tunagrahita ringan dengan spesifikasi SDLB kelas atas. Model pembelajaran ini sintaknya delapan tahap, yaitu: pemanasan, inti (demonstrasi - drill - demonstrasi (peserta didik recovery) - drill - demonstrasi (peserta didik recovery) - drill), pendinginan. Hasil uji Content Validity Ratio semua item nilainya > 0,99. Hasil uji efektivitas dinyatakan efektif dapat meningkatkan daya tahan kardiorespirasi peserta didik tunagrahita ringan dengan besarnya efektivitas 11,87% (p-value 0,05). Model pembelajaran ini dikemas dalam buku panduan yang disertai dengan DVD. Pada akhir tahap penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran pendidikan jasmani berbasis laku pelaksanaannya aman, mudah, menyenangkan, dan harga alat terjangkau serta efektif untuk meningkatkan daya tahan kardiorespirasi peserta didik tunagrahita ringan, sehingga model pembelajaran pendidikan jasmani berbasis laku layak digunakan. date: 2019-09-26 date_type: published institution: Pascasarjana department: Ilmu Keolahragaan thesis_type: tesis referencetext: Abdoellah, A. (1996). Pendidikan jasmani adaptif. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta. Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model dan metode pembelajaran di sekolah. Semarang: UNISSULA Press. Apriyanto, N. (2012). Seluk-beluk tunagrahita & strategi pembelajarannya. Yogyakarta: Javalitera. Armatas, V. (2009). Mental retardation: Definitions, etiology, epidemiology and diagnosis. Journal of Sport and Health Research, 1(2), 112-122.Retrieved from www.journalshr.com/papers/Vol 1_N 2/V01_2_5.pdf Asonitou, K., Mpampoulis, T., Paleologou, H. I., & Koutsouki, D. (2018). Effects of an adapted physical activity program on physical fitness of adults with intellectual disabilities. Advances in Physical Education, (8), 321-336. https://doi.org/10.4236/ape.2018.83028 Ayan, S., Ergin, M., Alıncak, F. (2017). The evaluation of the participation of game and physical education lesson of the mild severe degree mental retardation and autistic students. European Journal of Special Education Research, 2(2), 35-49. doi:10.5281/zenodo.241140 Bawiling, N. S., Adiputra, N., & Tirtayasa, K. (2014). Pelatihan senam ayo bergerak, senam bugar Indonesia lebih meningkatkan kebugaran fisik daripada senam ayo bersatu pada wanita anggota klub senam lala studio Denpasar. Sport and Fitness Journal, 2(1), 150-161. Bhakti, R. Y. (2015). Pengembangan model pembelajaran permainan colorful balls run untuk reaksi gerak pada anak tunagrahita SLN Negeri Semarang tahun 2015. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Semarang, Semarang. Block, M. E. (2016). A teacher’s guide to adapted physical education (4th ed.). Baltimore: Paul H. Brookes Publishing Co. Cokluk, G. F., Kirimoglu, H., Oz, A. S., & Ilhan, E. L. (2015). The effects of physical education and sports on the self-concept of the children with mild mental disabilities. International Journal of Science Culture and Sport, 3, 55-72. doi:10.14486/IJSCS258 Djamarah, Bahri, S., & Zain, A. (2010). Strategi belajar mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Frownfelter, D. & Dean, E. (2012) Cardiovascular and Pulmonary physical therapy: Evidence to practice (5th ed.). Missouri: Mosby. 79 Getchell, B. (1979). Physical fitness: A way of life. New York: Wiley & Sonc.Inc. Gillespie, M. (2003). Cardiovascular fitness of young Canadian children with and without mental retardation. Education and Training in Developmental Disabilities, 38(3), 296-301. Retrieved from https://www.jstor.org/stable/23879827 Gunawan, F. (2014). Survei pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif sekolah luar biasa se-Kabupaten Gunung Kidul. Journal of Physical Education, Sport, Health, and Recreations, 3(2) 916-921. http://doi.org/10.15294/active.v3i2.2943 Guvendi, B. & Ilhan, E. K. (2017). Effects of adapted physical activity applied on intellectual disability students toward level of emotional adjustment, self- managingand the socialization: Parent and teacher interactive research. Journal of Human Sciences, 14(4), 3879-3894. doi:10.14687/jhs.v14i4.4812 Hairy, J. (2003). Daya tahan aerobik. Jakarta: Direktorat Jenderal Olahraga Departemen Pendidikan Nasional. Hakim, A. R. (2017). Memuliakan anak berkebutuhan khusus melalui pendidikan jasmani adaptif. Jurnal Ilmiah Penjas, 3(1), 17-27. Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/539 Hanifah, R. A., Mohamed, M. N. A., Jaafar, Z., Mohsein, N. A. S. A., Jalaludin, M. Y., Majid, H. A., Murray, T. T. S. L., & Cantwell, M. (2013). The correlates of body composition with heart rate recovery after step test: An exploratory study of malaysian adolescents. Plos One, 8(12), 1-8. doi:10.1371/journal.pone.0082893 Herfiyanto, E. (2015). Tingkat kesegaran jasmani anak tunagrahita ringan umur 10- 12 tahun di SLB se-Kulonprogo. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. Imbiriba, L. A., Rodrigues, E. C., Magalhaes, J., & Vargas, C. D. (2006). Motor imagery in blind subjects: The influence of the previous visual experience. Neuroscience letter, 400, 181-185. https://doi.org/10.1016/j.neulet.2006.02.042 Institute of Medicine. (2013). Educating the student body: Taking physical activity and physical education to school. Washington, DC: The National Academies Press. https://doi.org/10.17226/18314 Irianto, D. P. (2004). Pedoman praktis berolahraga untuk kebugaran dan kesehatan. Yogyakarta: Andi Offset. 80 Jakovljevic, D. G. (2018). Physical activity and cardiovascular aging: Physiological and molecular insights. Experimental Gerontology, 109, 67-74. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.exger.2017.05.016 Jo, G., Kimball, B. R., & Lee, Y. (2018). Effects of 12-week combined exercise program on self-efficacy, physical activity level, and health related physical fitness of adults with intellectual disability. Journal of Exercise Rehabilitation, 14(2), 175-182. https://doi.org/10.12965/jer.1835194.597 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Pedoman penyelenggaraan program pendidikan jasmani adaptif bagi peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Pendidikan Dasar. Kemis & Rosnawati, A. (2013). Pendidikan anak berkebutuhan khusus tunagrahita. Jakarta: PT Luxima Metro Media. Kocic, M., Bojic, I., Aleksandrovic, M., Ignjatovic, A., & Radovanovic, D. (2017). Physical activity in adolescent with mental retardation: Is adapted basketball training adequate stimulus to improve cardiorespiratory fitness and sport skills performance?. Acta facultatis medicae Naissensis, 34(2), 159-168. doi:10.1515/afmnai-2017-0018 Kurniawan, D. P. A. (2014). Tingkat kebugaran jasmani anak tunagrahita ringan usia 13-15 tahun di SLB Negeri Pembina Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. Laksono, A. T. (2015). Tingkat kebugaran jasmani anak tunagrahita ringan usia 13- 15 tahun di SLB se-Kabupaten Bantul. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. Lawshe, C. H. (1975). A quantitative approach to content validity. Personnel Psychology, (28), 563-575. Lutan, R., Tomoliyus, Joni Hartoto. (2002). Pendidikan kebugaran jasmani: Orientasi pembinaan di sepanjang hayat. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Dirjen Olahraga. Majid, A. (2006). Perencanaan pembelajaran mengembangkan study kompetensi guru. Bandung: PT. Rosda Karya Marmeleira, J., Laranjo, L., Bravo, J., & Menezes, D. (2019). Physical activity patterns in adults who are deaf. European Journal of Adapted Physical Activity, 12(1):3, 1-10. doi:10.5507/euj.2019.002 Meimulyani, Y. & Tiswara, A. (2013). Pendidikan jasmani adaptif bagi anak berkebutuhan khusus. Jakarta Timur: PT Luxima Metro Media. 81 Muhajir, M. & Jaja, M. (2011). Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Jakarta: Erlangga. Mumpuniarti. (2007). Pendekatan pembelajaran bagi anak hambatan mental. Yogyakarta: Kanwa Publisher. Obadiora, H. A. (2018). Comparative effect of participation in different sport on quality of life perception by inmates of ilesa prison in Osun State Nigeria. International Journal of Sports Science and Physical Education, 3(1), 9- 15. doi:10.11648/j.ijsspe.20180301.12 Prakarso, D. T. B. & Syam, A. R. (2015). Penerapan permainan tradisional terhadap keseimbangan pada anak tunarungu kelas bawah SDLB Tunas Mulya Sememi Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 03(02), 554-559. Retrieved from http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan- jasmani/article/viewFile/13830/12646 Prawira, P. A. (2014). Psikologi pendidikan dalam perspektif baru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Presiden Republik Indonesia. (1991). Peraturan Pemerintah RI Nomor 72, Tahun 1991, tentang Pendidikan Luar Biasa. Presiden Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 21, Tahun 2016, tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Prihartanta, W. (2015). Teori-teori motivasi. Jurnal Adabiya, 1(83), 1-11. Retrieved from https://www.academia.edu Puiu, M., Dumitriu, S., Chirita-Emandi, A., Gradinaru, R., & Arghirescu, S. (2013). The genetic of mental retardation. Retrieved from https://www.intechopen.com/books/genetic-disorders/the-genetics-of- mental-retardation Purwanto, N. (2006). Psikologi pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Rinawati, N. (2016). Buku guru tunagrahita: Sumber daya alam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Roestiyah, N. K. (2012). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Rofa’ah. (2016). Pentingnya kompetensi guru dalam kegiatan pembelajaran dalam perspektif islam. Yogyakarta: Deepublish. Rusman. (2012). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Sagala, S. (2013). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta. 82 Saleh, Y. A. R. & Nurhayati, F. (2014). Perbandingan kemampuan daya tahan jantung dan paru-paru antara siswa kelas XI pada pembelajaran pendidikan jasmani pagi hari dengan siang hari di SMAN 1 Kediri. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 02(01), 306 – 312. Retrieved from http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan- jasmani/article/view/9796 Santrock, J. W. (2008). Psikologi pendidikan (2th ed.). Jakarta: Kencana. Sarwono, S. W. (2009). Pengantar psikologi umum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Schalock, R. L. & Luckasson, R. (2004). American association on mental retardation’sdefinition, classification, and system of supports andits relation to international trends and issues in the field of intellectual disabilities. Journal of Policy and Practice in Intellectual Disabilities, 1(3⁄4), 136-146.https://doi.org/10.1111/j.1741-1130.2004.04028.x Schinke, R. J. (2014). Encyclopedia of sport and exercise psychology (1st ed.). California: Sage. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/260097540_Adapted_Physical _Education Septiasari, E. A. (2016). Pengembangan tes kebugaran jasmani untuk anak tunanetra menggunakan modifikasi harvard step test tingkat sekolah dasar sekolah luar biasa di DIY. Tesis, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. Shaleh, A. R. (2009). Psikologi suatu pengantar dalam perspektif islam. Jakarta: Prenada Media. Sudarsono, Sumarno, Suyata, Zamroni, Mardapi, D., Budiyono, Wuradji, Pardjono, & Soenarto. (2013). Metode penelitian pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. Sudjana, N. (2011). Penilaian hasil dan proses belajar mengajar. Bandung: PT. Rosda Karya. Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sukadiyanto. (2005). Pengantar teori dan metodologi melatih fisik. Yogyakarta: FIK UNY. Sukmadinata, N. S. (2006). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sumintarsih. (2006). Kebugaran jasmani untuk lanjut usia. Olahraga, 12(2), 147- 160. 83 Supartini, E., Suharmini, T., & Purwandari. (2010). Pengembangan model Pendidikan kecakapan hidup bagi anak tunagrahita di sekolah luar biaasa Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Asesmen dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus, 9(1), 14-21. Retrieved from http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/scan0013_4.pdf Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Strategi pembelajaran teori dan aplikasi. Yogyakarta: Arruzz Media. Suyanto & Jihad, A. (2013). Menjadi guru profesional (strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global). Jakarta: Esensi Erlangga Group. Temple, V. A., Frey, G. C., & Stanish, H. I. (2006). Physical activity of adults with mental retardation: Review and research needs. American Journal of Health Promotion, 21(1), 2-12. doi:10.1177/089011710602100103 Temple, V. A. & Stanish, H. I. (2007). Physical activity and personswith intellectual disability:Some considerations for Latin America. Salud Publica de Mexico, 50(2), S185-S193. doi:10.1590/S0036-36342008000800012 Uno, H. B. (2008). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara. Utama, B. (2011). Pembentukan karakter anak melalui aktivitas bermain dalam pendidikan jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1), 1-9. Vasconcelos, M. M. (2004). Mental retardation. Jornal de Pediatria, 80(2), 71-82. http://dx.doi.org/10.1590/S0021-75572004000300010 Watulingas, I., Rampengan, J. J. V., & Polii, H. (2013). Pengaruh latihan fisik aerobik terhadap VO2 Max pada mahasiswa pria dengan berat badan lebih (overweight). Jurnal e-biomedik, 1(2), 1064-1068. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/ebiomedik/article/view/3259/2803 Wiarto, G. (2015). Panduan berolahraga untuk kesehatan dan kebugaran. Yogyakarta: Graha Ilmu. Widiastuti, Yuliasih, & Suryawan, O. (2017). Pengembangan model permainan untuk meningkatkan daya tahan kardiorespirasi pada siswa sekolah dasar. Jurnal SEGAR, 6(1), 1-9. Yun, J. & Beamer, J. (2018). Promoting physical activity in adapted physical education. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 89(4), 7- 13. Retrieved from https://doi.org/10.1080/07303084.2018.1430628 citation: Herpratana, Ellan Riyadi and Sumaryanti, Sumaryanti (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Laku untuk Meningkatkan Daya Tahan Kardiorespirasi bagi Peserta Didik Tunagrahita Ringan. S2 thesis, Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/66727/1/COVER.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66727/2/BAB%20I.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66727/3/BAB%20II.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66727/4/BAB%20III.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66727/5/BAB%20IV.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66727/6/BAB%20V.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66727/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66727/8/LAMPIRAN.pdf