TY - THES TI - Pengembangan Reflective Module Berbasis Child Friendly School untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi dan Percaya Diri pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Mlati. PB - Program Pascasarjana A1 - Rakhmawati, Yeni A1 - Mustadi, Ali AV - public Y1 - 2019/07/25/ KW - child friendly school KW - kemampuan literasi numerasi KW - percaya diri KW - reflective module ID - UNY66699 UR - http://eprints.uny.ac.id/66699/ M1 - tesis N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui proses pengembangan reflective module berbasis child friendly school; 2) menghasilkan reflective module berbasis child friendly school yang memenuhi kriteria kelayakan, dan 3) mengungkapkan keefektifan reflective module yang dihasilkan untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi dan percaya diri siswa kelas V SD di Kecamatan Mlati. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development yang mengacu pada 10 langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Subjek uji coba adalah siswa kelas V SD di Kecamatan Mlati. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji t, dan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tahapan pengembangan reflective modul berbasis child friendly school meliputi perencanaan, pengembangan produk, validasi ahli, proses uji coba, revisi, dan diseminasi; 2) reflective module yang dihasilkan memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan validasi ahli media dan ahli materi serta respon guru dan siswa dengan kategori sangat layak; 3) reflective module yang dihasilkan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi dan percaya diri siswa, yang meningkat secara signifikan berdasarkan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 0,000<0,05. ER -