TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/66698/ ID - UNY66698 M1 - tesis TI - Peningkatan Keterampilan Bercerita dan Karakter Percaya Diri Melalui Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas V Al Jazari SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. AV - public KW - keterampilan bercerita KW - karakter percaya diri KW - media gambar berseri PB - Program Pascasarjana A1 - Hastari, Titin A1 - Hartono, Hartono Y1 - 2019/09/18/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) proses pembelajaran keterampilan bercerita dan karakter percaya diri (2) keterampilan bercerita dan karakter percaya diri melalui media gambar berseri pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah 31 siswa kelas V Al Jazari SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta yang terdiri 11 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes unjuk kerja, skala, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, rubrik tes unjuk kerja, dan skala karakter percaya diri. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media gambar berseri dapat meningkatkan keterampilan bercerita dan karakter percaya diri siswa. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata pada beberapa indikator. Peningkatan nilai rata-rata keterampilan bercerita dari kondisi awal ke siklus I adalah kondisi awal 68 meningkat menjadi 72. Peningkatan karakter percaya diri berdasarkan hasil observasi saat bercerita meningkat dari kondisi awal 67 menjadi 71. Sedangkan peningkatan karakter percaya diri berdasarkan hasil skala meningkat dari kondisi awal 67 menjadi 70. Pada siklus II, keterampilan bercerita siswa meningkat dari 72 menjadi 79. Peningkatan karakter percaya diri berdasarkan observasi saat bercerita meningkat dari 71 menjadi 76. Sedangkan peningkatan karakter percaya diri berdasarkan hasil skala meningkat dari 70 menjadi 76. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil meningkatkan keterampilan bercerita dan karakter percaya diri siswa kelas V SD Muhammadiyah Sapen. Penerapan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan bercerita dan karakter percaya diri dapat tercapai. ER -