%0 Thesis %9 S2 %A Sumayyah, Sumayyah %A Harun, Harun %B Pendidikan Dasar %D 2019 %F UNY:66685 %I Program Pascasarjana %K model picture and picture, keterampilan menulis, keaktifan belajar siswa %T Pengaruh Model Picture and Picture terhadap Keterampilan Menulis Teks Nonfiksi dan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V SD. %U http://eprints.uny.ac.id/66685/ %X Penelitian ini bertjuan untuk mendeskripsikan : (1) pengaruh model Picture and Picture terhadap Keterampilan Menulis; (2) pengaruh model Picture and Picture terhadap keaktifan belajar siswa; (3) pengaruh model Picture and Picture terhadap Keterampilan Menulis dan keaktifan belajar siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest- posttest non-equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan satu kelas kontrol dan dua kelas eksperimen. populasi pada penelitian ini adalah selurus siswa kelas V di SD Perumnas Condong Catur. Sampel penelitian ini sejumlah 52 siswa. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa tes uraian keterampilan menulis, skala keaktifan belajar siswa dan lembar observasi keaktifan belajar siswa. Uji normalitas data menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji Box's M Test. Data dianalisis menggunakan uji Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) dengan uji Independent sample T test dan uji Hotelling Trace. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan model Picture and Picture terhadap keterampilan menulis dengan taraf signifikansi 0,001 < 0,05; (2) tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan model Picture and Picture terhadap keaktifan belajar siswa dengan taraf signifikansi 0,941 > 0,05; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan model Picture and Picture terhadap keterampilan menulis dan keaktifan belajar siswa kelas V SD dengan nilai Sig. 0,003 < 0,05.