TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat belajar, (2) pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar, (3) pengaruh fasilitas sekolah terhadap minat belajar, dan (4) pengaruh lingkungan keluarga, persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru, dan fasilitas sekolah secara bersama-sama terhadap minat belajar siswa kelas V SD se-Kecamatan membalong, Belitung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian ex-post facto. Penelitian ini dilaksanakan di 15 sekolah dasar negeri se- Kecamatan Membalong. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V sekolah dasar negeri se-Kecamatan Membalong sebanyak 434 siswa. Sampel penelitian sebanyak 208 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling berdasarkan letak geografis sekolah. Pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur lingkungan keluarga, persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru, fasilitas sekolah, dan minat belajar. Uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan dari lingkungan keluarga terhadap minat belajar dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, thitung (8,031) > ttabel (1,972), serta besarnya pengaruh yaitu 23,8%; (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan dari persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, thitung (9,762) > ttabel (1,972), serta besarnya pengaruh yaitu 31,6%; (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan dari fasilitas sekolah terhadap minat belajar dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, thitung (6,706) > ttabel (1,972), serta besarnya pengaruh yaitu 17,9%; dan (4) ada pengaruh yang positif dan signifikan dari lingkungan keluarga, persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru, dan fasilitas sekolah secara bersama-sama terhadap minat belajar dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, Fhitung (42,416) > Ftabel (3,04), serta besarnya pengaruh yaitu 38,4%. M1 - tesis UR - http://eprints.uny.ac.id/66679/ KW - lingkungan keluarga KW - persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru KW - fasilitas sekolah KW - minat belajar Y1 - 2019/08/28/ ID - UNY66679 A1 - Gusmentari, Selly A1 - Jabar, Cepi S Abdul PB - Program Pascasarjana TI - Pengaruh Lingkungan Keluarga, Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Guru, dan Fasilitas Sekolah terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SD se-Kecamatan Membalong, Belitung. AV - public ER -