%0 Thesis %9 S2 %A Putri, Rizqi Roos Amrita %A Sugiman, Sugiman %B Pendidikan Dasar %D 2019 %F UNY:66676 %I Program Pascasarjana %K garis bilangan, frame card, jari tangan, manik-manik, media %T Pengembangan Variasi Media dalam Pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Di SD Kelas Satu. %U http://eprints.uny.ac.id/66676/ %X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan variasi media pembelajaran, yang meliputi media jari tangan, manik-manik, garis bilangan, dan frame card, yang layak digunakan untuk pembelajaran matematika kelas 1 SD Muhammadiyah Sapen ditinjau dari aspek pembelajaran, materi, media, dan persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar setelah menggunakan produk variasi media hasil pengembangan ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan tujuh dari 10 tahap dari model Borg and Gall, yakni pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk, uji coba lapangan utama, revisi produk akhir. Wawancara dan observasi merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti, sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Subjek uji coba dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa, yang terdiri dari empat siswa untuk uji coba lapangan awal dan 24 siswa untuk uji coba lapangan utama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variasi media yang dikembangkan layak. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi media oleh ahli yang menunjukkan kategori sangat baik dengan skor rata-rata untuk media jari tangan 4,5; media manik-manik 4,2; media garis bilangan 4,5; dan media frame card 4,2. Produk akhir dari variasi media yang diperoleh merupakan hasil dari beberapa revisi, dan sebagian besar revisi adalah pada kurangnya petunjuk penggunaan dari berbagai variasi media yang ada.