TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/66671/ M1 - tesis ID - UNY66671 AV - public TI - Pengaruh Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran OTK Keuangan Siswa SMK Negeri 2 Purworejo A1 - Rahmawati, Fitriana A1 - Sukidjo, Sukidjo PB - Program Pascasarjana Y1 - 2019/08/31/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan profesional guru serta motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran OTK Keuangan di SMK Negeri 2 Purworejo, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Tempat penelitian ini adalah SMK Negeri 2 Purworejo. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 189 siswa kelas XII dan XI. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling diperoleh sampel sejumlah 94 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumenmenggunakan confirmatory factor analysis (CFA) dan uji reliabilitas instrument menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran OTK Keuangan di SMK Negeri 2 Purworejo. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran OTK Keuangan di SMK Negeri 2 Purworejo. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran OTK Keuangan di SMK Negeri 2 Purworejo. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi pedagogik dan profesional guru serta motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran OTK Keuangan di SMK Negeri 2 Purworejo sebesar 45,7%. Adapun sisanya 54,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: kompetensi pedagogik guru, kompetensi profesional guru, motivasi belajar siswa, prestasi belajar siswa ER -