TY - THES M1 - tesis N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk menjabarkan muatan pendekatan saintifik dan penilaian otentik dalam buku teks berbasis kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah analisis isi dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah buku teks berbasis kurikulum 2013 kelas VI tema selamatkan makhluk hidup terdiri dari buku teks terbitan Puskurbuk, Yudhistira, dan Erlangga. Muatan pendekatan saintifik dan penilaian otentik menjadi objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan pembacaan dan pencatatan terhadap unit analisis. Unit analisis berupa instruksi dan materi tentang pendekatan saintifik dan penilaian otentik yang tercantum pada buku teks. Instrumen yang digunakan adalah lembar analisis isi yang disusun berdasarkan landasan teori. Validitas instrumen dan data yang digunakan adalah validitas semantik dan pemeriksaan oleh ahli. Reliabilitas yang digunakan adalah stabilitas dan reproduktabilitas. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari pemilihan unit, penentuan tema, pencatatan data, reduksi data, penarikan kesimpulan, dan menarasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pendekatan saintifik yang terdiri dari lima aspek, yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan tidak selalu berurutan sehingga tidak semua indikator pada setiap aspek ditemukan pada setiap subtema. 2) Penilaian otentik terdiri dari tiga aspek, yaitu penilaian sikap sosial dan spiritual, penilaian keterampilan yang hanya memuat penilaian praktik, produk, dan proyek, dan penilaian pengetahuan tanpa ada tes lisan dan penugasan. UR - http://eprints.uny.ac.id/66658/ ID - UNY66658 KW - analisis KW - pendekatan saintifik KW - penilaian otentik Y1 - 2019/08/27/ AV - public TI - Analisiss Muatan Pendekatan Saintifik dan Penilaian Otentik dalam Buku Teks Berbasis Kurikulum 2013 Kelas VI SD Tema Selamatkan Makhluk Hidup. PB - Program Pascasarjana A1 - Maryati, Maryati A1 - Zubaidah, Enny ER -