eprintid: 66655 rev_number: 24 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/06/66/55 datestamp: 2019-11-13 07:41:40 lastmod: 2021-11-08 04:45:35 status_changed: 2019-11-13 07:41:40 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Lestari, Fitri Ayu creators_name: Suwarjo, Suwarjo title: Pengurangan Perilaku Membolos di Sekolah dengan Menggunakan Konseling Kelompok Pendekatan Behavioral Teknik Self management pada Siswa SMPN 14 Kota Tasikmalaya ispublished: pub subjects: pasca_sarjana subjects: pend_konseling divisions: pps_bk full_text_status: restricted keywords: perilaku membolos, konseling kelompok, pendekatan behavior teknik self management. abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku membolos siswa SMPN 14 Tasikmalaya yang cukup banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi perilaku membolos dengan menggunakan teknik self management pada siswa SMPN 14 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan (action research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus menggunakan model Kemmis dan Taggart. Setiap siklusnya terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII dan IX SMPN 4 Kota Tasikmalaya yang memiliki masalah membolos berjumlah 10 orang, yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu 5 orang kelompok A dan 5 orang kelompok B. Jenis tindakan yang dilakukan adalah konseling kelompok dengan pendekatan behavior teknik self management. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumen absensi siswa, dan wawancara. Instrumen penelitian ini menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah 80% dari subjek sudah tidak membolos lagi dan rajin masuk sekolah. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan pendekatan behavior teknik self management dapat mengurangi perilaku membolos siswa kelas VIII dan kelas IX SMPN 14 Kota Tasikmalaya. Peningkatan ini telah dibuktikan melalui penelitian pada setiap kelompok, yaitu : (1) pada kelompok A, jumlah subjek yang mengalami perubahan di siklus I yaitu 0%, dan mengalami peningkatan di siklus II menjadi 60%, dan mengalami peningkatan di siklus III yaitu sebanyak 80%. (2) pada kelompok B jumlah subjek yang mengalami perubahan di siklus I yaitu sebanyak 40%, siklus II sebanyak 60%, dan mengalami peningkatan di siklus III yaitu sebanyak 80%. Hasil tersebut juga diperkuat melalui observasi yang menunjukkan bahwa peserta didik telah mampu datang ke sekolah tepat waktu, bersikap disiplin dan mengikuti pelajaran di sekolah dengan baik. Dari hasil wawancara, peserta didik mengaku bahwa kegiatan konseling kelompok dapat mengurangi perilaku membolos siswa dan siswa juga merasa terbantu dalam memecahkan masalah. date: 2019-08-21 date_type: published institution: Program Pascasarjana department: Bimbingan Konseling thesis_type: tesis referencetext: DAFTAR PUSTAKA Agustin, L., Sutardjo A.W, Sri Rahayu, M., 2017, Konseling Kelompok Berbasis Teknik Self-Management Tazkiyatun Nafsi : Suatu Intervensi Psikologi Dalam Peningkatan Self-Direction In Learning Siswa, Jurnal Psikologi, Volume 13 Nomor 1, Juni, 1-11. Ahmad, Farah Z & Tiffany Miller (2015) The High Cost of Truancy. Wahington DC: Center for American progress. Ali Imron. (2012). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara Akin, Ahmed. Etc. 2015. Self-control Management and Internet Addiction. International Online Journal of Educational Sciences, 2015, 7 (3), 95- 100. 5 Sakarya University Educational Sciences Department, Sakarya, Turkey; 4 Yıldız Technical University Educational Sciences Department Astuti, B. (2012). Modul Konseling Individual, Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP UNY Bahri L, Mirnasab MM, Noorazar SGh, Fathi-Azar E, Asadi S. (2016) The effect of self-management strategies on improving task performance in students with learning disabilities. E- Journal. J Anal Res Clin Med 2016; 4(1): 53-65. Doi: 10.15171/jarcm.2016.009 Baier, D.,The School as an Influencing Factor of Truancy, International Journal of Criminology and Sociology, 2016, 5, 191-202 Balfanz, R., & Byrnes, V. (2012). Chronic Absenteeism: Summarizing What We Know From Nationally Available Data. Baltimore: Johns Hopkins University Center for Social Organization of Schools. Benjamin Mugambi Kanga & Prof. Nelson Jagero PhD. (2015) Effects and the Possible Remedies of'Students Truancy in Secondary Schools in Meru South Sub County, Kenya. Kenya. Advances in Social Sciences Research Journal – Vol.2, No.11 Corey, G. (Ed) 2013. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Theori dan Practice of Counseling and Psychotherapy. Cormier & Nurius. (2003). Interviewing and Change Strategies for Helpers: Fundamental Skills and Cognitive Behavioral Interventions. USA: Thomson 189 Denny, S., Galbreath, R.A., Grant, S. & Milfont, T.L. (2012). Youth’07: The health and wellbeing of secondary school students in New Zealand. Students who truant: What makes a difference? Auckland. The University of Auckland. Dr Maynard van Breda, (2014) “School Truancy: Poor School Attenders’ Perceptions of the Impact Regarding Dysfunctional Teacher-Learner Relationships on Truant Behaviour”Mediterranean Journal of Social Sciences MCSER Publishing, Rome-Italy Vol 5 No 23 November 2014.1056-1063. Dyah Ayu Retnowulan & Hadi Warsito (2013). Penerapan strategi pengelolaan diri (self-management) dalam mengurangi kenakalan remaja korban broken home. Jurnal BK UNESA. Volume 3 (1), 335-340. Espelage, D. L., Holt, M. K., & Henkel, R. R. (2013). Examination of peer-group contextual effects on aggression during early adolescence. Child Development, 74, 205-220. Gunarsa, Ny. Singgih D & Gunarsa, Singgih D. (2007). Psikologi untuk membimbing. Jakarta : Gunung Mulia. Guare, R. E., & Cooper, B. S. (2013). Truancy revisited. Lanham, MD: Scarecrow Press. Hartono, (2018). “Efektivitas Teknik Self-Management Dalam Mengurangi Perilaku Konsumtif Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Yogyakarta” Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, 2018. Humphrey, Laura L. Paul Karoly, etc. (2018). Self-management in the classroom: Self-imposed response cost versus self-reward. Journal. Volume 9, Issue 4, September 1978, Pages 592-601. Midwestern Psychological Association Convention, Chicago I. Detaille, S., F. Herkeens, Y., A. Angels, J., JW Gulden, VD., FJ. Van, D.(2013). Effect evaluation of a self-management program for dutch workers with a chronic somatic disease: a randomized controlled trial. Journal of Occupational Rehabilitation Vol. 23, , 189–199. Indayani, A., Sedanayasa, G., & Antari, N.N.M., (2014), Penerapan Konseling Behavioral dengan Teknik Penguatan Positif Sebagai Upaya untuk Meminimalisasi Perilaku Membolos pada Siswa Kelas X.1 SMA 190 Negeri 1 Sawan Tahun Ajaran 2013/2014, e-journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling Volume: 2 No 1, 1-10 Jacquelyn Morgan Briesch. (2015) Implementating self-managerment within agroup counselling context: effectson academic enabling behaviors. Ejournal. Boston, Massachusetts. Northeastern University. Januardi, P. (2017). Pengaruh Konformitas dan Motivasi Belajar terhadap Perilaku Membolos untuk Bermain Game Online pada Siswa Di Samarinda, Psikoborneo, 2017, 5 (3) : 492-500 Kartono, K. & Gulo, D., (2000), Kamus Psikologi, Bandung: CV.Pionir Jaya. Kartono, Kartini. 2003. Bimbingan bagi Anak dan Remaja yang Bermasalah. Jakarta: Rajawali Press. Knowles, M.S. 2003. Self Directing Learning: A guide for learner and teachers. Chicago: Follet Publishing Company. Komalasari, dkk. 2011. Teori Dan Teknik Konseling. Jakarta. PT Indeks Kostanto, Hepsyn. 2017. Keefektifan strategi self-management untuk mengurangi perilaku membolos siswa SMK N 7 Malang. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.. Latipun.2008. Psikologi Konseling. edisi ketiga. Malang: UNM Press. L.B. van der Woude (2013) “Differences between Risk Factors for Truancy and Delinquency in Dutch Adolescents” Amsterdam. Master thesis Forensic Child and Youth Care Sciences Graduate. School of Child Development. University of Amsterdam. Mappiare AT, (2006), Pengantar Konseling dan Psikoterapi, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Muin, S., Peran Pola Asuh Permisif, Iklim Sekolah, dan Motivasi Berprestasi Terhadap Perilaku Membolos Siswa, Psikopedagogia, 2015. Vol. 4, No.2, 93-103. Mulyatiningsih, Endang. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta: Penerbit UNY Pres Novarita, E., Perilaku Bolos Siswa dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling (Studi Deskriptif Terhadap Siswa SMP N 1 Pasaman), Jurnal Konseling dan Pendidikan, Volume 2 Nomor 2, Juni 2014, Hlm 9-13 191 Okwakpam, I.N. & Okwakpam, I.O., 2012, Causes and Levels of Truancy among Secondary School Students: A Case Study of Rivers State, Nigeria, Problems of Education in the 21st Century, Volume 45, 51-62. Panagioti, M., Richardson, G., Small, N, et.al. (2014). Self-management support interventions to reduce health care utilisation without compromising outcomes: a systematic review and meta-analysis. BMC Health Service Research, 14, 356. Pinnow, Marlies and Bruce Kirkcaldy (2012). Getting access to the self: Effects of self-management therapyon the development of self-regulation and inhibitory control in obese adolescents. Journal of Behavioral Addictions 1(2), pp. 68–73 (2012) DOI: 10.1556/JBA.1.2012.2.4. Institute of Cognitive Neuroscience, Ruhr-University of Bochum, Bochum, Germany. Prayitno. 2004. Layanan Konseling Perorangan. Padang: Universitas Negeri Padang Press. P. Sarafino, E. (2012). Aplied behavior analysis principles and procedures for modifying behavior. Indianapolis: John Wiley & Sons, inc. Rahman, Hibana. 2003. Bimbingan dan Konseling Pola 17. Yogyakarta: UCY Press Raymond, M.G. 2012. Behavior Modification: Principles and Procedures. University of South Florida Robert W Lent, et al (2016) Applying the social cognitive model of career self-management to career exploration and decision-making. Journal of Vocational Behavior 93 (2016) 47–57 . University of Maryland, College Park, United States Safitri, N., Neviyarni S & Irianto, (2014). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Mengurangi Perilaku Membolos Siswa, Konselor, Volume 3, Number 4, December, 180-195 Santrock, J. W. (2016). Adolescence. McGraw-Hill Education. Selina Teuscher & Elena Makarova (2018). “Students’ School Engagement and Their Truant Behavior: Do Relationships with Classmates and Teachers Matter?”.Jurnal of Education and Learning. Vol. 7, No. 6; 2018, 124. 192 Seyma Sahin, Zeynep Arseven, dan Abdurrahman Kilic.(2016). “Causes of Student Absenteeism and School Dropouts” International Journal of Instruction. Vol.9, No.1. 195-210. Siew Yim Loh., Tanya Packer., Karuthan Chinna, (2013). Effectiveness of a patient self-management programme for breast cancer as a chronic illness: a non-randomised controlled clinical trial. J. Cancer Surviv, 7, 331-342. Soeparwoto, dkk. 2007. Psikologi Perkembangan. UPT UNNES PRESS Suarni,Ketut. (2004). Menungkatkan Motivasi Berprestasi Sekolah Menengah Umum di Bali dengan Strategi Pengelolaan Diri Model Yates (Studi Kuasi Eksperimental Pasa Siswa Kelas 1 SMU di Bali).Disertasi (Tidak diterbitkan). Yogyakarta. Universitas Gajah Mada. Suharsimi Arikunto, (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta Sukardi, Dewa Ketut. 2009. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta. Sunardi, P., (2010), Latihan Asertif, Makalah, PLB FIP UPI. Supriyo. (2008). Studi Kasus Bimbingan dan Konseling. Semarang: Nieuw Setapa Surya, M., (2003). Psikologi Konseling, Bandung: Pustaka Bani Quraisy. Suwardani, Dharsana, I.K. & Suranata, K., (2014). Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa Kelas VIII B3 SMP Negeri 4 Singaraja e-journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling Volume: 2 No 1, Tahun 2014. Suwarsih Madya, 2007, Teori dan Praktik Penelitian Tindakan, Bandung: Alfabeta. Suwanto, I., 2016, Konseling Behavioral dengan Teknik Self Management untuk Membantu Kematangan Karir Siswa SMK, Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia Volume 1 Nomor 1 Maret, 1-5. Tutiona,M.Y.S, Abd. Munir & Bau Ratu, (2016) Upaya Mengurangi Perilaku Membolos Melalui Konseling Individual Dengan Teknik Behavior Contract Pada Siswa Smp Negeri 6 Palu, Jurnal Konseling & Psikoedukasi Juni 2016, Vol. 1, No. 1, 69-76 193 W. Effing, T., Bourbeau, J., Vourcoulen, J. Apter AJ, Coultas D, Meek P, Valk Pv, Partridge MR, Palen Jv. (2012). Self-management programmes for COPD: Moving forward. Chronic Respiratory Disease. 9 (1), 27-35. Wibowo, Mungin Eddy. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Jakarta: UPT. Unnes Press. Woollard, John, 2010, Psychology for the classroom : behaviourism, First edition published, New York: Routledge. Zahari Ishak dan Low Suet Fin, (2013)“Truants’ and Teachers’ Behaviors in the Classroom” Jurnal Procedia -Social and Behavioral Sciences 103 (2013)1228 – 1237. citation: Lestari, Fitri Ayu and Suwarjo, Suwarjo (2019) Pengurangan Perilaku Membolos di Sekolah dengan Menggunakan Konseling Kelompok Pendekatan Behavioral Teknik Self management pada Siswa SMPN 14 Kota Tasikmalaya. S2 thesis, Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/66655/1/Cover.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66655/2/BAB%20I.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66655/3/BAB%20II.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66655/4/BAB%20III.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66655/5/BAB%20IV.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66655/6/BAB%20V.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66655/7/Daftar%20Pustaka.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66655/8/Lampiran.pdf