%0 Thesis %9 S2 %A Elitasari, Handara Tri %A Nurgiyantoro, Burhan %B Pendidikan Dasar %D 2019 %F UNY:66652 %I Program Pascasarjana %K media puzzle kata, teknik Montessori, keterampilan membaca permulaan, motivasi belajar. %T Pengembanngan Media Puzzle Kata Berbasis Teknik Montessori dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Permulaan dan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 SD. %U http://eprints.uny.ac.id/66652/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media puzzle kata berbasis teknik Montessori yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas 1 SD; 2) menghasilkan media puzzle kata berbasis teknik Montessori yang layak untuk siswa kelas 1 SD yang telah divalidasi oleh ahli media dan materi, respon siswa dan respon guru; dan 3) menghasilkan media puzzle kata berbasis teknik Montessori yang efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan dan motivasi belajar siswa. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu Research & Development (R&D) versi Borg & Gall yang mencakup sembilan langkah yaitu pengumpulan informasi dan penelitian awal, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk awal, uji coba lapangan utama, revisi produk operasional, uji coba lapangan operasional, dan revisi produk akhir. Subjek uji coba lapangan awal yaitu 9 siswa SD Negeri Ketangi. Subjek uji coba lapangan utama yaitu 8 siswa SD Negeri Banjarejo dan 13 siswa SD Negeri Bumirejo. Subjek uji coba lapangan operasional yaitu 23 siswa SD Negeri Balekerto sebagai kelas kontrol, 17 siswa SD Negeri Giriwarno sebagai kelas eksperimen 1 dan 26 siswa SD Negeri Beseran sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, angket, dan tes. Data yang sudah diperoleh dianalisis menggunakan uji-t independen dan uji-t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) media puzzle kata berbasis teknik Montessori memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan ahli materi dan ahli media, respon siwa dan respon guru; dan 2) media puzzle kata berbasis teknik Montessori efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan dan motivasi belajar siswa kelas 1 SD. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil nilai signifikansi uji-t independen dan uji-t berpasangan yaitu 0,000 dan 0,000 < 0,05.