@phdthesis{UNY66645, year = {2019}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, author = {Cahyati Indah Sari}, title = {MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PENINGGALAN SEJARAH INDONESIA MENGGUNAKAN MEDIA RODA JELAJAH PADA KELAS IV SD NEGERI BANGUNREJO 2 YOGYAKARTA}, month = {November}, abstract = {Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar aspek kognitif pada materi peninggalan sejarah Indonesia menggunakan media roda jelajah pada kelas IV SD Negeri Bangunrejo 2 Yogyakarta.. Penelitian ini menggunakan model Kemmis and Mc. Taggart. Penelitian dilakukan dengan satu siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, serta evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah roda jelajah. Media tersebut merupakan produk dari penelitian pengembangan Ananda Galuh Suasari pada tahun 2007 yang telah dinyatakan layak untuk menjadi media pembelajaran di kelas. Tempat penelitian adalah SD Negeri Bangunrejo 2 Yogyakarta dengan subjek penelitian siswa kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media,roda jelajah dapat meningkatkan hasil belajar materi peninggalan sejarah,Indonesia pada siswa kelas IV SD Negeri Bangunrejo 2 Yogyakarta. Peningkatan hasil belajar materi peninggalan sejarah Indonesia dibuktikan dengan rata-rata nilai tes materi peninggalan sejarah Indonesia pada pratindakan yaitu 71,18 dengan persentase ketuntasan 45,45\% atau sebanyak 5 siswa tuntas dan 6 siswa belum tuntas. Kemudian setelah diberikan tindakan pada siklus I, nilai rata-rata tes materi peninggalan sejarah Indonesia naik menjadi 84,36 dengan persentase ketuntasan 81,81\% atau sebanyak 9 siswa tuntas dan sebanyak 2 siswa belum tuntas. Peningkatan persentase ketuntasan pada pratindakan-siklus I yaitu sebesar 36,36\%. Kata kunci: roda jelajah Indonesia, IPS}, url = {http://eprints.uny.ac.id/66645/} }