%I Program Pascasarjana %L UNY66635 %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk pengembangan multimedia pembelajaran bangun ruang yang layak untuk siswa kelas V Sekolah Dasar, dan (2) Meningkatkan minat dan hasil belajar siswa yang dihasilkan melalui multimedia pembelajaran bangun ruang. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Allesi & Trollip meliputi tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, desain dan pengembangan. Pada tahap perencanaan dan desain dilakukan on going evaluation hingga menghasilkan produk awal. Tahap pengembangan dilakukan uji alpha dan uji beta untuk mengetahui tingkat kelayakan multimedia, dan uji efektivitas untuk mengetahui hasil belajar siswa, serta uji minat belajar siswa untuk mengetahui minat belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan multimedia pembelajaran bangun ruang. Uji alpha dilakukan dengan dua orang ahli materi dan dua orang ahli media. Sedangkan uji beta dilakukan dengan 3 orang siswa kelas V SD Negeri Rejowinangun 1 Yogyakarta sebagai resonden. Uji Efektivitas dan uji minat dengan 24 siswa kelas V SD Negeri Rejowinangun 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menghasilkan produk multimedia pembelajaran bangun urang yang berbenuk file swf yang dikemas dalam bentuk CD. Produk multimedia pembelajaran memiliki karakteristik mampu memvisaulisasikan konsep bangun ruang yang bersifat abstrak menjadi lebih konkrit. Selain itu, produk ini memiliki komponen-komponen yang dapat dikontrol secara mandiri oleh pengguna. Masingmasing submateri multimedia juga dilengkapi dengan latihan soal yang sesuai dengan isi materi. Hasil uji alfa dinilai bahwa multimedia termasuk kategori layak dengan hasil validasi ahli materi rata-rata skor sebesar “4,13” dari 5,00, sedangkan hasil validasi ahli media sebesar “4,29” dari 5,00. Pada uji beta diperoleh hasil bahwa multimedia masuk dalam kriteria sangat layak dengan hasil validasi sebesar “4,33” dari 5,00. Multimedia ini juga terbukti dapat meningkatkan minat belajar siswa sebesar 15,62% dari 55,17% menjadi 70,92% dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Rejowinangun 1 dengan nilai gain sebesar “0,81” termasuk dalam klasifikasi tinggi. Kata Kunci: multimedia pembelajaran, bangun ruang, minat belajar, hasil belajar %D 2019 %T Pengembangan Multimedia Pembelajaran Materi Bangun Ruang untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar %A Wulan Budiarti %A Moch Bruri Triyono