eprintid: 66633 rev_number: 15 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/06/66/33 datestamp: 2019-11-12 06:49:25 lastmod: 2019-11-12 06:49:25 status_changed: 2019-11-12 06:49:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Putri, Riana creators_name: Ghufron, Anik title: Efektivitas Strategi the Power of Two terhadap Kecakapan Critical Thinking Siswa SMA Kelas XI MIPA ispublished: pub subjects: D9 subjects: pasca_sarjana divisions: pps_tp full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) mengetahui efektivitas strategi the power of two dan strategi ekspositori terhadap kecakapan critical thinking siswa SMA Kelas XI MIPA, (2) mengetahui efektivitas strategi the power of two dan strategi ekspositori terhadap kecakapan critical thinking pada sekolah dengan level tinggi, sedang, dan rendah, (3) mengetahui interaksi efektivitas penggunaan strategi the power of two terhadap kecakapan critical thinking peserta didik pada sekolah dengan level tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experimental design menggunakan pretest-possttest, non equivalent control group design. Penelitian ini telah dilaksanakan di sekolah dengan kemampuan level tinggi, sedang, dan rendah. Sampel penelitian adalah kelas XI MIPA SMA N 2 Bantul, SMA N 1 Sewon, dan SMA N 1 Bambanglipuro pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Sampel kelas dipilih dengan menggunakan teknik random sampling terpilih 2 kelas pada masing-masing sekolah. Selanjutnya, responden dikelompokkan menjadi dua kelompok secara acak. Kelas XI MIPA 4, XI MIPA 6, dan XI MIPA 1 diberi perlakuan dengan pembelajaran menggunakan strategi the power of two sebagai kelas eksperimen. XI MIPA 6, XI MIPA 4, dan XI MIPA 3 diberi perlakuan dengan pembelajaran yang menggunakan strategi ekspositori sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kecakapan critical thinking. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t-test dan uji Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran dengan menggunakan strategi the power of two lebih efektif daripada menggunakan strategi ekspositori terhadap kecakapan critical thinking siswa SMA Kelas XI MIPA, (2) pembelajaran dengan menggunakan strategi the power of two lebih efektif daripada menggunakan strategi ekspositori terhadap kecakapan critical thinking siswa SMA Kelas XI MIPA pada sekolah dengan level tinggi, sedang, dan rendah, (3) ada interaksi efektivitas penggunaan strategi the power of two baik digunakan pada kelompok peserta didik di sekolah dengan level tinggi, sedang, dan rendah terhadap kecakapan critical thinking. Kata Kunci: Kecakapan critical thinking, strategi the power of two, strategi pembelajaran aktif, dan sistem pernapasan manusia. date: 2019-07-18 date_type: published institution: Program Pascasarjana department: Teknologi Pembelajaran thesis_type: tesis referencetext: Abrami, Philip C. (2008). Instructional interventions affecting critical thinking skills and dispositions: a stage 1 meta-analysis. Journal American Educational Research Association. Vol. 78, No. 4, hal 1102-1134. Afnan. (2018). Penerapan strategi pembelajaran ekspositori untuk meningkatkan hasil belajar fisika. Jurnal Madania. Vol. 8, No. 1, hal 24-25. Allen, Mary J., & Yen, Wendy M. (1979). Introduction to measurement theory. California: A Division Of Wadswoth, Inc. Anggreini, Nur Y. (2015). Penerapan model konstruktivis-metakognitif pada materi sistem koordinasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Tesis. Universitas Negeri Medan, Medan, Indonesia. Ardiansyah, Romi N. (2017). Penerapan strategi pembelajaran the powe of two (kekuatan berdua) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar biologi siswa kelas XI MAN Kajuara Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Prosiding seminar nasional tellu cappa. Makasar, 11, 190-197. Arend, Bridget. (2009). Encouraging critical thinking in online threaded discussion. The Journal of Education Online. Vol. 6, No. 1, hal 1-23. Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Azwar, Saifuddin. (2015). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Brookhart, Susan M. (2010). How to assess higher-order thinking skills in your classroom. Alexandria: ASCD. Bowell, Tracy & Kemp, Gary. (2002). Critical thinking: a concise guide. London: Routledge. Browne, Neil M & Keeley, Stuart M. (2007). Asking the right questions a guide to crtical thinking eighth edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall. Budiningsih, Asri. (2015). Teori pembelajaran. Yogyakarta. UNY Press. Cahyo, Budi. (2017). Analisis keterampilan berpikir kritis dalam memecahkan masalah ditinjau perbedaan gender. Jurnal Aksioma. Vol. 8, No. 1, hal 5064. Cottrell, Stella. (2005). Critical thinking skills developing effective analysis and argument. New York: Palgrave Macmillan Ltd. 136 Craver, Kathleen W. (1991). Using internet primary sources to teach critical thinking skills in history. London: Greenwood Press. Creswell, Jhon. (2015). Riset pendidikan: perencanaan, pelaksanaaan, dan evaluasi riset kualitatif & kuantitatif. Degeng, Nyoman S. (2013). Ilmu pembelajaran: klasifikasi variabel untuk pengembangan teori dan penelitian. Bandung: Arasmedia. Depdiknas. (2003). Standar kompetensi mata pelajaran biologi SMA/MA. Jakarta: Balitbang Depdiknas. Devi, Rizqa A. (2017). Pengaruh model project-based learning terhadap kreativitas dan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem respirasi di SMA N 1 Temanggung, Tesis. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia. Ennis, Robert H. (1993). Critical thinking assesment. Theory into practice, Vol. 32, No. 3. Ennis, Robert H. (1991). Critical thinking. New Jersey: Printice-Hall Inc. Ennis, Robert H. (2011). The nature of critical thinking: an outline of critical thinking dispositions and abilities. Universitas of Illinois. Retrived form http://faculty.education.illinois.edu/rhennis/documents/TheNaturalofCritic alThinking_51711_00. Epstein, Richard L. (2006). Critical thinking third edition. USA: Thomson Wadsworth. Facione, Peter A. (2011). Critical thinking: what it is and why it counts. California: Measured Reasons and The Californias Acedemic Press. Feldman, Daniel A. (2010). Critical thinking. USA: Crisp Publications. Finken dan Ennis. (1993). Illinois Critical Thinking Essay Test. Illinois Critical Thinking Project. Departement of Educational Policy Studies University of Illinois. (Online). Retrived form http://www.criticalthinking.net/IllCTEssayTes tFinken-Ennis121993LowR.pdf. Fisher, Alec. (2007). Critical thinking: an introduction. Cambridge: Cambridge University Press. Fraenkel & Wallen. (2006). How to Design and Evaluate Research in Education. Sidney: McGraw-Hill Education Gafur, Abdul. (2012). Desain pembelajaran: konsep, model, dan aplikasinya dalam perencanaan pelaksanan pembelajaran. Yogyakarta: Ombak. 137 Gall, Meredith D., Gall, Joice P., Borg, Walter R. (2007). Educational research: an introduction eight edition. Boston: Pearson. Gambril, Eileen., & Gibbs, Leonard. (2009). Critical thinking for helping professionals: a skill-based workbook third edition. New York: Oxford University Press. Gorman, R. M. (1974). The psyhocology of classromm learning, an inductive approach. Retrived from http://www.worldcat.org. Gunowibowo, Pentatito. (1998). Cooperative learning teori dan aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Halpern, Diane F. (2014). Thought and knowledge an introduction to critical thinking fifth edition. Psychology Press: Ner York and London. Hamdani. (2011). Strategi belajar mengajar. Bandung: Pustaka Setia. Hanifli. (2017). Penerapan strategi the power of two untuk meningkatkan aktivitas belajar Matematika siswa kelas X SMAN 9 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau. Vol. 1, No. 1, hal 11-15. Hamruni. (2012). Strategi pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani. Hooks, Bell. (2010). Teaching critical thinking: practical wisdom. New York: Routledge. Isro’I, Nurul F & Ghufron, Anik. (2015). Keefektifan metode brain-based learning terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Vol. 2, No. 2, hal 206. Januszweski, Alan and Molenda, Michael (2008). Educational technology: a definition with commentary. New York: Taylor & Francis group. Kalelioglu, Filiz & Gulbahar, Yasemin. (2014). The effect of instructional techniques on critical thinking and critical thinking dispositions in online discussion. Journal educational technology & society. Vol. 17, No. 1, hal 248-258. Kemendikbud. (2017). Panduan implementasi kecakapan abad 21 kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Kemendikbud. Kuswana, Wowo S. (2013). Taksonomi berpikir. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Lestari, Ayu, dkk. (2016). Analisis kemampuan berpikir kritis dengan model pembelajaran inkuiri pada pembelajaran biologi kelas VII-A SMP Negeri 3 Long Kali tahun ajaran 2015/2016. Prosiding Seminar Nasional II Biologi, Sains, Lingkungan, dan Pembelajaran, Samarinda, hal. 355-373. 138 Li, Zhanfang & Yang, Chunhong. (2014). Reading to writen: a practice of critical thinking. Journal of Art and Humanities, Vol. 3, No. 5. Mahapoonyanont, Natcha. (2012). The causal model of some factors affecting critical thinking abilities. Procedia-social and behavioral science 46, hal 1255-1264. Majid, Abdul. (2017). Strategi pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Moore, Betsy & Stanley, Todd. (2010) Critical thinking and formative assesment: increasing the rigor in your classroom. Larchmont: Eye On Education Inc. Moore, Kenneth D. (2015). Effective instructional strategies: from theory to practice fourth edition. United States of Amerika: SAGE Publications Inc. Nhat, Ho T dkk. (2018). The development of critical thinking of students in Vietnamese schools: from policies to practices. American Journal of Education Research, Vol. 6, No. 5. Nitko, Anthony J & Brookhart, Susan M (2011). Educational assessment of students. Boston: Person. Nitcoteri, Ann J. (1998). Critical thinking skills. The American Journal of Nursing, Vol. 98, No. 10. Nuraida, Dede. (2016). Critical thinking skill and its correlation with student achievement index cumulative. Proceeding of 3 139 rd international conference on research, implementation and education of mathematics and science. Yogyakarta, 9, 1-6. Nurgiyantoro, Burhan, dkk. (2015). Statistika Terapan untuk Penelitian Ilmu Sosial: Teori dan Praktik dengan IB SPSS Statistic 21. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22.Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Pradipta, Anangga W & Sofyan, Herminarto. (2015). Implementasi PBL untuk meningkatkan motivasi, kreativitas dan pemahaman konsep. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Vol. 2, No. 1, hal 33. Prawiradilaga, Dewi S & Siregar, E. (2008). Mozaik teknologi pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Pribadi, Benny A. (2009). Model desain sistem pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat. Priansa, Juni D. (2017). Pengembangan strategi & model pembelajaran: inovasi, kreatif, dan prestatif dalam memahami peserta didik. Bandung: Pustaka Setia Bandung. Prince, Michael. (2004). Does Active Learning Work?. Journal of Engineering Education. Vol. 93, No. 3, hal 223-231. Prihartiningsih, dkk. (2016). Kemampuan berpikir kritis siswa SMP pada materi klasifikasi makhluk hidup. Prosiding SeminarNasional Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Malang, hal 1053-1062. Putra, Eka A, dkk. (2014). Pengaruh strategi the power of two berbantuan media belajar manipulatif terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2, No. 1, hal 1-10. Rahmawati, Maria, Magdalena E & Budiningsih, C Asri. (2014) Pengaruh mind mapping dan gaya belajar terhadap pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Vol. 1, No. 2, hal 124. Rianawaty, Ida. (2014). Pengaruh model pembelajaran kreatif produktif terintegrasi dengan blog dan facebook terhadap prestasi dan motivasi belajar IPA siswa kelas VII SMP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Vol. 1, No. 2, hal 195. Schafersman. (1991). An Introduction To Critical Thinking. Retrived form http://facultycenter.ischool.syr.edu/wpcontent/uploads/2012/02/CriticalThink ing.pdf. Seels, Barbara B & Richey, Rita C. (1994). Instructional technology: the definition and domains of the field. Washington DC: AECT. Setiawan, Dwi C, dkk. (2016). Pengaruh strategi reciprocal teaching terhadap kemampuan berpikir kritis biologi siswa SMA Islam Al-Ma’arif Singosari Malang. Jurnal Biodik. Vol II, No. 1, hal 1-6. Slavin, Robert E. (2005). Cooperative learning. Bandung: Nusamedia. Silberman, Melvin L. (2013.) Active learning: 101 cara belajar siswa aktif. Bandung: Nuansa Cendekia. Snyder, Gueldenzoph L & Synder, Mark J. (2008). Teaching critical thinking and problem solving skills. The delta pi epsilon journal, Vol. L. No. 2. Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sukardi. (2014). Metodologi penelitian pendidikan: kompetensi dan praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Suparman, Atwi M. (2013). Desain instruksional modern: panduan para pengajr dan inovator pendidikan. Jakarta: Erlangga. 140 Susilowati, dkk. (2017). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Magetan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS). Surakarta, hlm. 13. Suter, Newton W. (2012). Introduction to educational research second edition. Los Angeles: SAGE Publications Inc. Trilling, Bernie & Fadel, Charles. (2009). 21th century skills: learning for life in our times. Hoboken: Jossey-Bass. Uswatun, Din A & Rohaeti, Eli. (2015). Perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri untuk meningkatkan critical thinking skills dan scientific attitude siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. Vol. 1, No. 2, hal. 138-152. Ventista, Ourania M. (2018). Multi-trait multi-method matrices for the validation of creativity and critical thinking assesments for secondary school in England and Greece. International Journal Assessment Tools in Education, Vol. 5, No. 1. Wandira, dkk. (2017). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan the power of two ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal Pendidikan Matemati. Vol. 1, No. 1, hal. 1-18. Warsito, Bambang. (2008). Teknologi pembelajaran landasan & aplikasinya. Jakarta: PT Rineka Cipta. Warsono & Hariyanto. (2017). Pembelajaran aktif teori dan asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Wulandari, Dewi. (2017). Efektivitas model pembelajaran guided inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA SMA materi sistem respirasi. Tesis. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia. Yaumi, Muhammad. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana. Yusufhadi, Miarso. (2004). Menyemai benih teknologi pendidikan. Jakarta: Preda Media. Zaini, dkk. (2008). Strategi pembelajaran aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani. Zubaidah, Siti, dkk. (April 2015). Asesmen berpikir kritis terintegrasi tes essay. Makalah disajikan dalam symposium on biology education, di Universitas Negeri Malang. Zubaidah, Siti. (Januari 2016). Berpikir kritis: kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran sains. Makalah disajikan dalam seminar nasional sains, di Universitas Negeri Malang. citation: Putri, Riana and Ghufron, Anik (2019) Efektivitas Strategi the Power of Two terhadap Kecakapan Critical Thinking Siswa SMA Kelas XI MIPA. S2 thesis, Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/66633/1/Cover.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66633/2/BAB%20I.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66633/3/BAB%20II.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66633/4/BAB%20III.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66633/5/BAB%20IV.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66633/6/BAB%20V.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66633/7/Daftar%20Pustaka.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66633/8/Lampiran.pdf