eprintid: 66610 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/06/66/10 datestamp: 2019-11-12 01:43:31 lastmod: 2019-11-12 01:43:31 status_changed: 2019-11-12 01:43:31 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sholekhah, Ardita Markhatus creators_name: Mustadi, Ali title: Implementasi Pendidikan Karakter Gemar Membaca di SD Muhammadiyah Wirobrajan III dan SD N Golo Kota Yogyakarta. ispublished: pub subjects: D1 divisions: pps_pd full_text_status: public keywords: implementasi, pendidikan karakter gemar membaca abstract: Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter gemar membaca di SD Muhammadiyah Wirobrajan III dan SD N Golo Kota Yogyakarta dan (2) mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi implementasi pendidikan karakter gemar membaca di SD Muhammadiyah Wirobrajan III dan SD N Golo Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui peningkatan ketekunan, member check, diskusi dengan teman sejawat, dan triangulasi sumber, teknik, dan teori. Analisis data yang digunakan terdiri atas data collection, data condensation, data display, dan conclusion. Hasil penelitian menunjukkan (1) perencanaan pendidikan karakter gemar membaca di SD Muhammadiyah Wirobrajan III dan SD N Golo Kota Yogyakarta terintegrasi dalam kurikulum perpustakaan namun belum terintegrasi dalam kurikulum pembelajaran, (2) pelaksanaan pendidikan karakter gemar membaca di SD Muhammadiyah Wirobrajan III merepresentasikan dua indikator gemar membaca dan pelaksanaan pendidikan karakter gemar membaca di SD N Golo Kota Yogyakarta merepresentasikan tiga indikator gemar membaca meskipun tidak terlaksana pembelajaran yang mengintegrasikan pendidikan karakter gemar membaca di kedua sekolah, (3) penilaian pendidikan karakter gemar membaca di SD Muhammadiyah Wirobrajan III dan SD N Golo Kota Yogyakarta menggunakan observasi dan portofolio untuk mengukur ketercapaian program sedangkan penilaian pendidikan karakter gemar membaca dalam pembelajaran tidak terlaksana secara spesifik serta (4) faktor input siswa, kurikulum, pustakawan dan guru, metode, sarana, dan lingkungan terdapat dalam implementasi pendidikan karakter gemar membaca di SD Muhamamdiyah Wirobrajan III dan SD N Golo Kota Yogyakarta. date: 2019-06-10 date_type: published institution: Program Pascasarjana department: Pendidikan Dasar thesis_type: tesis referencetext: Agustian, Ari Ginanjar. (2001). Rahasisa sukses membangun kecerdasan emosi dan spiritual esq (emotional Spiritual quotient):the esq way 165 jilid 1. Jakarta: PT. Arga Tilanta. Arikunto, Suharsimi. (2007). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Azzet, Akhmad Muhamimin. (2013). Urgensi pendidikan karakter di indonesia: revitalisasi pendidikan karakter terhadap keberhasilan belajar dan kemajuan bangsa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Barnawi & Arifin, M. (2014). Strategi dan kebijakan pembelajaran pendidikan karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Becker, M., McElvany, N., & Kortenbruck, M. (2010). Intrinsic and extrinsic reading motivation as predictors of reading literacy: a longitudinal study. Journal of Educational Psychology, 102(4), 773–785. https://doi.org/10.1037/a0020084 Budiarti, Wahyu Naning & Haryanto. (2016). Pengembangan media komik untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas iv. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 233-242. DOI: http://dx.doi.org/10.21831/jpe.v4i2.6295. Cameron, Lynne. (2008). Teaching languages to young learners. Cambridge: Cambridge University Press. Chester, R. D. (2016). The psychology of reading, The Journal of Educational Research, 67(9), 403-411 . Bower, Virginia. (2011). Creative ways to teach literacy: ideas for children aged 3 to 11 (Rev.ed). London: SAGE Publication,Inc. Bower, Virginia. (2014). Developing early literacy 0 to 8: from theory to practice. London: SAGE Publication,Inc. 244 https://doi.org/10.1080/00220671.1974.10884670 Combs, Barbara. (2012). Assessing and adressing literacy needs: cases and instructional strategies. California: SAGE Publication, Inc. Creswell, John. (2015). Riset pendidikan: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi riset kualitatif & kuantitatif (Rev.ed). (Terjemahan Helly Prajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Dalman. (2013). Keterampilan membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Darmono. (2007). Perpustakaan sekolah: pendekatan aspek manajemen dan tata kerja. Jakarta: PT Grasindo. Daryanto & Darmiatun, Suyatri. (2013). Implementasi pendidikan karakter di sekolah. Yogyakarta: Gava Media. Eisner, Wlliot W. (2002). The edcational imagination: on the design and evaluation of school programs. New Jersey: Pearson Education,Inc. Emzir. (2015). Metodologi penelitian pendidikan: kualitatif dan kuantitatif. Depok: PT.Rajagrafindo Persada. Fitzpatrick, Jody L., et.al. (2004). Program evaluation: alternative approaches and practical guidelines: third edition. Boston: Pearson Education, Inc. Geske, A., & Ozola, A. (2008). Factors influencing reading literacy at the primary school level. Problems of Education in the 21st Century, 6, 71–77. Gong, Gol A. (2012). Gempa literasi. Jakarta: Gramedia. Gunawan, Heri. (2017). Pendidikan karakter: konsep dan implementasi. Bandung: Alfabeta. Harmer, Jeremy. (1990). The practice of english language teaching (Rev.ed). New York:Longman. Hernowo. (2015). Quantum reading. Bandung: Penerbit Kaifar. Hoover, W. A., & Gough, P. B. (1990). The simple view of reading. Reading and Writing, 2(2), 127–160. https://doi.org/10.1007/BF00401799 Hurlock, Elizabeth. (1978). Perkembangan anak jilid I. Jakarta:Erlangga. IKAPI. (2015). Data perbukuan indonesia. Dikutip dari www.ikapi.org/component/k2/item/60-data-perbukuan-indonesia pada Rabu, 20 Juli 2016 pukul 14.00 WIB. 245 Ilahi, Mohammad Takdir. (2014). Gagalnya pendidikan karakter: analisis dan solusi pengendalian karakter emas anak didik. Yogyakarta: Ar-Ruz Media. Jalongo, Mary Renck. (2007). Early childhood language arts (Rev.ed). Boston: Pearson Education,Inc. Johnson, Andrew P. (2008). Teaching reading and writing: a guidebook for tutoring and remediating students. USA: The Rowman & Littlefield Publishing Group,Inc. Kelishadroky, A. F., Shamsi, A., Bagheri, M., & Mansorihasanabadi, M. (2016). The Role of Reward and Punishment in Learning. International Journal of Advanced Biotechnology and Research, 7(special issue), 780–788. Retrieved from https://doaj.org Kemendikbud. (2013). Materi pelatihan guru implementasi kurikulum 2013 sd kelas i. Kirchenbaum, Howard. (1995). 100 ways to enhance values and morality in schools and youth settings. Boston: Allyn and Bacon. Koesoema A, Doni. (2007). Pendidikan karakter: strategi mendidik anak di era global. Jakarta: Grasindo. Koesoema A, Doni. (2015). Pendidikan karakter utuh dan menyeluruh. Yogyakarta: Kanisius. Kurniawan, Syamsul. (2016). Pendidikan karakter: konsepsi dan implementasinya secara terpadu di lingkungan keluarga, sekolah, perguruan tinggi, dan masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Kusaeri. (2014). Acuan dan teknik penilaian proses dan hasil belajar dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Laili, Idah & Naqiyyah, Mumtaz. (2014). Kontribusi penerapan pendidikan karakter (gemar membaca) terhadap keterampilan berbahasa siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas v mi darul hikam cirebon. Al- Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 1(2), 1-14. Larson, Joanne & Marsh, Jackie. (2015). Making literacy real: theories and prantices for learning and teaching second edition. London: SAGE Publication,Inc. Lestari, Prembayun Miji. (2008). Bikin kamu tergila-gila membaca. Yogyakarta: Pro-U Media. 246 Levine, Laura E & Munsch, Joyce. (2016). Child development from infancy to adolescence: an active learning approach. California: SAGE Publication. Inc. Lickona, T. (1991). Educating for character: how our school can teach respect and responsibility. New York: Bantam Books. Lickona, T. (2012). Educating for character (mendidik untuk membentuk karakter): bagaimana sekolah dapat mengajarkan sikap hormat dan tanggung jawab. (Terjemahan Juma Abdu Wamaungo). Jakarta: Bumi Aksara. Lickona, T. (2012). Action in teacher education character education : seven crucial issues, (October 2014), 37–41. https://doi.org/10.1080/01626620.1999.10462937 Maunah, Binti. (2016). Sosiologi pendidikan. Yogyakarta: Kalimedia. McGeown, Sarah P. (2013). Reading motivation and engagement in the primary school classroom: theory, research, and practice. Leicester: UKLA. Retrieved from www.ukla.org. Miles, Mathew B., et.al. (2014). Qualitative data analysis: a methods sourcebook (Rev.ed). London: Sage Publication,Inc. Montiel-overall, P. (2009). Library & information science research teachers’ perceptions of teacher and librarian collaboration : instrumentation development and validation. Library and Information Science Research, 31(3), 182–191. https://doi.org/10.1016/j.lisr.2009.04.001 Mu’in, Fatkhul. (2013). Pendidikan karakter: konstruksi teoretik & praktik. Yogyakarta: Ar-Ruz Media. Mullis, I. V. S., Martin, M. O., & Sainsbury, M. (2015). Pirls 2016 reading framework. pirls 2016 assessment framework, 13–31. Retrieved from https://timssandpirls.bc.edu/pirls2016/downloads/P16_FW_Chap1.pdf Mulyasa. (2014). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Musfiroh, Tadkiroatun & Listyorini, Beniati. (2016). Konstruk literasi untuk siswa sekolah dasar. Jurnal LITERA, 15(1), 1-12. Muslich, Masnur. (2011). Pendidikan karakter: menjawab tantangan krisis multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara. 247 Naeghel, J. De, Keer, H. Van, Vansteenkiste, M., & Rosseel, Y. (2012). The relation between elementary students ’ recreational and academic reading motivation , reading frequency , engagement , and comprehension : a self- determination theory perspective, 104(4), 1006–1021. https://doi.org/10.1037/a0027800 Nurgiyantoro, Burhan. (2013). Sastra anak: pengantar pemahaman dunia anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Nurhadi. (2016). Teknik membaca. Jakarta: Bumi Aksara. Oakhill, J. V, & Cain, K. (n.d.). Scientific studies of reading the precursors of reading ability in young readers : evidence from a four-year longitudinal study, (September 2013), 37–41. https://doi.org/10.1080/10888438.2010.529219 Otto, Beverly. (2014). Language development in early childhood education fourth edition. Boston: Pearson Education,Inc. Overall, Paricia-Montiel. (2005). Toward a theory of collaboration for teachers and librarians. School Library Media Research: Research Journal of The American Association of School Librarians, Vol 8, 1-31. Pallani, K.K. (2012). Promoting reading habits and creating literate society. International Refered Research Journal, 90-94. Perpustakaan Kota Yogyakarta. (2008). Kajian budaya membaca di kalangan masyarakat di provinsi daerah istimewa yogyakarta. Yogyakarta: Perpustakaan Kota Yogyakarta. Pillinger, Claire 7 Wood, Clare. (2014). Pilot study evaluating the impact of dialogic reading and shared reading at transition to primary school: early literacy and parental attitudes. Literacy, 48(3), 155-163. Popham, James W. (1986). Evaluasi pengajaran. (Diterjemahkan oleh Irwanto). Yogyakarta: Kanisius. Prasetya, Dwi Sunar. (2008). Rahasia mengajarkan gemar membaca pada anak sejak dini. Yogyakarta: Diva Press. Prastowo. (2012). Manajemen perpustakaan sekolah profesional. Yogyakarta: Diva Press. Purbani, Widyastuti, et.al. (2014). Laporan penelitian unggulan perguruan tinggi pengembangan model pendidikan karakter menggunakan medium sastra anak untuk jenjang SD. Yogyakarta: UNY. 248 Pusat Kurikulum. (2010). Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa. Putra, R. Marsi Sareb. (2008). Menumbuhkan minat baca sejak dini: panduan praktis bagi pendidik, orang tua, dan penerbit. Jakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang. Rahim, Farida. (2007). Pengajaran membaca di sekolah dasar. Jakarta: Bumi Aksara. Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Rosidi, Ajip. (1983). Pembinaan minat baca, bahasa, dan sastera. Surabaya: PT Bina Ilmu. Rokhman, F., Hum, M., & Syaifudin, A. (2014). Character education for golden generation 2045 ( national character building for indonesian golden years). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 1161–1165. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.197. Sanderse, W. (2013). The meaning of role modelling in moral and character education. Journal of Moral Education, 37–41. https://doi.org/10.1080/03057240.2012.690727 Saptono. (2011). Dimensi-dimensi pendidikan karakter: wawasan, strategi, dan langkah praktis. Jakarta: Erlangga. Schunk, Dale H. (2012). Teori-teori pembelajaran: perspektif pendidikan. (Terjemahan Eva Hamdiah & Rahmat Fajar). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Scott, Wendy A., & Ytreberg, Elisabeth H. (1990). Teaching english to children. New York: Longman. Septiarti, S. Wisni & Mulyadi. (2009). Pengembangan budaya baca melalui taman bacaan masyarakat (tbm) yang berorientasi pada kebijakan pembangunan pendidikan non formal dan informal. Jurnal Penelitian ilmu Pendidikan, 2(1), 1-13. ISSN: 1979-9594. Stiggins, Richard J. (2011). An introduction to student-involved assessment for learning:6th edition. Boston: Pearson Education, Inc. Sugihartati, Rahma. (2010). Membaca: gaya hidup dan kapitalisme. Yogyakarta: Graha Ilmu. 249 Sugiyono. (2010). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta. Sari, Dianing. (2009). Kemampuan siswa indonesia di bawah rata-rata internasional. Dikutip dari https://nasional.tempo.co/read/204973/kemampuansiswa-indonesia-di- bawah-rata-rata-internasional pada Ahad, 12 November 2017 pukul 21.45 WIB. Saroni, Muhammad. (2013). Best practice: langkah efektif meningkatkan kualitas karakter warga sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruz Media. Suryaman, Maman. (2012). Metodologi pembelajaran bahasa. Yogyakarta: UNY Press. Suryaman, Maman. (2015). Analisis hasil belajar siswa dalam literasi membaca melalui studi internasional (pirls) 2011. Jurnal LITERA, 14(1), 170-186. Thobroni, M. (2016). Belajar dan pembelajaran: teori dan praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Tarigan, H.G. (2008). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa. Tim PIRLS Indonesia. (2013). Survei internasional PIRLS. Diakses melalui http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/survei-internasional-pirls pada Ahad, 7 Agustus 2016 WIB. Tompkins & Hoskisson. (1987). Language arts: content and teaching strategies. London: Merrill Publishing Company. Wibowo, Agus. (2013). Pendidikan karakter berbasis sastra: internalisasi nilai- nilai karakter melalui pengajaran sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Wicaksana, Galuh. (2011). Buat anakmu gila baca!. Yogyakarta: Buku Biru. Waruwu, Fidelis E. (2010). Membangun budaya berbasis nilai: panduan pelatihan bagi trainer. Yogyakarta: Penerbit Kanisius. Was, C. A., Woltz, D. J., & Drew, C. (2006). Evaluating character education programs and missing the target: A critique of existing research. Educational Research Review. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2006.08.001 William, Damon. (2002). Bringing in a new era in character education. California: Hoover Institution Press. 250 Williams, Marion & Burden, Robert L. (1997). Psychology for language teachers: a social constructivist approach. New York: Cambridge University Press. Wuryandani, Wuri. (2016). Implementasi pendidikan karakter kemandirian di muhammadiyah boarding school. Jurnal Cakrawala Pendidikan Th. XXXV, 2, 208-216. Yamin, H. Martinis. (2007). Sertifikasi profesi keguruan di indonesia. Jakarta: Gaung Persada Press Jakarta. Yin, Robert K. (2014). Case study research: design and methods. London: SAGE Publication, Inc. Yuliastuti, Nusarina (Eds). (2012). 50 persen perpustakaan belum menjadi jantung sekolah. Diakses dari www.jogja.antaranews.com/berita/305456/50-persen-perpustakaan-belum- menjadi-jantung-sekolah pada Kamis, 21 Juli 2016 pukul 03.30 WIB. Yusuf, Muri. (2015). Asesmen dan evaluasi pendidikan: pilar penyedia informasi dan kegiatan pengendalian mutu pendidikan (Rev.ed). Jakarta: Kencana. Zamroni. (2011). Pendidikan karakter dalam perspektif teori dan praktik. Dalam Darmiyati Zuchdi (Ed). Yogyakarta: UNY Press. citation: Sholekhah, Ardita Markhatus and Mustadi, Ali (2019) Implementasi Pendidikan Karakter Gemar Membaca di SD Muhammadiyah Wirobrajan III dan SD N Golo Kota Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/66610/1/BAB%20I.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66610/2/BAB%20II.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66610/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66610/4/LAMPIRAN.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66610/5/BAB%20III.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66610/6/BAB%20IV.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66610/6/BAB%20V.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66610/7/COVER.pdf