%0 Thesis %9 S1 %A Syarifah, Dwi Utami %B Fakultas Ilmu Pendidikan UNY %D 2019 %F UNY:66608 %I PAUD %T UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG HURUF MELALUI MEDIA PUZZLE HURUF PADA ANAK KELOMPOK A TK MINOMARTANI 1 KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN %U http://eprints.uny.ac.id/66608/ %X Penelitian bertujuan meningkatkan kemampuan mengenal lambang huruf melalui media puzzle huruf anak Kelompok A TK Minomartani 1 Ngaglik, Sleman. Penelitian dilakukan berdasarkan permasalahan yang ada yaitu belum berkembangnya kemampuan anak dalam mengenal lambang huruf. Penelitian menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang berkolaborasi dengan guru kelas. Subjek penelitian 20 anak Kelompok A TK Minomartani 1, terdiri dari 9 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan panduan observasi dan lembar observasi berbentuk check list. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian apabila 80% dari jumlah seluruh anak mencapai kriteria berkembang sangat baik (BSB). Hasil penelitian menunjukkan kemampuan anak Kelompok A TK Minomartani 1 dalam mengenal lambang huruf meningkat menggunakan media puzzle huruf. Hasil Pratindakan sebesar 0% dari jumlah seluruh anak berada pada kriteria BSB. Pada Siklus I persentase sebesar 40% dari jumlah seluruh anak berada pada kriteria BSB. Pada Siklus II persentase sebesar 85% dari jumlah seluruh anak berada pada kriteria BSB. Hasil pada Siklus II ini telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian yaitu sebesar 80% dari jumlah seluruh anak mencapai kriteria berkembang sangat baik (BSB). Hasil tersebut didapat dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut: 1) Kepingan puzzle huruf diletakkan di atas meja atau lantai. 2) Anak menunjuk dan mengambil puzzle huruf yang disebutkan guru lalu membentuk barisan saf. 3) Anak berjalan bergantian ke kanan, menyebutkan puzzle huruf yang dibawa temannya. 4) Guru menyebutkan beberapa huruf, anak berkumpul sesuai huruf tersebut. 5) Anak menyusun puzzle huruf menjadi suatu bentuk. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan kegiatan menggunakan puzzle huruf dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal lambang huruf pada anak Kelompok A TK Minomartani 1 Ngaglik, Sleman. Kata kunci: Kemampuan mengenal lambang huruf, puzzle huruf, kelompok A.