%L UNY66578 %K evaluasi, pelaksanaan implementasi UNBK %X Proses implementasi UNBK tingkat SMP di Kabupaten Klaten masih memiliki kendala dalam pelaksanaannya, sehingga banyak sekolah penyelenggara yang masih mengalami kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap implementasi UNBK tingkat SMP di Kabupaten Klaten, yang meliputi: (1) tahap antecedent yaitu aspek pemahaman operasional komputer dan sarana dan prasarana UNBK; (2) tahap transaction yaitu tata tertib dan prosedur pelaksanaan UNBK utama; dan (3) tahap outcomes yaitu efektifitas dan dampak implementasi UNBK Kegiatan evaluasi menggunakan evaluasi Stake Countenance Models. Populasi dari penelitian ini adalah guru yang bertugas sebagai proktor, teknisi dan pengawas UNBK, dan siswa sebagai peserta UNBK. Sampel penelitian ini adalah 30 guru yang bertugas sebagai proktor, teknisi dan pengawas UNBK dan 45 siswa sebagai peserta UNBK, yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket, lembar observasi, dan telaah dokumen administrasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tahap antecedent yang meliputi aspek pemahaman operasional komputer dan ketersediaan sarana dan prasarana pendukung UNBK masuk katagori baik (92,5%); (2) tahap transaction yang meliputi aspek tata tertib pelaksanaan dan prosedur pelaksanaan UNBK utama masuk katagori baik (92%); dan (3) tahap outcomes yang meliputi efektifitas UNBK dan dampak dari implementasi UNBK masuk katagori baik (88,4%). Dengan demikian, implementasi UNBK tingkat SMP di Kabupaten Klaten tetap dilaksanakan karena sudah memenuhi standar POS UNBK, dengan memperbaiki tahap antecedent, yakni kecepatan internet, tahap transaction, yakni perekrutan teknisi, dan tahap outcomes, penggunaan pelindung layar komputer. %A Wadiyono Wadiyono %A Samsul Hadi %I Program Pascasarjana %D 2019 %T Evaluasi Implementasi UNBK tingkat SMP di Kabupaten Klaten.