%T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER INSTALASI PENERANGAN UNTUK SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 PUNDONG %D 2019 %I Universitas Negeri Yogyakarta %L UNY66570 %A Gustan Anggara %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Pengembangan trainer instalasi penerangan pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik kelas XI Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Pundong, (2) mengetahui tingkat Kelayakan Trainer Instalasi penerangan pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik siswa kelas XI Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Pundong. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari (1) Analysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; dan (4) Evaluation. Penelitian ini dilakukan di SMK N 1 Pundong dengan subjek penelitian kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik dan guru Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media, serta mengetahui responss pada pengguna akhir yaitu guru dan siswa. Teknik analisis data menggunakan instrumen angket serta teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini diketahui bahwa: (1) Telah dihasilkan media pembelajaran trainer instalasi penerangan listrik. (2) Hasil uji kelayakan trainer menurut ahli media medapatkan skor rerata 72,5 dari skor maksimal 84 sehingga masuk dalam katergori “Sangat Layak” sedangkan hasil uji kelayakan trainer menurut ahli materi mendapatkan skor rerata 76,5 dari nilai skor maksimal 88 sehingga masuk dalam kategori “Sangat Layak”. Respons pengguna siswa SMK Negeri 1 Pundong mendapatkan skor rerata 93,94 dari skor maksimal 112 sehingga masuk kategori “Sangat Baik” sedangkan respons pengguna guru SMK Negeri 1 Pundong mendapatkan skor rerata 132 dari skor maksimal 144 dan masuk kategori “Sangat Baik”. %K Media Pembelajaran, ADDIE, Instalasi Penerangan Listrik