%I Program Pascasarjana %T Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) di Kota Yogyakarta. %D 2019 %L UNY66567 %A Eni Rahmawati %A Trie Hartiti Retnowati %K evaluasi, seni budaya, sekolah dasar, countenance stake %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) di sekolah dasar di Kota Yogyakarta yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian Penelitian evaluasi menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan model evaluasi Countenance Stake berupa tiga tahap antecedent, transaction, outcome. Responden penelitian terdiri dari 8 sekolah dengan jumlah responden 8 kepala sekolah, 8 guru, dan 193 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, observasi, angket, dan wawancara. Validitas instrumen dilakukan dengan validitas isi dan validitas konstruk dan reliabilitas dengan estimasi Interclass Coefficient Correlation, Alpha Cronbach, dan Cohen Kappa. Teknik analisis data menggunakan kriteria rerata ideal dari Azwar. Kesimpulan penelitian: Aspek Antecedent meliputi perencanaan pembelajaran mempunyai pencapaian sebesar 98,46% dengan kategori baik. Aspek Transaction meliputi pelaksanaan pembelajaran 92,05% dengan kategori baik dan penilaian pembelajaran 74,22% dengan kategori baik. Aspek Outcome dengan melihat hasil Ujian Tengah Semester (UTS) belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal. Rekomendasi 1) pengadaan diklat atau pelatihan perangkat pembelajaran serta pemahaman lebih lanjut tentang Permen Nomor 81A tentang Implementasi Kurikulum 2) pengadaan kegiatan cinta budaya, penggunaan model dan stategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik budaya setempat 3) pengadaan supervisi klinis secara periodis terkait evaluasi perangkat penilaian.