%0 Thesis %9 S2 %A Zaini, Arina Husna %A Retnawati, Heri %B Penelitian dan Evaluasi Pendidikan %D 2019 %F UNY:66565 %I Program Pascasarjana %K pembuktian, penalaran, pengembangan instrumen, reliabilitas, validitas %T Pengembangan Soal Penalaran dan Pembuktian Matematika SMA. %U http://eprints.uny.ac.id/66565/ %X Penelitian ini bertujuan: (1) menginvestigasi kontruksi soal penalaran dan pembuktian matematika SMA, (2) mengestimasi reliabilitas soal penalaran dan pembuktian matematika SMA, (3) mengukur kemampuan penalaran dan pembuktian matematika siswa kelas SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan langkah meliputi: (1) menentukan tujuan penyusunan instrumen, (2) mencari teori yang relevan atau cakupan materi, (3) menyusun indikator butir instrumen/soal, (4) menyusun butir instrumen, (5) validasi isi, (6) revisi berdasarkan masukan validator, (7) melakukan uji coba, (8) melakukan analisis, (9) merakit instrumen. Uji coba instrumen dilakukan di kelas XI pada tujuh sekolah, yaitu SMAN 1 Bantul, SMAN 2 Bantul, SMAN 1 Kasihan, SMAN 3 Bantul, SMAN 1 Banguntapan, SMAN 1 Pajangan, dan SMAN 1 Pleret. Jumlah keseluruhan subjek uji coba sebanyak 571 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis. Instrumen pengumpulan data berupa soal penalaran dan pembuktian matematika berbentuk uraian sebanyak 16 butir yang terdiri dari 10 soal penalaran dan enam soal pembuktian. Enam belas butir soal penalaran dan pembuktian dirakit menjadi dua paket soal yakni Paket 1 dan Paket 2 yang masing-masing paket terdiri dari lima soal penalaran dan tiga soal pembuktian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal penalaran dan pembuktian matematika yang dikembangkan valid. Hal ini didasarkan pada perhitungan menggunakan rumus Aiken bahwa nilai V pada semua butir soal