relation: http://eprints.uny.ac.id/66561/ title: Pengembangan Multimedia Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Sepakbola Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) creator: Nurvanang, Anggi creator: Haryanto, Haryanto subject: Teknologi Pendidikan subject: Media Pendidikan subject: Pasca Sarjana description: Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif tentang teknik dasar sepakbola yang layak untuk mendukung proses pembelajaran PJOK; (2) mengetahui hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Minggir dengan menggunakan multimedia pembelajaran interaktif tentang teknik dasar sepakbola. Penelitian pengembangan multimedia pembelajaran ini mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Brog & Gall (1983). Prosedur pengembangan meliputi tahap pendefinisian, tahap perencanaan, dan tahap pengembangan. Uji validasi ahli dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media. Uji coba produk dilakukan melalui uji kelompok kecil, uji kelompok besar, tes, dan uji coba instrumen untuk siswa. Penelitian dilakukan terhadap 24 siswa kelas X. Instrumen yang digunakan adalah angket dan test. Data angket dianalisis dengan mencari nilai rata-rata untuk mengetahui kriteria kelayakan produk, sedangkan data tes dianalisis menggunakan perhitungan rata-rata untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menghasilkan produk multimedia pembelajaran tentang teknik dasar sepakbola untuk siswa kelas X di SMA Negeri 1 Minggir yang dinilai sangat layak oleh para ahli, sehingga layak digunakan sebagai sumber belajar siswa. Hasil penilaian ahli materi menggunakan skala 5 didapat rerata sebesar 4,08 dan dikategorikan “Sangat Layak” sedangkan dari ahli media didapatkan rerata 3,58 dan dikategorikan “Layak”. Hasil respon siswa peserta didik (kelompok kecil) mendapatkan rerata 3,47 dan dikategorikan “Layak”, hasil respon siswa peserta didik (kelompok besar) mendapat rerata 4,1 dikategorikan “Sangat Layak”. Uji pre-test mendapatkan rerata 57,66% dikategorikan “Kurang Baik” dan uji post-test mendapatkan rerata 81,83% dikategorikan “Sangat Baik”. Sehingga hasil belajar siswa setelah menggunakan multimedia pembelajaran teknik dasar sepakbola adalah mengalami peningkatan. Kata Kunci: multimedia pembelajaran, teknik dasar sepakbola. date: 2019-05-22 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/66561/1/Cover.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/66561/2/BAB%20I.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/66561/3/BAB%20II.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/66561/4/BAB%20III.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/66561/5/BAB%20IV.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/66561/6/BAB%20V.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/66561/7/Daftar%20Pustaka.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/66561/8/Lampiran.pdf identifier: Nurvanang, Anggi and Haryanto, Haryanto (2019) Pengembangan Multimedia Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Sepakbola Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). S2 thesis, Program Pascasarjana.