eprintid: 66558 rev_number: 21 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/06/65/58 datestamp: 2019-11-07 03:08:01 lastmod: 2019-11-07 03:08:01 status_changed: 2019-11-07 03:08:01 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ginting, Lea Christina Br creators_name: Ismaniati, Christina title: Pengembangan Komik Pembelajaran Peduli dan Tanggung Jawab pada anak di Daerah Relokasi Sinabung Tanah Karo. ispublished: pub subjects: D9 divisions: pps_tp full_text_status: public keywords: komik pembelajaran, karakter, peduli, tanggung jawab abstract: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media komik pembelajaran karakter peduli dan tanggung jawab yang layak pada anak di daerah relokasi gunung Sinabung dan (2) mengetahui efektivitas komik pembelajaran karakter peduli dan tanggung jawab pada anak di daerah relokasi gunung Sinabung. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Dari 10 langkah prosedur penelitian dan pengembangan Borg and Gall, penelitian ini hanya sampai pada langkah ke sembilan. Kesembilan langkah tersebut meliputi: (1) studi pendahuluan dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan format produk awal, (4) uji lapangan awal), (5) revisi produk awal, (6) uji lapangan utama, (7) revisi produk operasional (8) uji operasional, (9) revisi produk akhir. Subjek uji coba kelompok kecil melibatkan 6 anak usia 9-12 tahun di relokasi. Subjek uji coba lapangan melibatkan 20 orang anak usia 6-12 tahun di relokasi. Uji efektivitas melibatkan 23 anak usia 9-12 tahun di relokasi Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket penilaian materi dan media, angket respon siswa dan tes hasil belajar. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk komik pembelajaran cetak yang layak untuk anak di relokasi. Komik Pembelajaran yang dikembangkan digunakan untuk mengembangkan karakter peduli dan tanggung jawab anak di daerah Relokasi Sinabung. Pertama, hasil validasi ahli media dan materi menunjukkan bahwa komik pembelajaran ini layak untuk digunakan dengan skor 3,88 dari segi media dan perolehan skor 3,61 dari segi materi. Penilaian tersebut termasuk kedalam kriteria “sangat layak”. Kedua, komik pembelajaran ini efektif digunakan dalam pembelajaran karakter peduli dan tanggung jawab. Hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar anak dilihat dari peningkatan hasil pre test dan post test. Hasil yang diperoleh berdasarkan nilai N-gain yaitu sebesar 0,63 atau termasuk dalam kategori sedang. date: 2019-08-09 date_type: published institution: Program Pascasarjana department: Teknologi Pembelajaran thesis_type: tesis referencetext: Ahmad Rohani. (1997). Media Instructional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana. Jakarta. Ahmadi, Iif K, Amri, S., dan Elisah, T. (2011). Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: PT. Prestasi Pustakakarya. Ani, W dkk. (2015). Pengembangan Media Komik IPA untuk meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Peserta didik SMP. Journal Inovasi Pendidikan IPA Vol 1 Anita Lie, Sarah Prasasti. (2004). Menjadi orangtua Bijak, 101 Cara Membina Kemandirian dan Tanggung Jawab Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo Arsyad, Azhar. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Avrilliyanti, H., S. Budiawanti, & Jamzuri Penerapan Media Komik untuk Pembelajaran Fisika Model Kooperatif dengan Metode diskusi pada Siswa SMP Negeri 5 Surakarta Kelas VII Tahun Ajaran 2011/2012 Materi Gerak. Jurnal Pendidikan Fisika 1(1): 156-163 (2013). Bandura, A. (1999). Social cognitive Theory of Personality. New York: Academic Press Barbara A. Lewis. (2004). Character Building untuk Remaja. Batam: Karisma Publishing Group Bimo & Dicky. (2013). Penanaman pendidikan karakter pada anak melalui media komik digital interaktif. Fakultas Industri Kreatif Universitas Telkom Borg, W.R & Gall. M. D. (1983). Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman Botes. (2017). “Using Comics to Communicate Legal Contract Cancellation”( 2017) 7(1): 14 The Comics Grid: Journal of Comics Scholarship. DOI: https://doi.org/10.16995/cg.100 Bruner, J. S. (1966). Toward a theory of instruction, Cambridge, Mass.: Belkapp Press Budiningsih Asri. (2003). Desain Pesan Pembelajaran. Perpustakaan FIP UNY: Yogyakarta Christian B. (2015). Character: New Directions from Philosophy, Psychology, and Theology. New York. Oxford 138 Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Yogyakarta: Gava Media Eko Putro, Widoyoko, S. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar Fatimah, A., & Maryani, K. (2018). Visual Literasi Media Pembelajaran Buku Cerita Anak. Jurnal Inovasi i Pendidikan” 5(1), 5. Gagne, R.M. Briggs, L. J. (1979). Principles of Instructional Design,. New York: Holt, Rinehart and Winston Graham, Steven (2011) “Comics in the Classroom: Something to Be Taken Seriously” Language Education in Asia, , 2011 Gumelar, M.S. (2011). Comic Making-CaraMembuat Komik. Jakarta: Indeks Heinch, Molenda dan Russel, (1985). Instructional Technology, New Jersey: Prentice- Hall Inc Herman, Hudoyo (1990) Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang. Universitas Negeri Malang Iskandar, Soetyono, (2015) Intelligence Character for Nation Building. Yogyakarta. Deepublish Januszewski A. and Molenda M. (2008). Educational Technology. A definition with Commentary. Lawrence Erlbaum Associates Taylor & Francis Group 270 Madison Avenue New York Grune and Stratton Kamus Besar Bahasa Indonesia (1991) Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Balai Pustaka Kathleen , (2012) Habituation and Character change. Philosophy and Literature, Vol 31, Number 2, October (2007). Pp. 294-310 Kemendiknas, (2010) Pengembangan Budaya dan Karakter Bangsa, Pedoman sekolah. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan, Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kirsh (2002) “The Effects of Extremely Violent Comic Books on Social Information Processing” Journal of Interpersonal Violence, Vol 17 no 11, November (2002) 1160-1178 Koentjaraningrat, (1985). Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia Hill, T.A., Character First, Kimray Inc., (2005) http://www.charactercities.org/ downloads/ publications /Whatischaracter.pdf 139 Lemish, Dafna (2012) Children and Media, a Global Perspective. UK. John Wiley & Sons. Lickona, Thomas. (2012) Pendidikan Karakter. Bantul: Kreasi Wacana. Lickona, Thomas (1991). Educating for Character:How our School Can Teach Respect and Responsibiity. NewYork, Toronto, London, Sydney Aucland: Bantam books. Lickona, T., E. Schaps and C. Lewis. (2003). Eleven Principles of Effective Character Education. Washington, D.C : Character Education Partnership. Listtiyani, I & Widayati, A (2012). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Pada Kompetensi Dasar Persamaan Dasar Akuntansi Untuk Siswa SMA Kelas XI Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. X, No. 2, Tahun 2012 Maharsi, Indira, M.Sn. (2011) Komik Dunia Kreatif Tanpa Batas. Yogyakarta: Kata Buku Martin, B. L. & Briggs, L.J., (1986). The Affective and Cognitive Domains: Integration for Instruction and Research. Englewood Cliffs, N.J: Educational Technology Publication Megawangi, R. (2004). Pendidikan Karakter “Solusi yang Tepat Membangun Bangsa”. Jakarta: BM.MIGAS Michael, (2008). From Digisted Comic Biiks to Digital Hypermedia Comic Books:Their use in Education. University of Piraeus Muchlas. S & Hariyanto, 2014.Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Rosda Karya: Bandung Munadhi, Yudhi. (2013). Media Pembelajaran: Sebuah pendekatam Baru. Jakarta: Referensi (GPPress Group) Naim, N. (2012). Character buiding. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Nana S & Rivai A (1991) Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Nira, E., & Ghufron, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan” 2(1), 2. Miarso, Yusufhadi. (2004) Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group 140 Nurchasanah dan Ida Lestari (2008) Pengembangan Paket Pendidikan Budi Pekerti melalui Baca Tulis Anak Usia Prasekolah. Malang: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang Nurgiyantoro, B. (2005).Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: UGM Press. Oliver-Smith, (2002). Theorizing disasters: nature, power and culture In: Oliver smith, Anthony, and Sysanna Hoffman (eds). Catastrope & culture. The Anthropology of disaster.Santa FE NM:School of American Research Press: 23-47 Presiden Republik Indonesia. (2017). Peraturan Presiden RI No 87, tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Ranang A.S., Basnendar H dan Asmoro N.P. (2010).Animasi Kartun Dari Analog Sampai Digital. Jakarta ; PT Indeks. Sadiman, Arif, dkk. (2012). Media Pendidikan. Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Sabini, J. & Silver, M. (1998). Emotion, character, and responsbility. New York: Oxford University Press. Samani, M. & Hariyanto. (2012). Pendidikan karakter. Bandung: Rosda karya Santrock, John W. (2011). Perkembangan Anak Edisi 7 Jilid 2 (Terjemahan: Sarah Genis B) Jakarta: Erlangga. Seifert, K.L dan Hoffnung, R.J. (1994). Child and Adolescent Development. Boston: Houghton Mifflin compaby. Shirong. (2007). Relation, Virtue and Relational Virtue Three Concepts of Caring. Hypatia, Vol 22, Number 3, Summer 2007, pp 92-110. Slavin, Robert E. (2011). Cooperative Learning Teory, Riset dan Praktik. Bandung. Nusa Media. Stevenson, N. (2006). Young person’s character education handbook. Avenue: JIST Publishing, Inc. Sugiono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV alfabeta Sundayana, Rostina (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta Suparman, Atwi (2004) Pengembangan Instructional. Jakarta: Rineka Cipta 141 Susilana, Rudi, Riyana, Ceoi (2008). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, Penilaian. Suyanto (2009). Urgensi Pendidikan Karakter. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional. http://www.mandikdasmen.depdiknas.go.idar Syamsu Yusuf. (2004) Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sylvia Rimm. (2003). Mendidik dan Menerapkan Disiplin Pada Anak Usia dini. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi. Thomas M. (2004) Ten Essentials for Character Education The Journal of General Education, Volume 53, Number 3-4, , pp. 247-260 Published by Penn State University Press Tin Lam,( 2010). “Use of Cartoons and Comic to teach Algebra In Mathematics Classroom. National Institute of Education, Nnyang Technological University, Singapore Trimo. (1997). Media Pendidikan. Jakarta: Depdikbud. Upson, Matt and Hall, C.Michael (2013) “Comic Book Guy in the Classroom: The Educational Power and Potential of Graphic Storytelling in Library Instruction,” Kansas Library Association College and University Libraries Section Proceedings: Vol. 3 No 1 Waluyanto, Heru Dwi (2005). Komik sebagau Media Komunikasi Visual Pembelajaran. Nirmana, Volume 7 Nomor1, Januari 2005 hlm 45-55 Wasil, Nur (2014). Pengembangan Komik Pencemaran Lingkungan sebagai Sumber belajar Siswa Kelas VII SMP Wheatley (1991) Teori Belajar Konstruktivisme.blog Wibowo, A. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Yaumi, Muhammad. ( 2014). Pendidikan Karakter Landasan Pilar dan Implementasi. Jakarta: Prenanda media Group Zinnurain., & Gafur, A. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pendidikan Agama Islam Materi Tata Cara Sholat Untuk Sekolah Dasar. 2(2), 2. Walls, K.C. & Poulton, J.L. (2001). Internalization : The origins and construction of internal reality. Philadelphia: Open University Press. citation: Ginting, Lea Christina Br and Ismaniati, Christina (2019) Pengembangan Komik Pembelajaran Peduli dan Tanggung Jawab pada anak di Daerah Relokasi Sinabung Tanah Karo. S2 thesis, Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/66558/3/COVER.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66558/3/BAB%20I.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66558/2/BAB%20II.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66558/1/BAB%20III.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66558/3/BAB%20IV.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66558/1/BAB%20V.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66558/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66558/5/LAMPIRAN.pdf