@phdthesis{UNY66530, year = {2019}, month = {November}, author = {Diva Novian Nadari}, title = {UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA MATERI STATISTIKA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION PADA KELAS IV SD N KARANGANYAR}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dan meningkatkan kerjasama postitif siswa pada pembelajaran matematika siswa kelas IV SD N Karanganyar Gedangsari. Penelitian ini dilaksanakan di SD N Karanganyar Gedangsari, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran student team achievment division (STAD) dengan menggunakan metode penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) oleh Kemmis \& Mc Taggart. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui tes, catatan lapangan dan dokumentasi yang kemudian data pada penelitian ini akan dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran STAD pada pembelajaran matematika terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa dan kerjasama positif antar siswa. Peningkatan kerjasama positif ini dapat dilihat dari catatan lapangan. Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa dapat dilihat dari data tes hasil belajar kognitif siswa. Skor rata-rata siswa semula 73,97 (38,71\%) kemudian meningkat menjadi 81,72 (70,97\%) pada siklus I setelah menggunakan model pembelajaran student team achievment division (STAD) dan kemudian meningkat lagi menjadi 88,81 (87\%) pada siklus II. Kata kunci : hasil belajar kognitif, kerjasama positif, student team achievment division (STAD).}, url = {http://eprints.uny.ac.id/66530/} }