TY - THES ID - UNY66521 Y1 - 2019/11/04/ A1 - Azis, Ahmad Dwi TI - PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBELAJARAN DI KELAS V SDIT AL-KHAIRAAT KOTA YOGYAKARTA PB - Fakultas Ilmu Pendidikan AV - restricted M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan karakter religius melalui pembelajaran di kelas V SDIT Al-Khairaat Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Subjek penelitian ini meliputi siswa kelas V, guru kelas V, dan kepala sekolah. Objek penelitian yaitu pendidikan karakter religius melalui pembelajaran sehari-hari di kelas V. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Hubberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teriangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat nilai religius yang muncul ketika pembelajaran berlangsung yang mencerminkan hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, dan manusia dengan lingkungan, 2) perencanaan kegiatan pembelajaran berupa silabus dan RPP yang di dalamnya memuat pendidikan karakter religius, 3) pelaksanaan pembelajaran dilakukan berdasarkan RPP yang telah dibuat dan diintegrasikan dengan karakter religius melalui pelaksanaan dalam kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, 4) kegiatan evaluasi dilakukan melalui penilaian afektif siswa yang dilakukan oleh guru melalui pengamatan sikap siswa. Kata kunci: Pendidikan karakter, karakter religius, pembelajaran UR - http://eprints.uny.ac.id/66521/ ER -