%0 Thesis %9 S1 %A Anwar, Ihti Syamudin Shani %B PGSD %D 2019 %F UNY:66510 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T PERBANDINGAN PERILAKU DISRUPTIF SISWA DITINJAU DARI DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA %U http://eprints.uny.ac.id/66510/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosisal keluarga dengan perilaku disruprif siswa kelas II Sekolah Dasar se-Gugus Pakualaman Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi ex-post facto yang dapat dilihat dari data penelitian yang berupa angka–angka dan dianalisis menggunakan statistik. Penelitian ini dilaksanakan di SD se-Gugus Pakualaman Kota Yogyalarta. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD se- Gugus Pakualaman Kota Yogyakarta. Populasi penelitian sebanyak 103 siswa. Analisis data dilakukan dengan Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa: variabel dukungan sosial keluarga termasuk dalam kategori sedang dengan nilai antara 44,88-55,46 dengan persentase sebesar 75,73%. Variabel perilaku desruptif termasuk dalam kategori sedang dengan nilai antara 85,619-104 dengan persentase sebesar 66,02% Nilai korelasi sebesar 0,606 berada di antara 0,60 – 0,799 termasuk dalam kategori kuat. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial keluarga dengan perilaku disruptif. Kata kunci: Dukungan Sosisal Keluarga dan Perilaku Disruptif