TY - THES AV - restricted A1 - Purwati, Duwi PB - UNY TI - Pengembangan Modul Pembelajaran Drama Mata Pelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia SMA Berbasis Potensi Lokal Masyarakat Sasak KW - pengembangan KW - modul KW - drama KW - potensi lokal ID - UNY6651 Y1 - 2012/01/31/ UR - http://eprints.uny.ac.id/6651/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran drama mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia berbasis potensi lokal masyarakat Sasak. Modul yang dikembangkan ditinjau dari aspek isi, bahasa dan gambar, penyajian, dan kegrafisan, dan untuk mengetahui keefektifannya dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model 4-D dengan tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian ini hanya sampai pada Develop, Tahap Disseminate tidak dilaksanakan. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Selong sejumlah 49 orang dengan rincian: 20 orang siswa untuk uji kelompok kecil dan 29 orang untuk uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner,tes (pre-test dan post-test), dan lembar observasi. Masukan terhadap modul hasil pengembangan pada tahap uji coba tertentu digunakan untuk dasar perbaikan modul pada uji coba tahap berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa modul pembelajaran drama mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia SMA berbasis potensi lokal masyarakat Sasak adalah sebagai berikut. (1) Prosedur pengembangan yang digunakan, yaitu tahap pendefinisian meliputi analisis kurikulum, analisis siswa, analisis tugas, dan analisis tujuan pembelajaran. Tahap perancangan meliputi pemilihan format dan desain modul. Tahap pengembangan meliputi hasil validasi, uji coba terbatas, dan uji coba lapangan. (2) Kualitas modul pembelajaran berdasarkan hasil penilaian ditinjau dari aspek kelayakan isi, aspek bahasa dan gambar, aspek penyajian, dan aspek kegrafisan secara keseluruhan berkualitas ?baik?. Berdasarkan penilaian dari para ahli, guru, dan teman sejawat dapat dikatakan bahwa modul pembelajaran hasil pengembangan tersebut layak digunakan. (3) Penerapan modul pembelajaran drama mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia berbasis potensi lokal masyarakat Sasak secara umum dapat terlaksana. (4) Respon siswa terhadap modul pembelajaran drama termasuk dalam kategori ?baik?.(5) Pembelajaran dengan modul dapat meningkatkan pemahaman siswa yang ditunjukkan oleh peningkatan skor post-test terhadap pre-test sebesar 17,2 dan persentase ketuntasan siswa sebesar 96%. Pembelajaran juga mampu melatih kemandirian siswa dalam belajar, meningkatkan kemampuan siswa dalam bekerjasama dan menumbuhkan sikap untuk menghargai potensi lokal yang ada. M1 - tesis ER -