TY - THES Y1 - 2019/06/28/ ID - UNY66402 AV - public A1 - Kurniawanti, Merci Robbi A1 - Kumalasari, Dyah PB - Program Pascasarjana TI - Kajian Nilai - nilai Entrepreneurship K.H.Ahmad Dahlan dalam Perspektif Historis M1 - tesis N2 - Nilai - nilai entrepreneruship yang diwariskan oleh K.H. Ahmad Dahlan masih sangat relevan untuk ditelada ni oleh generasi muda saat ini khususnya para pelajar, tetapi be lum ditemukan suatu kajian yang secara khusus membahas mengenai nilai - nilai entrepreneruship K.H. Ahmad Dahlan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) m engungkap latar belakang kehidupan dan menganalisis peran K.H Ahmad Dahlan dalam lintasan sejarah Indonesia ; (2) m enelaah nilai - nilai entrepreneurship K.H. Ahmad Dahlan ; (3) me nganalisis bagaimana nilai - nilai entrepreneurship K.H. Ahmad Dahl an dapat diaktualisasikan dalam pembelajaran sejarah di Sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan historis. S ubjek dan objek kajiannya terkait dengan dimensi sejarah, sehingga perlu untuk direkonstruksi dengan metode sejarah. Penelitian ini menggunakan studi dokumen yang te rdiri dari sumber - sumber primer maupun sekunder. Disamping itu, penelitian ini juga menggunakan wawancara sebagai penguat. Wawancara dilakukan terhadap beberapa tokoh Muhammadiyah dan tokoh - tokoh yang expert dengan tokoh K.H.Ahmad Dahlan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama : K.H Ahmad Dahlan lahir dan tumbuh dalam lingkungan yang memiliki tingkat religiusitas tinggi. Lingkungan keluarga yang agamis telah membentuk kepribadian K.H Ahmad Dahlan menjadi sosok yang memiliki budi pekerti dan akhlak yang baik serta memiliki semangat belajar yang tinggi. Meskipun beliau tidak mengenyam pendidikan di sekolah formal tertentu, akan tetapi beliau berguru kepada Ayahnya, keluarga dan juga pada para ulama. Kedua , adapun nilai - nilai entrepreneursh ip K.H.Ahmad Dahlan yang dapat diteladani terdiri dari nilai berorientasi tindakan, kreatif, kepemimpinan, mandiri, berani mengambil resiko dan kerja keras. Kesemua nilai itu termanifestasikan dalam kehidupan sehari - hari K.H.Ahmad Dahlan. Ketiga , Aktualisa si nilai - nilai entrepreneurship K.H.Ahmad Dahlan dalam rangka memberi sumbangan terhadap dunia pendidikan diwujudkan dengan harapan dapat menginspirasi guru sejarah bahwa dalam mengajar sejarah tidak hanya menyajikan rentetan fakta dan peristiwa, tetapi gu ru membangun pemahaman dan kesadaran bagi peserta didik tentang makna dibalik peristiwa, termasuk nilai - nilai apa yang terkandung dalam peristiwa sejarah tersebut. Kata Kunci : entrepreneurship, K.H.Ahmad Dahlan, historis UR - http://eprints.uny.ac.id/66402/ ER -