@phdthesis{UNY66392, year = {2019}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, title = {PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MEMBUAT POLA KEMEJA PADA SISWA KELAS X BUSANA BUTIK DI SMK MUHAMMADIYAH BERBAH}, author = {Rika Isputri}, month = {October}, keywords = {video, pola kemeja, busana butik}, url = {http://eprints.uny.ac.id/66392/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan video pembelajaran membuat pola kemeja pada siswa kelas X Busana Butik di SMK Muhammadiyah Berbah. (2) mengetahui kelayakan video pembelajaran membuat pola kemeja pada siswa kelas X Busana Butik di SMK Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan 4D Thiagarajan. Tahapan penelitian dan pengembangannya terdiri dari tahap; (1) pendefinisian (2) perancangan; (3) pengembangan; (4) penyebarluasan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X Busana Butik SMK Muhammadiyah Berbah Yogyakarta yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan angket. Validitas dibuktikan dengan validitas isi yaitu menggunakan penilaian expert; dan reliabilitas dibuktikan dengan kesepakatan antar rater. Uji kelayakan dilakukan oleh ahli materi, ahli media, uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Teknik analisis data dengan mencari kriteria sikap berdasarkan jarak interval dan nilai rata-rata dari aspek yang dinilai. Hasil penelitian ini adalah : (1) Produk video pembelajaran membuat pola kemeja. (2) Hasil validasi materi dan validasi media berdasarkan penilaian expert dinyatakan valid. Uji kelayakan materi dinyatakan sangat layak dengan presentase 97,91\%. Hasil dari uji kelayakan media dinyatakan sangat layak dengan presentase 94,37\%. Uji coba skala kecil menyatakan media pembelajaran ini layak dengan nilai 78,61\%. Selanjutnya uji coba skala besar, media dinilai layak dengan nilai 79,1\%. Berdasarkan hasil uji coba kelayakan tersebut, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran membuat pola kemeja pada siswa kelas X Busana Butik di SMK Muhammadiyah Berbah dinyatakan ?layak? digunakan sebagai media pembelajaran.} }