@phdthesis{UNY66386, year = {2019}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, title = {PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PEMBUATAN SAKU PASSEPOILLE MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MENJAHIT PADA PESERTA DIDIK KELAS X TATA BUSANA SMK KARYA RINI YHI KOWANI}, author = {Ervina Melinda Anggraeni}, month = {October}, keywords = {video pembelajaran, saku passepoille, SMK Tata Busana}, url = {http://eprints.uny.ac.id/66386/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran video pembuatan saku passepoille pada peserta didik kelas X tata busana di SMK Karya Rini; (2) mengetahui kelayakan video pembelajaran pembuatan saku passepoille pada peserta didik kelas X tata busana di SMK Karya Rini ditinjau dari ahli materi, ahli media, dan peserta didik. Jenis penelitian ini adalah R\&D (Research and Development) menggunakan model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) define (pendefinisian); (2) design (perancangan); (3) develop (pengembangan); (4) disseminate (penyebarluasan). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X Tata Busana SMK Karya Rini YHI KOWANI yang berjumlah 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan angket. Validitas instrumen menggunakan validitas isi yang berdasarkan penilaian dari Expert Judgment. Reliabilitas instrumen menggunakan teknik Inter-rater Agreement yaitu keputusan berdasar kesepakatan antar-rater. Teknik analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) berupa produk video pembelajaran pembuatan saku passepoille dalam mata pelajaran teknologi menjahit di SMK Karya Rini menggunakan tahapan 4D menurut Thiagarajan; (2) kelayakan video pembelajaran ditinjau dari ahli materi mendapat skor 67 (98,50\%) dinyatakan sangat layak; (3) kelayakan multimedia ditinjau dari ahli media mendapat skor 72 (100\%) dinyatakan sangat layak; (4) kelayakan multimedia ditinjau dari uji coba skala kecil mendapat skor 68 (85\%) dinyatakan sangat layak dan uji coba skala besar mendapat skor 70,70 (88,40\%) dinyatakan sangat layak. Dengan demikian video pembelajaran dinyatakan sangat layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran.} }