@phdthesis{UNY66378, year = {2019}, school = {Program Pascasarjana}, author = {Maulidiyani Fuadati and Insih Wilujeng}, title = {Pengembangan Web-LKPD IPA Terintegrasi Sumber Belajar Lokal Berbasis CTL untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik}, month = {July}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan: (1) kevalidan web-LKPD IPA terintegrasi sumber belajar lokal berbasis CTL menurut dosen ahli, dan (2) kepraktisan web-LKPD menurut praktisi dan pengguna, dan (3) efektivitas webLKPD IPA untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model 4D (define, design, develop, dan disseminate). Pengambilan subjek uji coba menggunakan teknik random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 60 peserta didik terdiri dari kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas F sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi, lembar kepraktisan, lembar keterbacaan web-LKPD IPA, lembar observasi rasa ingin tahu, dan tes kemampuan pemecahan masalah. Uji coba lapangan utama dilakukan menggunakan metode eksperimen semu dengan pretest-posttest control group design. Efektifitas produk dianalisis menggunakan multivariate analysis of variance (MANOVA) dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa web-LKPD IPA terintegrasi sumber belajar lokal berbasis CTL valid digunakan dalam pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan dan termasuk kategori sangat baik. Pembelajaran IPA menggunakan web-LKPD IPA terintegrasi sumber belajar lokal berbasis CTL tersebut efektif dalam meningkatkan rasa ingin tahu dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Rasa ingin tahu dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik setelah mengalami peningkatan dalam kategori peningkatan sedang. Kata Kunci: CTL, kemampuan pemecahan masalah, rasa ingin tahu, sumber belajar lokal, web-LKPD IPA}, url = {http://eprints.uny.ac.id/66378/} }