%T Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Service Learning untuk Meningkatkan Reflective Thinking dan Environment Literacy Peserta Didik SMP %D 2019 %I Program Pascasarjana %L UNY66370 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan terhadap penggunaan perangkat pembelajaran IPA berbasis service learning untuk meningkatkan reflective thinking dan environment literacy. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE yang terdiri dari Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik SMP Negeri 1 Mlati. Sampel dalam penelitian adalah 32 peserta didik kelas VIII C sebagai kelas kontrol dan 32 peserta didik kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran berbasis service learning. Teknik pengumpulan data melalui tes dan nontes. Desain eksperimen yang digunakan yaitu pretest-posttest control group desain. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi produk, lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar respon peserta didik, soal kemampuan reflective thinking dan environment literacy. Keefektifan perangkat pembelajaran IPA berbasis service learning dianalisis berdasarkan gain score. Signifikansi multivariate dianalisis dengan MANOVA Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran IPA berbasis service learning yang dikembangkan valid dalam kategori sangat baik. Perangkat pembelajaran IPA berbasis service learning hasil pengembangan praktis digunakan. Perangkat pembelajaran IPA berbasis service learning efektif untuk meningkatkan kemampuan reflective thinking dan environment literacy. %A Yudist Prasetyo Rahmat %A Insih Wilujeng %K environment literacy, perangkat pembelajaran IPA, reflective thinking, service learning