TY - THES A1 - Rahmat, Yudist Prasetyo A1 - Wilujeng, Insih PB - Program Pascasarjana N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan terhadap penggunaan perangkat pembelajaran IPA berbasis service learning untuk meningkatkan reflective thinking dan environment literacy. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE yang terdiri dari Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik SMP Negeri 1 Mlati. Sampel dalam penelitian adalah 32 peserta didik kelas VIII C sebagai kelas kontrol dan 32 peserta didik kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran berbasis service learning. Teknik pengumpulan data melalui tes dan nontes. Desain eksperimen yang digunakan yaitu pretest-posttest control group desain. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi produk, lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar respon peserta didik, soal kemampuan reflective thinking dan environment literacy. Keefektifan perangkat pembelajaran IPA berbasis service learning dianalisis berdasarkan gain score. Signifikansi multivariate dianalisis dengan MANOVA Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran IPA berbasis service learning yang dikembangkan valid dalam kategori sangat baik. Perangkat pembelajaran IPA berbasis service learning hasil pengembangan praktis digunakan. Perangkat pembelajaran IPA berbasis service learning efektif untuk meningkatkan kemampuan reflective thinking dan environment literacy. Y1 - 2019/07/12/ UR - http://eprints.uny.ac.id/66370/ AV - public TI - Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Service Learning untuk Meningkatkan Reflective Thinking dan Environment Literacy Peserta Didik SMP KW - environment literacy KW - perangkat pembelajaran IPA KW - reflective thinking KW - service learning M1 - tesis ID - UNY66370 ER -