<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI KEHUMASAN BERBASIS CHATBOT “UNYSA (UNY SMART ASSISTANT)” SEBAGAI LAYANAN INFORMASI SEPUTAR KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA"^^ . "Peran Humas dalam Perguruan Tinggi diantaranya adalah melakukan\r\nsosialisasi dan berinteraksi dengan publiknya. Beberapa permasalahan dalam\r\npelayanan Humas UNY di antaranya adalah kurangnya ketepatan waktu dan\r\nefisiensi dalam menjawab pertanyaan, serta banyak pertanyaan diluar kewenangan\r\nhumas, sehingga tidak dapat direspon dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk\r\n(1) mengembangkan media komunikasi kehumasan berbasis chatbot yang mampu\r\nmengatasi keterbatasan pelayanan dalam berinteraksi dan memberikan informasi\r\nseputar kampus UNY kepada publiknya, (2) menjamin kualitas perangkat lunak\r\nyang dikembangkan dengan model ISO/IEC 25010.\r\nMetode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D)\r\ndengan model pengembangan software Agile:Scrum yang melakukan perulangan\r\nbertahap terhadap Software Development Life Cycle (SDLC) yaitu planning,\r\nanalysis & design, development, testing, dan deployment. Pengujian menggunakan\r\nstandar ISO/IEC 25010 pada karakteristik functional suitability, performance\r\nefficiency, portability, usability, reliability, dan maintainability.\r\nHasil dari penelitian ini adalah: (1) media komunikasi kehumasan berbasis\r\nchatbot bernama UNYSA sebagai layanan informasi seputar kampus UNY, (2)\r\nUNYSA telah memenuhi standar kualitas ISO/IEC 25010 pada karakteristik\r\nfunctional suitability: ahli pengembangan software sebesar 0,86 (sebagian besar\r\nfitur berhasil diimplementasikan), validasi materi sebesar 98,82% (Sangat Layak),\r\nUAT sebesar 83,95% (Sangat Baik); performance efficiency memiliki response\r\nlatency sebesar 15 ms (lebih cepat dibandingkan kecepatan standar: 2 s); portability\r\nsebesar 100% (mendukung seluruh frontend apps yang direncanakan); usability\r\nsebesar 83,81% (Sangat Layak), nilai cronbach’s alpha sebesar 0,92 (Excellent);\r\nreliability sebesar 92% (Sangat Layak), dan maintainability dengan maintainability\r\nindex sebesar 83,21 (sangat mudah dirawat), cyclomatic complexity sebesar 3,25\r\n(program beresiko rendah)."^^ . "2019-09-23" . . . . . . . . . . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "Andri"^^ . "Muhyidin"^^ . "Andri Muhyidin"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI KEHUMASAN BERBASIS CHATBOT “UNYSA (UNY SMART ASSISTANT)” SEBAGAI LAYANAN INFORMASI SEPUTAR KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "Cover-Revisi.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI KEHUMASAN BERBASIS CHATBOT “UNYSA (UNY SMART ASSISTANT)” SEBAGAI LAYANAN INFORMASI SEPUTAR KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "Abstrak.pdf_1"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI KEHUMASAN BERBASIS CHATBOT “UNYSA (UNY SMART ASSISTANT)” SEBAGAI LAYANAN INFORMASI SEPUTAR KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "BAB I.pdf_1"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI KEHUMASAN BERBASIS CHATBOT “UNYSA (UNY SMART ASSISTANT)” SEBAGAI LAYANAN INFORMASI SEPUTAR KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "BAB II.pdf_1"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI KEHUMASAN BERBASIS CHATBOT “UNYSA (UNY SMART ASSISTANT)” SEBAGAI LAYANAN INFORMASI SEPUTAR KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "BAB III.pdf_1"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI KEHUMASAN BERBASIS CHATBOT “UNYSA (UNY SMART ASSISTANT)” SEBAGAI LAYANAN INFORMASI SEPUTAR KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "BAB IV.pdf_1"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI KEHUMASAN BERBASIS CHATBOT “UNYSA (UNY SMART ASSISTANT)” SEBAGAI LAYANAN INFORMASI SEPUTAR KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "BAB V.pdf_1"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI KEHUMASAN BERBASIS CHATBOT “UNYSA (UNY SMART ASSISTANT)” SEBAGAI LAYANAN INFORMASI SEPUTAR KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "Daftar Pustaka.pdf_1"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI KEHUMASAN BERBASIS CHATBOT “UNYSA (UNY SMART ASSISTANT)” SEBAGAI LAYANAN INFORMASI SEPUTAR KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "Lampiran.pdf_1"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI KEHUMASAN BERBASIS CHATBOT “UNYSA (UNY SMART ASSISTANT)” SEBAGAI LAYANAN INFORMASI SEPUTAR KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI KEHUMASAN BERBASIS CHATBOT “UNYSA (UNY SMART ASSISTANT)” SEBAGAI LAYANAN INFORMASI SEPUTAR KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI KEHUMASAN BERBASIS CHATBOT “UNYSA (UNY SMART ASSISTANT)” SEBAGAI LAYANAN INFORMASI SEPUTAR KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI KEHUMASAN BERBASIS CHATBOT “UNYSA (UNY SMART ASSISTANT)” SEBAGAI LAYANAN INFORMASI SEPUTAR KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI KEHUMASAN BERBASIS CHATBOT “UNYSA (UNY SMART ASSISTANT)” SEBAGAI LAYANAN INFORMASI SEPUTAR KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #66367 \n\nPENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI KEHUMASAN BERBASIS CHATBOT “UNYSA (UNY SMART ASSISTANT)” SEBAGAI LAYANAN INFORMASI SEPUTAR KAMPUS UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Teknik Informatika" . .