%0 Thesis %9 S2 %A Wibowo, Eko Wahyu %A Mumpuniarti, Mumpuniarti %B Pendidikan Luar Biasa %D 2019 %F UNY:66353 %I Program Pascasarjana %K Inkuiri, Prestasi Akademik, Interaksi Sosial, ADHD %T Pengaruh Metode Inkuiri Terhadap Prestasi Akademik dan Interaksi Sosial Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder Di Sekolah Inklusif. %U http://eprints.uny.ac.id/66353/ %X Tujuan penelitian ini untuk menguji adanya pengaruh pada prestasi akademik dan interaksi sosial anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) menggunakan metode inkuiri. Pengaruh tersebut ditunjukkan oleh hasil yang dicapai pada masing-masing siswa setelah diberikan perlakuan. Pendekatan inkuiri ini diaplikasikan pada pembelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas 4 tingkat Sekolah Dasar Inklusif dengan mengacu pada kurikulum KTSP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode quasi ekperiment. Desain eksperimen yang digunakan yaitu experimental designs, dengan bentuk desain berupa one group pretest and posttest. Teknik penentuan subjek yaitu dengan menggunakan teknik populasi sampel seluruh siswa kelas 4 Sekolah Dasar Tumbuh. Adapun jumlah keseluruhan siswa di kelas adalah sebanyak 20 siswa, namun di dalam kelas tersebut terdapat 3 siswa dengan hambatan ADHD. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan metode tes, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa metode inkuiri dapat berpengaruh terhadap prestasi akademik dan interaksi sosial anak ADHD di sekolah dasar inklusif. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perubahan skor pada kemampuan akademik sebesar 90% dan kemampuan interaksi sosial sebesar 80,53%. Selama perlakuan dengan menggunakan metode inkuiri anak ADHD mampu memahami materi pembelajaran yang disampaikan saat di kelas, anak ADHD juga memperlihatkan sikap antusias tinggi, aktif, dan serius dalam mengikuti pembelajaran di Sekolah Dasar inklusif.