eprintid: 66349 rev_number: 18 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/06/63/49 datestamp: 2019-10-24 07:26:31 lastmod: 2019-10-24 07:26:31 status_changed: 2019-10-24 07:26:31 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Swandari, Dian Ngesti creators_name: Mumpuniarti, Mumpuniarti title: Pengembangan Buku Pegangan Tata Krama Anak Autis Berbasis Teori Pembelajaran Observasional Bagi Orang Tua. ispublished: pub subjects: pend_luar_biasa divisions: pps_plb full_text_status: public keywords: buku pegangan, tata krama, pembelajaran observasional abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku pegangan bagi orang tua tentang latihan tata krama bagi pengembangan perilaku sosial anak autis melalui pembelajaran observasional sehingga memudahkan orang tua dalam melatih tata krama untuk anak autis. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE yang memiliki lima langkah penelitian yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Penelitian dilakukan di SLB Autis Lentera Harapan Klaten dengan jumlah subyek enam orang tua dari anak autis yang tidak memiliki hambatan bicara yang dibagi dalam subyek uji coba dan subyek uji efektifitas. Penilaian kelayakan dilakukan oleh dua orang ahli materi dan dua orang ahli media. Uji efektifitas dilakukan dengan membandingkan nilai pre-test dan nilai post-test setelah subyek menggunakan produk buku pegangan yang dikembangkan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara, kuesioner dan tes pilihan ganda. Hasil yang diperoleh yaitu 1) kelayakan produk dinilai oleh ahli materi I sebesar 4,17 (baik), ahli materi II sebesar 4,45 (sangat baik), ahli media I sebesar 4,81 (sangat baik), ahli media II sebesar 3,98 (baik) , 2) keefektifan produk berdasar analisis pre-test dan post-test mengalami peningkatan sebesar 22,72% dengan nilai pre-test sebesar 45,45% dan nilai post-test sebesar 68,17%. Berdasar hasil penelitian tersebut maka produk buku pegangan yang dikembangkan dinyatakan layak dan efektif untuk melatih tata krama bagi anak autis date: 2019-07-10 date_type: published institution: Program Pascasarjana department: Pendidikan Luar Biasa thesis_type: tesis referencetext: Anggriani, T. M., Kadafi, A., & Trisnani, R. P. (2018). “Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Autis Melalui Teknik Shaping”. JurnalFokus Konseling, Volume 4 No. 2 (2018). DOI : https://doi.org/10.26638/jfk.505.2099 Anthony, M. (2012). “Politeness Counts”. Scholastic Parent & Child, Vol. 19, Issue 9, 66 – 67. EBSCOhust Antoro, D. S. (2010). Pembudayaan Sikap Sopan Santun Di Rumah dan Di Sekolah. Jurnal Pendidikan. Yogyakarta : Universitas Terbuka Atmaja, J. R. (2018). Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Anwar, C. (2017). Teori-Teori Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD Bandura, A. (1963). “The Role of Imitation In Personality Development”. The Journal of Nursery Education, Vol. 18, No. 3 (April 1963) Bandura, A. (1974). “Behavior Theory and the Models of Man”. American Psychologist. (Desember 1974) Bertens, K. (2013). Etika. Yogyakarta: Kanisius Branch, R. M. (2009). Instructional Design : The ADDIE Approach. New York : Springer Brooks, J. (2011). The Process of Parenting. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Cartledge, G., & Milburn, J. F. (1995). Teaching Social Skills To Children And Youth. Massachusettes: Allyn and Bacon Chamidah, A. N., & Pertiwi, K. R. (2017). Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: UNY Press Christie, P., Newson, E., Prevezer, W., & Chandler, S (2009). Langkah Awal Berinteraksi Dengan Autis. Jakarta : PT Gramedia 117 Cotugno, A. (2009). Group Intervention For Children With Autism Spectrum Disorder. London: Jessica Kingsley Publisher D‟Amco, M., & Lalonde, C. (2017), “The Effectiveness Of Art Therapy For Teaching Social Skills To Children With Autism Spectrum Disorder”. Journal of the American Art Therapy Association Volume 34, 2017 – issue 4. doi.org/10.1080/07421656.2017.1384678 Delphie, B. (2009). Pendidikan Anak Autistik. Sleman: KTSP Dediknas (Tim Broad Based Education). (2002). Kecakapan Hidup ; Melalui Pendekatan Pendidikan Berbasis Luas. Surabaya : Penerbit SIC Desiningrum, D. R. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosain Desmita. (2015). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Diahwati, R., Hariyono., Hanurawan, F. (2016). “Ketrampilan Sosial Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Inklusi”. Jurnal Pendidikan. Teori, Penelitian dan Pengembangan, Vol. 1, No. 8, Agustus 2016 Dowd, T., & Tierney, J. (2005). Teaching Social Skill To Youth Edition. NE: Boys Town Press Dunlap, L. L. (2009). An Introduction To Early Childhood Special Education. Pearson Education, Inc., Upper Saddle River, New Jersey Feist, J., & Feist, G. J. (2011). Teori Kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika Graha, C. (2008). Keberhasilan Anak di Tangan Orang Tua. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia Gresham, F. M., & Elliot, S. N. (1990 ). Social Skills Rating System ( Online ), http://overlake.virtual-space.net/SLP/SSRS_locked.pdf ) Gresham, F. M. (2016). “Social Skills Assessment and Intervention for Children and Youth. Cambridge Journal of Education, v46 n3 p319-332 2016 Hadis, A. (2006). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus-Autistik. Bandung: Alfabeta 118 Hake, R.R. (1998). Interactive Engagement Versus Traditional Methods : A Six- Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Course. Am. J. Phys. Vol. 66, No. 1, January, 1998. http://web.mit.edu/rsi/www/2005/misc/minipaper/papers/Hake.pdf. Diakses pada 16 Juli 2018. Handini, M. C., & Tim. (2016). Orang Tua Istimewa Yang Luar Biasa. Makasar: Edukasi Mitra Grafika Hartono. (2007). Sopan santun dalam Pergaulan. Bandung : CV Armico Helle,S., Ninnes, C., K. Ninnes, S., & Lawson, D. (2016). “Teaching Social Skills To Students With Autism : A Video Modeling School Teories Approach”. Behavior And Social Issues; Chicago vol. 25, (2016) : 42 – 63. DOI : 10.5210/bsi.v.25i0.6186 Helmawati. (2016). Pendidik Sebagai Model. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Hergenhahn, B. R., & Olson, H. M. ( 2015 ). Theories Of Learning. Jakarta: Prenamedia Group Hogan, W., K., Hogan. K and The Option Institute & Fellowship. (2007). The Son- Rise Program: Developmental Model. USA: Autism Treatment Centre https://kbbi.web.id/pegangan. (diakses pada 4 Agustus 2018) https://kbbi.web.id/sopan. (diakses pada 4 Agustus 2018) https://kbbi.web.id/tata. (diakses pada 4 Agustus 2018) Ibung, D. (2009). Mengembangkan Nilai Moral Pada Anak. Bandung : Alfabeta Irham, M., & Wiyani, N. A. (2014). Psikologi Pendidikan : Teori Dan Aplikasi Dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ) Online. https://kkbi.web.id Katz, W.A. (2002). Introduction to Reference Work. Volume 1 Basic Information Services, 8th edition. New York : Mc Graw-Hill Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada 119 Komalasari, G., Wahyuni, E., & Karsih. (2011). Teori Dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks Laugeson, E., Gantman, A., Kapp, S., Orenski, K., Elingsen, R (2015). “A Randomized Controlled Trial To Improve Skills In young Adults With Autism Spectrum Disorders : The UCLA PEERS Program”. Journal of Autism & Developmental Disorders, Dec 2015, Vol. 45 issue 12, p 3978 – 3989. DOI : 10.1007/s10803-015-2504-8 Leaf, B.J., Leaf, A.J., Milne, C., Taubman, M., Leaf, O.M., Torres, N., Cochran, T.D., Leaf, R., McFachin, J., Yoder, P., Autism Partnership Foundation (2015). “An Evaluation of a Behaviorally Based Social Skills Group for Individuals Diagnosed with Autism Spectrum Disorder”. Journal Autism Disorder. DOI 10.1007/s 10803-016-2949-4 Leaf, B.J., Taubman, M., Bloomfield, S.,Rafuse, P.L., Leaf, R., McEachin, J., Oppenheim, L.M (2009). “Increasing Social Skills and Prosocial Behavior For Three Children Diagnosed With Autism through The Use of A teaching Package”. Research in Autism Spectrum Disorder. DOI : 10.1016/j.rasd.2008.07.083 Lickona, T. (2013). Educating for Character : How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Jakarta : Bumi aksara Lordo, N.D., Bertolin, M., Sudikoff, L.E., Keith, C., Braddock, B., Kaufman, A.S.D (2017). “Parents Perceive Improvements In Socio-Emotional Function In Adolescents With ASD Following Social Skills Treatment”. Journal of Autism and Developmental Disorders ; New York Vol.47, Issues (Jan 2017) : 203 – 214. DOI : 10.1007/s10803-016-2969-0 Mangunsong, F., & Wahyuni, C. (2018). “Keterlibatan Orang Tua Terhadap Keterampilan Sosial Siswa Berkebutuhan Khusus Di SD Inklusif”. Jurnal Psikologi Volume 45, Nomor 3, 2018: 167-180. DOI: 10. 22146/jpsi.32341 Maryani, E. (2011). Pengembangan Program Pembelajaran IPS Untuk Peningkatan Keterampilan Sosial. Bandung: Alfabeta Maulana, M. (2012). Anak Autis : Mendidik Anak Autis dan Gangguan Mental Lain Menuju Anak Cerdas dan Sehat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Mulyatiningsih, E. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung : Alfabeta Mustari, M. (2014). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Perkasa 120 Nugraheni, S. A. (2008). Sekilas Tentang Belantara Autisme. Semarang: Pustaka Zaman Oetomo, H. (2012). Pedoman Dasar Pendidikan Budi Pekerti. Jakarta : PT Prestasi Pustakaraya Okada, Shingo., Ohtake, Yoshihisa., Yanogihara, Masafumi (2010). “Effect Of Perspective Sentences In Social Story On Improving The Adaptive Behavior Of Student With Autism Spectrum Disorder And Reklated Disabilities”. Journal Of Disability, Development And Education, Vol. 57, No. 2, June 2010, 207 – 219. EBSCOhust, DOI : 10. 1080/10349121003750927 Pamuji. (2007). Model Terapi Terpadu Bagi Anak Autis. Jakarta: Dirjen Dikti Peeters, T. (2012). Pegangan Autisme Terlengkap. Jakarta: PT Dian Rakyat Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008 Pasal 1 Tentang Buku Pegangan Pervin, L. A., Carvone, D., & John, O. P. (2012). Psikologi Kepribadian Teori Dan Penelitian. Jakarta: Kencana Pribadi, B.A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : PT Dian Rakyat Purwanta, E. (2015). Modifikasi Perilaku. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Rahayuningsih. (2007). Pengelolaan Perpustakaan. Yogyakarta : Graha Ilmu Rizki, A. M. (2017). “Profil Keterampilan sosial Anak Autistik Di Sekolah Penyelenggara Program Inklusi (SPPI) Kota Yogyakarta”. Jurnal Widia Ortodidaktika Vol. 6 No. 2 Tahun 2017 Rusyan, T. (2012). Membangun Disiplin Karakter Anak Bangsa. Jakarta: Pustaka Dinamika Santrock. J. W. (2002). Life-Span Development. Jakarta: Penerbit Erlangga Santrock, J. W. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika Schunk, H. D. (2012). Teori-Teori Pembelajaran : Perspektif Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar 121 Setyaningrum, Rosiana, A., & Alfijanah. (2018). “Hubungan Dukungan Sosial Dengan Kemampuan Sosialisasi Anak Autisme Di Yayasan Pondok Pesantern Anak Berkebutuhan Khusus Al Achsaniyyah Kudus Tahun 2017”. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Vol. 9 No. 1 (2018) 44-50 Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta Smith, D. D., & Tyler, N. C. (2010). Introduction to Special Education. United Stated of America: Pearson Sugihartono, Fathiyah. K. N., Harahap, F., Setiawati, F. A., & Nurhayati, S. R. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta Suharsiwi (2015). “Pengembangan Model Pembelajaran Ketrampilan Sosial Anak Autis Di TK B”. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI – Vol. 10, No. 1, Juni 2015 Sukardi. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Sunarti, E. (2004). Mengasuh dengan Hati. Jakarta: Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia Sunu, C. (2017). Unlocking Autism. Yogyakarta: Lintang Terbit Supriyanti. (2008). Sopan Santun Dalam Pergaulan Sehari-hari. Semarang : Ghyyas Putra Surna, N. I., & Pandeirot, P. O (2014). Psikologi Pendidikan 1. Jakarta: Erlangga Surya, M. (2014). Psikologi Guru Konsep Dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta Suryaningsih, Y., Andri, W. T., Rachmawati, D. S (2015). “ Pengaruh Latihan Ketrampilan Sosial Dan Psikoedukasi Keluarga Terhadap Peningkatan Kemampuan Sosialisasi Anak Autis Usia Sekolah ( 9-12 tahun ) di SLB Kabupaten Jember”. The Indonesian Journal of Health Science, Vol. 5, No. 2, Juni 2015 Sutadi, R. (2011). A – Z Tentang Autisme. Jakarta: CV Anak Spesial Mandiri 122 Syah, M. (2014). Psikologi Pendidikan : Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Tarigan, H. G., & Tarigan, D. (2009). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa Wahyu, R. (2016). “The Role Of Parents To Handle Children Autism ( Case study of 4 children autism family in Pekanbaru ). JOM FISIP Vol. 3 No. 1- Februari 2016 Wahyudi, D., & Arsana, I M. (2014). “Peran Keluarga Dalam membina Sopan Santun Anak Di Desa Galis Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan”. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Nomor 2 Volume 1 Tahun 2014, halaman 290-304 Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar Yuwono, J. (2012). Memahami Anak Autistik : Kajian Teoritik dan Empirik. Bandung: Alfabeta citation: Swandari, Dian Ngesti and Mumpuniarti, Mumpuniarti (2019) Pengembangan Buku Pegangan Tata Krama Anak Autis Berbasis Teori Pembelajaran Observasional Bagi Orang Tua. S2 thesis, Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/66349/3/COVER.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66349/4/BAB%20I.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66349/2/BAB%20II.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66349/4/BAB%20III.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66349/1/BAB%20IV.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66349/5/BAB%20V.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66349/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66349/6/LAMPIRAN.pdf