%0 Thesis %9 S2 %A Nugraha, Arif Kusuma %A Mumpuniarti, Mumpuniarti %B Pendidikan Luar Biasa %D 2019 %F UNY:66347 %I Program Pascasarjana %K anak hambatan intelektual ringan, keterampilan pertanian, transisi pasca sekolah, sekolah luar biasa %T Evaluasi Program Keterampilan Pertanian Bagi Anak Hambatan Intelektual Ringan Sebagai Transisi Pasca Sekolah di Sekolah Luar Biasa Negeri Baturaja. %U http://eprints.uny.ac.id/66347/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi: (1) aspek context, (2) aspek input, (3) aspek process, dan (4) aspek product dalam program keterampilan pertanian bagi anak hambatan intelektual sebagai transisi pasca sekolah di Sekolah Luar Biasa Negeri Baturaja. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluasi. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model CIPP (context, input, process, product). Penelitian dilaksanakan di Sekolah Luar Biasa Negeri Baturaja. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, pendidik, peserta didik, pengawas, komite sekolah, dan orang tua. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, obeservasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek context, input, process, dan product sudah sesuai dengan kriteria dalam program keterampilan pertanian sebagai transisi pasca sekolah. (1) Aspek context menunjukkan bahwa kepala sekolah mampu menganalisis kebutuhan, SDM dan mengelola sarana prasarana, pendidik mampu menjadi pengamat, pendiagnosa, dan berkompeten dibidangnya, sumber dan fasilitator, membimbing, mengarahkan serta memotivasi perserta didik, pengawas sudah memantau kinerja dan membimbing kepala sekolah dan pendidik, komite sekolah sudah memberikan dukungan dan saran, orang tua sudah ikut terlibat dalam pelaksanaan kegiatan. (2) Aspek input menunjukkan bahwa hasil asesmen digunakan untuk menentukan minat, bakat, kemampuan dan mengakomodasi kebutuhan peserta didik dalam mencapai kemandirian serta sarana prasarana yang tersedia sesuai dengan standar pelayanan minimal. (3) Aspek process menunjukkan adanya standar operasional prosedur (SOP), RPP, analisis tugas, evaluasi, pembelajaran menekankan kepada keterampilan vokasional, sosial, akademik fungsional, dan pemecahan masalah dan bekerjasama dengan DUDI dalam memasarkan hasil/produk. (4) Aspek product menunjukkan bahwa peserta didik mampu mencapai kemandirian dan keterampilan serta memiliki kemampuan bekerja sebagai bekal kemandirian pasca sekolah.