@phdthesis{UNY66320, school = {Program Pascasarjana}, year = {2019}, month = {September}, title = {Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis In q uir y Training Untuk Meningkatkan Capaian Belajar Aute ntik Siswa SMP Negeri 1 Kota Ternate}, author = {Asri S Tamalene and Insih Wilujeng}, url = {http://eprints.uny.ac.id/66320/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui ke validan modul pembelajaran IPA berbasis in q uir y training materi ?Interaksi Makhluk Hidup de ngan Lingkungannya? untuk pembelajaran IPA kelas VII SMP Negeri 1 Kota Ternate, (2) mengetahui kepraktiasan modul pembelajaran IPA berbasis in q uir y training materi ?Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya? u ntuk pembelajaran IPA kelas VII SMP Negeri 1 Kota Ternate , dan (3 ) mengetahui keefektifan modul pembelajaran IPA berbasis in q uir y training materi ?Interaksi Mak hluk Hidup dengan Lingkungan? u ntuk meningkatkan capaian belajar autentik siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Ternate . Penelitian ini meng gunakan metode penelitian pengembangan dengan mengadopsi model 4D yang meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara (1) lembar validasi , yang digunakan untuk me ndapatkan data tentang kevalidan modul dari ahli materi dan ahli media, (2) angket respon siswa dan guru , yang digunakan untuk mendapatkan data kepraktisan modul , (3) soal tes, digunakan untuk mengetahui keefektifan modul dan (4) lembar observasi, digunakan untuk mengukur kemampuan psikomotori k dan afektif siswa saat proses pembelajaran . Ke validan modul oleh ahli dianalisis secara kualita tif dengan skala lima kategori, kepraktisan modul oleh siswa dianalisis secara kualitatif dengan dua al ternatif jawaban yaitu jawaban Ya / Tidak, sedangkan kepr aktisan modul oleh guru dianalis secara kualitatif dengan skala lima kategori, dan keefektifan modul dianalisis menggunakan uji t dengan bantuan program PSS 20 paired sample t test . Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) modul pembelajaran IPA berbasis i nquiry training materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya dinyatakan ? sangat valid ? berdasarkan h asil validasi yang diperoleh dari ahli materi dan ahli media, (2) modul pembelajaran IPA berbasis inquiry training materi interaksi makhluk hidup den gan lingkungannya dinyatakan ? sangat praktis ? digunakan sebagai bahan ajar berdasarkan h asil respon siswa dan guru, (3 ) m odul pembelajaran IPA berbasis inquiry training materi ? interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya ? dinyatakan efektif meningkatkan c apaian belajar autentik ranah kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Ternate dengan nilai signifikansi {\ensuremath{<}} 0,005 . U ntuk ranah sikap , rata - rata si kap siwa berada pada kategori ? sangat baik ? dengan p redikat A. Sedangkan untuk ranah psikomotorik, rata - rat a siswa berada pada ketegori ? sangat baik ? dengan predikat A. Kata Kunci: modul, pembelajaran IPA, inquiry training, capaian belajar autentik} }