eprintid: 66294 rev_number: 22 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/06/62/94 datestamp: 2019-10-23 04:36:23 lastmod: 2019-10-23 04:36:23 status_changed: 2019-10-23 04:36:23 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ferty, Zera Nadiah creators_name: Suparno, Suparno title: Pengembangan Interactive Physics Mobile Learning Media Berbasis Android dengan Pendekatan Scaffolding untuk Meningkatkan HOTS dan Sikap Ilmiah Siswa SMA. ispublished: pub subjects: F2 divisions: pps_fisika full_text_status: public keywords: interactive physics mobile learning media, android, pendekatan scaffolding, HOTS, sikap ilmiah. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui kelayakan media IPMLM berbasis android dengan pendekatan Scaffolding dalam upaya meningkatkan HOTS dan sikap ilmiah siswa SMA dan (2) mengetahui efektifitas pengembangan media IPMLM berbasis android dengan pendekatan Scaffolding untuk meningkatkan HOTS dan sikap ilmiah siswa SMA. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall dengan tahapan : (1) Pengumpulan informasi, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan produk, (4) Validasi produk, (5) Evaluasi produk, (6) Diseminasi. Validasi produk dilakukan oleh dosen ahli instrumen, dosen ahli materi, dosen ahli media dan guru fisika. Subjek uji empiris dalam penelitian ini 300 siswa kelas XI di empat sekolah kota Bengkulu. Subjek uji coba terbatas adalah 30 orang siswa kelas XI MIA 1 SMAN 2 Kota Bengkulu. Subjek uji coba luas adalah 90 orang siswa kelas eksperimen dan 90 orang siswa kelas kontrol di tiga sekolah yaitu SMAN 4 Kota Bengkulu, SMAN 7 Kota Bengkulu dan SMAN 10 Kota Bengkulu. Masing-masing sekolah diambil sampel 30 orang siswa kelas eksperimen dan 30 orang siswa kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes berupa soal pilihan ganda beralasan tertutup digunakan untuk mengukur kemampuan Higher Order Thinking Skills sedangkan teknik non tes berupa lembar observasi dan angket respon digunakan untuk mengukur sikap ilmiah dan keterbacaan media yang dikembangkan. Analisis data menggunakan analisis Quest, Parscale, uji Anava Mixed Methode dan nilai effect size. Produk Interactive Physics Mobile Learning Media (IPMLM) yang dihasilkan berupa aplikasi android dengan pendekatan Scaffolding dalam penerapan pembelajaran. Hasil validasi dari dosen ahli dan guru fisika menunjukkan bahwa media IPMLM layak digunakan dalam penelitian. Penggunaan media dalam pembelajaran menggunakan pendekatan Scaffolding mampu untuk meningkatkan kemampuan Higher Order Thinking Skills dan sikap ilmiah siswa. Hasil ini dapat dilihat dari grafik peningkatan HOTS dan sikap ilmiah kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Pengembangan media IPMLM berpengaruh sedang terhadap peningkatan HOTS dan sikap ilmiah siswa. Hasil ini dapat dilihat dari hasil Cohen’s f dimana nilai Cohen’s f untuk varibel HOTS sebesar 0,11 yang termasuk dalam kategori medium effect size dan nilai Cohen’s f untuk varibel sikap ilmiah sebesar 0,21 yang termasuk dalam kategori medium effect size. date: 2019-07-05 date_type: published institution: Program Pascasarjana department: Pendidikan Fisika thesis_type: tesis referencetext: Adi, N. P., & Kurniawan, Y. (2018). Meningkatkan Higher Order Thinking Skill Dan Sikap Terbuka Melalui Media Pembelajaran Android. Journal Of Komodo Science Education, 1(01), 79-94. Anisa, D. N., Masykuri, M., & Yamtinah, S. (2013). Pengaruh model pembelajaran POE (Predict, Observe, and Explanation) dan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar siswa pada materi asam, basa dan garam kelas VII semester 1 SMP N 1 Jaten tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 16-23. Astuti, R., Sunarno, W., & Sudarisman, S. (2012). Pembelajaran IPA dengan pendekatan keterampilan proses sains menggunakan metode eksperimen bebas termodifikasi dan eksperimen terbimbing ditinjau dari sikap ilmiah dan motivasi belajar siswa. Universitas Sebelas Maret, 51-59. DOI : Barak, M., & Dori, Y. J. (2009). Enhancing higher order thinking skills among inservice science teachers via embedded assessment. Journal of Science Teacher Education, 20(5), 459-474. DOI : https://doi.org/10.1007/s10972-009-9141-z Belland, B. R. (2017). Instructional scaffolding in STEM education. Cham, Switzerland: Springer International. 141 Budiman, A., & Jailani, J. (2014). Pengembangan instrumen asesmen higher order thinking skill (HOTS) pada mata pelajaran matematika SMP kelas VIII semester 1. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 139-151. DOI : https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2671 https://doi.org/10.1016/j.chb.2010.07.032 Darmawan D. (2014). Pengembangan e-Learning Teori dan Desain. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. DeSchryver. (2016). Using the Web as a Higher Order Thinking Partner: Case Study of an Advanced Learner Creatively Synthesizing Knowledge on the Web. Journal of Educational Computing, 55(2), 240-271. DOI : https://doi.org/10.1177%2F0735633116667356 Dimyati, Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. DOI : https://doi.org/10.2190%2FQ58T-4388-8015-8141 Caballé, S., Daradoumis, T., Xhafa, F., & Juan, A. (2011). Providing effective feedback, monitoring and evaluation to on-line collaborative learning discussions. Computers in Human Behavior, 27(4), 1372-1381. DOI: Cottrell, S. (2017). Critical thinking skills: Effective analysis, argument and reflection. Macmillan International Higher Education. Doering, A., & Veletsianos, G. (2007). Multi-scaffolding environment: An analysis of scaffolding and its impact on cognitive load and problem- solving ability. Journal of Educational Computing Research, 37(2), 107- 129. Dinni, H. N. (2018, February). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 170-176). Eggen, P. D., & Kauchak, D. P. (2006). Strategies and models for teachers: Teaching content and thinking skills. Boston, MA: Pearson/Allyn and Bacon. Ellis, B. (2014). Real-time analytics: Techniques to analyze and visualize streaming data. John Wiley & Sons Gasong D. (2007). Model Pembelajaran Konstruktivistik Sebagai Alternatif Mengatasi Masalah Pembelajaran. Tersedia : www.muhfida.com/konstruktivistik.doc (diunduh Desember 2018) Gibbons, P. (2015). Scaffolding language, scaffolding learning Second Edition. Portsmouth, NH: Heinemann. 142 Gunada, I. W., Sahidu, H., & Sutrio, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 38-46. DOI: http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v1i1.233 Hake R. (1999). Analyzing Change/Gain Score. [online]. Tersedia : http://www.physics.indiana.edu/~sdi/Analyzingchange-Gain.pdf. Hanafi, H. F., & Samsudin, K. (2012). Mobile learning environment system (MLES): the case of Android-based learning application on undergraduates' learning. arXiv preprint arXiv:1204.1839. Handayani, I. D. A. T., Karyasa D. R. N. I. W., Suardana, D. I. N., & Si, M. (2015). Komparasi peningkatan pemahaman konsep dan sikap ilmiah siswa SMA yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 5(1). Hasmidyani, D. (2016). PENDEKATAN SCAFFOLDING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 3(1), 87-100. e-ISSN: 2620-8504 p-ISSN: 2355-7176 Hayat, M. S. (2011). Pembelajaran berbasis praktikum pada konsep invertebrata untuk pengembangan sikap ilmiah siswa.Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi, 1(2, Oktober). Hercy H et al. (2015). Scaffold Seeking : A Reverse Design of Scaffolding in Computer-Supported Word Problem Solving. Journal of Educational Computing, 409-435. DOI : https://doi.org/10.1177%2F0735633115601598 Istikomah H, Hendratto, Bambang S. (2010). Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Menumbuhkan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 40-43. DOI : https://doi.org/10.15294/jpfi.v6i1.1101 https://doi.org/10.21831/pep.v18i1.2120 Hoisington, C. (2013). Microsoft Visual Basic 2012 for Windows, Web, Office, and Database Applications: Comprehensive. Cengage Learning. Istiyono, E., Mardapi, D., & Suparno, S. (2014). Pengembangan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika (pysthots) peserta didik SMA.Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 18(1), 1-12. DOI : Iversen, J., & Eierman, M. (2014). Learning mobile app development: A hands-on guide to building apps with iOS and Android. Pearson Education. 143 John Butterworth and Geoff Thwaites., Bean, J. C. (2011). Engaging ideas: The professor's guide to integrating writing, critical thinking, and active learning in the classroom. John Wiley & Sons. Kemble E. (1966). Physical Science, its structure and development. Messachusetts: The M.I.T Press. Kemdikbud. (2014). Modul Pelatihan Guru: Imple- mentasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Sosiologi SMA/ SMK Tahun 2014/ 2015. https://doi.org/10.1177%2F1745499919829214 Kliegl J, Weaver. (2013). Teaching Teamwork Through Coteaching in the Business Classroom. Business and Profesional Communication Quarterly, 77(2), 204-216. DOI : https://doi.org/10.1177%2F1080569913507596 Kontra C, Lyons D, Fischer S, Beilock S. (2015). Physical Experience Enhances Science Learning. Psychological Science. Psychological Science, 1-13. DOI : https://doi.org/10.1177%2F0956797615569355 Kurniasih I. (2012). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena. Lambie, J. (2014). How to be critically open-minded: A psychological and historical analysis. Springer. Lawson, L. (2002). Scaffolding as a teaching strategy. Retrieved July, 29, 2009. Macaluso K, Hughes A. (2015). The Use of Mobile Apps to Enchance Student Learning in Introduction to Psychology. Teaching of Psychology, 43(1), 48-52. DOI : https://doi.org/10.1177%2F0098628315620880 Kim, S., Raza, M., & Seidman, E. (2019). Improving 21st-century teaching skills: The key to effective 21st-century learners. Research in Comparative and International Education, 1745499919829214. DOI : Kitchenham, A., & Kitchenham, A. (2011). Models for interdisciplinary mobile learning: delivering information to students. IGI Publishing. Kwan, R., McNaught, C., Tsang, P., Wang, F. L., & Li, K. C. (Eds.). (2011). Enhancing Learning Through Technology: International Conference, ICT 2011, Hong Kong, July 11-13, 2011. Proceedings (Vol. 177). Springer. MacDonald, J. A., Rossnagel, W. A., & Higgins, L. R. (2008). Handbook of Rigging: For Construction and Industrial Operations. McGraw Hill Professional. 144 Maharshak, A., & Pundak, D. (2004). Active Physics Learning—Combining the Marketing Concept with Information Technology. Journal of Educational Technology Systems, 32(4), 399-418. DOI : https://doi.org/10.2190%2FK6N5-LF4F-AVEK-1TXV Majid A. (2015). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Mamin, Ratnawati. (2008). Penerapan Metode Pembelajaran Scaffolding pada pokok bahasan Sistem Periodik Unsur. Jurnal Chemica, 10, 2. DOI : https://doi.org/10.35580/chemica.v9i2.420 https://doi.org/10.1177%2F1741143213502197 https://doi.org/10.1177%2F0956797616641941 https://doi.org/10.1177%2F0092055X11407350 Moore, T. J. (2011). Critical thinking and language: The challenge of generic skills and disciplinary discourses. Bloomsbury Publishing Nur M, Wikandari P. (2000). Pembelajaran Berpusat Pada Siswa dan Pendekatan Kontruktivitas dalam Pengajaran. Surabaya: UNNESA. Padt, F., Opdam, P., Polman, N., & Termeer, C. (Eds.). (2014). Scale-sensitive governance of the environment. John Wiley & Sons Maggioli, G. D. (2012). Teaching language teachers: Scaffolding professional learning. R&L Education. Marsh, S., Waniganayake, M., & Gibson, I. W. (2014). Scaffolding leadership for learning in school education: Insights from a factor analysis of research conducted in Australian independent schools. Educational Management Administration & Leadership, 42(4), 474-490. DOI : Mason, R. A., & Just, M. A. (2016). Neural representations of physics concepts. Psychological science, 27(6), 904-913. DOI : Massengill, R. P. (2011). Sociological writing as higher-level thinking: Assignments that cultivate the sociological imagination. Teaching Sociology, 39(4), 371-381. DOI : Nasution, S. P., Jalmo, T., & Yolida, B. (2014). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 2(8). Poedjiadi, A. (2005) Pendidikan Sains dan Pembangunan Moral Bangsa. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Pratama, N. S., & Istiyono, E. (2015, September). Studi Pelaksanaan Pembelajaran Fisika Berbasis Higher Order Thinking (HOTS) Pada Kelas X Di SMA Negeri Kota Yogyakarta. In PROSIDING: Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika(Vol. 6, No. 2). 145 Ramli, M. (2015) Implementasi Riset Dalam Pengembangan Higher Order Thinking Skill Pada Pendidikan SAINS. SNPS, 17. Resnick, L. B. (1987). Education and learning to think. Washington, D.C: National Academy Press. : https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9074 Salam B. (1997). Pengantar Pedagogik. Jakarta: Rineka Cipta. Salam B. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Santrock, J W. (2009). Perkembangan Anak Edisi 11. Jakarta: Erlangga. http://dx.doi.org/10.32672/si.v13i2.474 https://doi.org/10.1177%2F002221949302600604 Serway R, Jewett J. (2009). Fisika untuk Sains dan Teknik. Jakarta: Salemba Teknika. Silva P. (2017). Scaffolding Assignments: Analysis of Assign Mentor As a Tool to Support First Year Students' Acdemic Writing Skills. E-Learning and Digital Media, 1-12. DOI : https://doi.org/10.1177%2F2042753017695652 Siregar E, Nara H. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. (A. Jamaludin, Penyunt.) Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia. Solvberg A, Rismark M. (2012). Learning Space in Mobile Learning Environment. Active Learning in Higher Education, 23-33. DOI : https://doi.org/10.1177%2F1469787411429189 Riadi, A., & Retnawati, H. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran untuk meningkatkan HOTS pada kompetensi bangun ruang sisi datar. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 126-135. DOI Sampson, D. G., Isaias, P., Ifenthaler, D., & Spector, J. M. (Eds.). (2012).Ubiquitous and mobile learning in the digital age. Springer Science & Business Media. Sardinah, S., & Tursinawati, T. (2018). Relevansi Sikap Ilmiah Siswa dengan Konsep Hakikat Sains dalam Pelaksanaan Percobaan pada Pembelajaran IPA di SDN Kota Banda Aceh. JURNAL SERAMBI ILMU, 13(2). DOI : Schuff, D., Paradice, D., Burstein, F., Power, D. J., & Sharda, R. (Eds.). (2010). Decision Support: An Examination of the DSS Discipline (Vol. 14). Scruggs, T. E., & Mastropieri, M. A. (1993). Special education for the twenty-first century: Integrating learning strategies and thinking skills. Journal of Learning Disabilities, 26(6), 392-398. DOI : Sharples, M., Taylor, J., & Vavoula, G. (2005). Towards a theory of mobile learning. In Proceedings of mLearn (Vol. 1, No. 1, pp. 1-9). 146 Sukaesih, S. (2011). Analisis sikap ilmiah dan tanggapan mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran berbasis praktikum. Jurnal penelitian https://doi.org/10.15294/jpp.v28i1.5628 Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani. Sutrisno. (2011). Pengantar Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press. Tambaum T. (2016). Teenaged Internet Tutors' Use of Scaffolding with Older Learners. Journal of Adult and Continuing, 1-22. DOI : https://doi.org/10.1177%2F1477971416672808 Veeramuthu, A., Veerappan, L., Suan, W. A., & Sulaiman, T. 2011. The effect of scaffolding technique in journal writing among the second language learners. Journal of Language Teaching and Research. 2(4): 934-940. Tersedia pada doi: 10.4304/jltr.2.934-940. Diakses pada 17 November 2012. ISSN 1798-4769 Wagiran. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan (Teori dan Implementasi). Yogyakarta: PENERBIT DEEPUBLISH. Wang J, Wu H, Chien S, Hwang F, Hsu Y. (2015). Designing Application for Physics Learning: Facilitating High School Student Conceptual Understanding by Using Tablet PCs. J. Educational Computing Search, 51(4), 441-458. DOI : https://doi.org/10.2190%2FEC.51.4.d Wibowo P & Setianingsih R. (2016). Pemberian Scafflding untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Kelas X SMA berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(5). ISSN : 2301-9085 Wiersma W, Jurs G. (2009). Research Methods in Educational An Introduction, Ninth Edition. United State of America: Pearson. Wirtha M, Rapi K. (2008). Pengaruh Model Pembelajaran dan Penalaran Formal Terhadap Penguasaan Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah Siswa SMA Negeri 4 Singaraja. pendidikan, 28(1). DOI : Wilson, K., & Devereux, L. (2014). Scaffolding theory: High challenge, high support in Academic Language and Learning (ALL) contexts. Journal of Academic Language and Learning, 8(3), A91-A100. Woodill, G. (2011).The mobile learning edge: Tools and technologies for developing your teams. New York: McGraw-Hill. Yusuf, I., Widyaningsih, S. W., & Purwati, D. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran Fisika Modern berbasis media laboratorium virtual berdasarkan paradigma pembelajaran abad 21 dan Kurikulum 2013. Pancaran Pendidikan, 4(2), 189-200. Zhao N, Wu M, Chen J. (2016). Android Based Mobile Learning Platform for Speech Signal Processing. International Jurnal of Electrical Engineering Education, 1-14. DOI : https://doi.org/10.1177%2F0020720916639329 Zhang, F. (2012). Computer-enhanced and mobile-assisted language learning: emerging issues and trends. Information Science Reference. 978-1613500651 Zuss, M. (2011). The practice of theoretical curiosity (Vol. 20). Springer Science & Business Media. citation: Ferty, Zera Nadiah and Suparno, Suparno (2019) Pengembangan Interactive Physics Mobile Learning Media Berbasis Android dengan Pendekatan Scaffolding untuk Meningkatkan HOTS dan Sikap Ilmiah Siswa SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/66294/1/COVER.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66294/2/BAB%20I.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66294/3/BAB%20II.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66294/4/BAB%20III.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66294/5/BAB%20IV.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66294/6/BAB%20V.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66294/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66294/8/LAMPIRAN.pdf