relation: http://eprints.uny.ac.id/66294/ title: Pengembangan Interactive Physics Mobile Learning Media Berbasis Android dengan Pendekatan Scaffolding untuk Meningkatkan HOTS dan Sikap Ilmiah Siswa SMA. creator: Ferty, Zera Nadiah creator: Suparno, Suparno subject: Fisika description: Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui kelayakan media IPMLM berbasis android dengan pendekatan Scaffolding dalam upaya meningkatkan HOTS dan sikap ilmiah siswa SMA dan (2) mengetahui efektifitas pengembangan media IPMLM berbasis android dengan pendekatan Scaffolding untuk meningkatkan HOTS dan sikap ilmiah siswa SMA. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall dengan tahapan : (1) Pengumpulan informasi, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan produk, (4) Validasi produk, (5) Evaluasi produk, (6) Diseminasi. Validasi produk dilakukan oleh dosen ahli instrumen, dosen ahli materi, dosen ahli media dan guru fisika. Subjek uji empiris dalam penelitian ini 300 siswa kelas XI di empat sekolah kota Bengkulu. Subjek uji coba terbatas adalah 30 orang siswa kelas XI MIA 1 SMAN 2 Kota Bengkulu. Subjek uji coba luas adalah 90 orang siswa kelas eksperimen dan 90 orang siswa kelas kontrol di tiga sekolah yaitu SMAN 4 Kota Bengkulu, SMAN 7 Kota Bengkulu dan SMAN 10 Kota Bengkulu. Masing-masing sekolah diambil sampel 30 orang siswa kelas eksperimen dan 30 orang siswa kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes berupa soal pilihan ganda beralasan tertutup digunakan untuk mengukur kemampuan Higher Order Thinking Skills sedangkan teknik non tes berupa lembar observasi dan angket respon digunakan untuk mengukur sikap ilmiah dan keterbacaan media yang dikembangkan. Analisis data menggunakan analisis Quest, Parscale, uji Anava Mixed Methode dan nilai effect size. Produk Interactive Physics Mobile Learning Media (IPMLM) yang dihasilkan berupa aplikasi android dengan pendekatan Scaffolding dalam penerapan pembelajaran. Hasil validasi dari dosen ahli dan guru fisika menunjukkan bahwa media IPMLM layak digunakan dalam penelitian. Penggunaan media dalam pembelajaran menggunakan pendekatan Scaffolding mampu untuk meningkatkan kemampuan Higher Order Thinking Skills dan sikap ilmiah siswa. Hasil ini dapat dilihat dari grafik peningkatan HOTS dan sikap ilmiah kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Pengembangan media IPMLM berpengaruh sedang terhadap peningkatan HOTS dan sikap ilmiah siswa. Hasil ini dapat dilihat dari hasil Cohen’s f dimana nilai Cohen’s f untuk varibel HOTS sebesar 0,11 yang termasuk dalam kategori medium effect size dan nilai Cohen’s f untuk varibel sikap ilmiah sebesar 0,21 yang termasuk dalam kategori medium effect size. date: 2019-07-05 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/66294/1/COVER.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/66294/2/BAB%20I.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/66294/3/BAB%20II.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/66294/4/BAB%20III.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/66294/5/BAB%20IV.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/66294/6/BAB%20V.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/66294/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/66294/8/LAMPIRAN.pdf identifier: Ferty, Zera Nadiah and Suparno, Suparno (2019) Pengembangan Interactive Physics Mobile Learning Media Berbasis Android dengan Pendekatan Scaffolding untuk Meningkatkan HOTS dan Sikap Ilmiah Siswa SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.