%0 Thesis %9 S2 %A PATMISARI, PATMISARI %A Gafur, Abdul %B Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan %D 2019 %F UNY:66290 %I Program Pascasarjana %T Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi, Gender, dan Aktivitas Siswa dalam Organisasi terhadap Kesadaran Politik Siswa Pendidikan Menengah di Kecamatan Bantul %U http://eprints.uny.ac.id/66290/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap kesadaran politik siswa pendidikan menengah di Kecamatan Bantul, 2) pengaruh gender terhadap kesadaran politik siswa pendidikan menengah di Kecamatan Bantul, 3) pengaruh aktivitas siswa dalam organisasi terhadap kesadaran politik siswa pendidikan menengah di Kecamatan Bantul, 4) pengaruh antara pemanfaatan teknologi informasi, gender, dan aktivitas siswa dalam organisasi secara bersama-sama terhadap kesadaran politik siswa pendidikan menengah di Kecamatan Bantul. Desain dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di sekolah tingkat pendidikan menengah di Kecamatan Bantul yaitu sebanyak 13 sekolah. Sampel dalam penelitian ini diambil dari populasi dengan teknik proportional purposive sampling yaitu sebanyak 335 siswa dengan merujuk pada tabel Krejcie dan Morgan dengan taraf signifikansi 5 %. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang berisi pertanyaan dan pernyataan tertutup. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan sebelum pengambilan data terhadap 60 responden dengan taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat dan uji hipotesis dengan analisis regresi ganda untuk mengetahui pengaruh bersama variabel bebas terhadap variabel terikat, dan dilakukan Uji T untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara parsial. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemanfaatan teknologi informasi terhadap kesadaran politik siswa pendidikan menengah di Kecamatan Bantul. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000< taraf signifikansi 0,05, 2) tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gender dengan kesadaran politik siswa pendidikan menengah di Kecamatan Bantul. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,207> taraf signifikansi 0,05, 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara aktivitas siswa dalam organisasi terhadap kesadaran politik siswa pendidikan menengah di Kecamatan Bantul. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000< taraf signifikansi 0,05, 4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemanfaatan teknologi informasi, gender dan aktivitas siswa dalam organisasi secara bersama-sama terhadap kesadaran politik siswa pendidikan menengah di Kecamatan Bantul. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000 < taraf signifikansi 0,05. Kata kunci: teknologi informasi, gender, aktivitas siswa dalam organisasi, kesadaran politik, siswa pendidikan menengah.