eprintid: 66279 rev_number: 15 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/06/62/79 datestamp: 2019-10-23 01:50:48 lastmod: 2019-10-23 01:50:48 status_changed: 2019-10-23 01:50:48 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ramandani, Fahdian creators_name: Samsuri, Samsuri title: Implementasi Pendidikan Antikorupsi Sebagai Upaya Pembentukan Warga Negara Muda Berintegritas di Daerah Istimewa Yogyakarta ispublished: pub subjects: pasca_sarjana subjects: sos_kewarganegaraan divisions: pps_pkn full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui imple mentasi pendidikan antikorupsi yang dilakukan oleh SMA Negeri 6 Yogyakarta, SMA Negeri 2 Bantul, dan SMA Negeri 1 Sleman secara kurikuler dan ekstrakurikuler ; dan (2) Menganalisis persepsi dan perilaku antikorupsi (PAK) serta ciri - ciri pribadi berintegrita s dalam diri siswa sebagai wujud warga negara muda yang berintegritas di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi tidak berimbang (concurrent embed) . P endekatan primer dalam penelitian ini yaitu kualitatif karena digunakan untuk meneliti tentang implementasi pendidikan antikorupsi serta perilaku siswa dalam mengamalkan nilai - nilai antikorupsi. K uantitatif sebagai pendekatan sekunder digunakan untuk mengukur persep si antikorupsi, perilaku antikorupsi serta pribadi berintegritas siswa . Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Sleman, SMAN 2 Bantul, dan SMAN 6 Yogyakarta. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive . I nforman dalam penelitian ini sebanyak 16 orang , melip uti Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan , Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum , Guru PPKn , dan siswa. S ampel dalam penelitian ini sebanyak 375 siswa . Penentuan sampel menggunakan tabel penentuan jumlah sampel Isaac dan Michael dari populasi tertentu deng an taraf kesalahan 10% . Teknik pengumpulan da ta kualitatif menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data kuantitatif menggunakan angket. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan pada siswa sebanyak 30 di MAN 1 Yogyakarta. Analisis data kualitatif hasil penelitian menggunakan model Milles dan Huberman, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data kualitatif dilakukan dengan teknik triangulasi sumber. A nali sis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data kuantitatif untuk persepsi antikorupsi, perilaku antikorupsi dan pribadi integritas dikonversi pada tabel kriteria Mardapi, dan untuk persepsi antikorupsi secara individu dikonversi pada tabel kriteria Azwar . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pendidikan antikorupsi dapat dilakukan melalui kurikuler dan ekstrakurikuler. Implementasi pendidikan antikorupsi secara kurikuler dilakukan melalui mata pelajaran PPKn . M ateri antikorupsi yang disampaikan bersifat terintegrasi pada kompetensi dasar ( KD ) yang relevan yaitu a ncaman terhadap integrasi n asional dan dalam menanamkan nil ai - nilai antikorupsi dilakukan melalui pembiasaan kepada siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas. I mplementasi pendidikan antikorupsi secara ekstrakurikuler dalam pelaksanaannya dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler dengan membiasakan siswa untuk m engamalkan nilai - nilai antikorupsi pada setiap aktivitasnya. (2) Siswa di Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki persepsi antikorupsi, perilaku antikorupsi, serta pribadi berintegritas yang tergolong sangat baik. Skor/nilai persepsi, perilaku, dan pribadi int egritas siswa ≥ X .1SBx . Hal ini menunjukkan bahwa siswa di Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan warga negara muda yang berintegritas. Kata Kunci: Pendidikan Antikorupsi, PPKn, Ekstrakurikuler, Integritas Siswa date: 2019-08-26 date_type: published institution: Program Pascasarjana department: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan thesis_type: tesis referencetext: Abi, A. R. (2017). Paradigma membangun generasi emas I ndonesia tahun 2045 , Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan , 2 (2), 85 - 90. http://dx.doi.org/10.17977/um 019v2i22017p085 . Alfurkan. (2018). Penguatan nilai kejujuran melalui pendidikan antikorupsi dan PPKn di MAN 1 yogyakar ta . Tesis, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. Alhakim dan Suparlan. (2016). Pendidikan kewarganegaraan dalam konteks Indonesia. Malang: Madani. Ali, M. & Asrori, M. (2006). Psikologi remaja, perkembangan peserta didik . Jakarta: Bumi Aksara. Anas, dkk. (2018). Insersi pendidikan antikorupsi melalui mata pelajaran P PK n untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah . Jakarta: Direktorat Pendidikan Dan Pelayanan Masyarakat Kedeputian Bidang Pencegahan KPK. Arifin, Z. (2011). Konsep dan model pengembangan kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik . Jakarta: Rineka Cipta. Asril, Z. (2010). Micro teaching: D isertai dengan pedoman pengalaman lapa ngan. Jakarta: Rajawali Pers. Asrori, M. (2007). Psikologi p embelajaran. Bandung: CV Wacana Prima. Audi, R. dan Murphy, P. (2006). The many faces of integrity . Business Ethics Quarterly, 16 (1), 3 - 21. DOI: https://doi.org/10.5840/beq20061615 Azwar, S. (201 2 ). Metode p enelitian . Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Azwar, S. (201 6 ). Skala sikap: T eori dan pengukuranny a . Yogyakarta: Pustaka Belajar. Badan Pusat Statistik. (2010). Jumlah dan distribusi penduduk , https://sp2010.bps.go.id/ /diakses pada 18 Februari 2019. Badan Pusat Statistik. (2017). Indeks perilaku antikorupsi 2017: K orupsi skala kecil di Indonesia dalam perspektif masyarakat sebagai pengguna layanan publik. t idak diterbitkan, Subdirektorat Statistik Politik dan Keamanan BPS. Bakry, N. M. (2015). Pendidikan k ewarganegaraan . Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 258 Banks, J. A. (2008). Diversity, group identity, and citizenship education in a global age, Educational Researcher , 37 (3), 129 – 139. https://doi.org/10.3102/0013189X08317501 . Banks, J. A. (2017). Failed citizenship and transformative civic education , Educational Researcher , 46 (7), 366 – 377. DOI: 10.3102/0013189X17726741. Barnard, A., Schurink, W., & De Beer, M. (2008). A conceptual framework of integrity , Empirical Research Journal , 34 (2), 40 – 49. https://doi.org/10.4102/sajip.v34i2.427 . Barnawi., dan Arifin, M. (2012). Buku pintar mengelola sekolah (swasta). Yogyakarta: Ar - Ruzz. Basabose, J. de D. (2019). Anti - corruption education and peacebuilding: the ubupfura project in Rwanda . Cham: Springer Nature. Beutel, W. (2012). Developing civic education in school, curriculum, and civic education for building democratic citizens (Print, M. and Lange, D. ed.). Rotterdam: Sense Publishers. Biesta, G.J.J., Lawy, R.S. & Kelly, N. (2009). Understanding young people’s citizenship learning in everyday life: The role of contexts, relationships and dispositions. Education, Citizenship and Social Justice , 4(1), 5 - 24. DOI: 10.1177/1746197908099374 Birzea, C. (2000). Educa tion for democratic citizenship: A lifelong learning perspective , in Concil of Europe, p roject o n “ e ducation for d emocratic c itizenship” i n Strasbourg . Strasbourg: Council for Cultural Co - Operation, Council of Europe. Boon - Yee, S. J., and Print, M. (2005). Citizenship education and social studies in Singapore: A national agenda, International Journal of Citizenship and Teacher Education , 1 (1), 58 - 73. Branson, M. S. (1998). The role of civic education. Calabasas: CCE. BSNP. (2006). Standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah: S tandar kompetensi dan kompetensi dasar SMA/MA . Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan. Bungin, B. ( 2003 ) . Analisis data penelitian kualitatif: pemahaman filosofis dan metodologis kearah penguasaan model aplikasi. Jakarta: Rajawali Press. Buwono, Y. (2019). Does Early Marriage Make Women Happy? a Phenomenological Finding from Madurese Women, Journal of Educatio nal, Health and Community Psychology . 8 (1), 85 - citation: Ramandani, Fahdian and Samsuri, Samsuri (2019) Implementasi Pendidikan Antikorupsi Sebagai Upaya Pembentukan Warga Negara Muda Berintegritas di Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/66279/1/COVER.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66279/2/BAB%20I.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66279/3/BAB%20II.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66279/4/BAB%20III.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66279/5/BAB%20IV.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66279/6/BAB%20V.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66279/7/DAFTAR%20REFRENSI.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66279/8/Lampiran.pdf