TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh: (1) Program Adiwiyata, (2) budaya sekolah, dan (3) Program Adiwiyata dan budaya sekolah terhadap pembentukan karakter kewarganegaraan ekologis siswa di sekolah binaan SMA Negeri 17 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode expost facto. Penelitian ini dilakukan di sekolah binaan SMA Negeri 17 Palembang pada bulan Maret 2019 ? Juni 2019. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa di sekolah binaan SMA Negeri 17 Palembang. Sampelnya sejumlah 329 siswa ditentukan dengan teknik random sampling dan purposive sampling. Validasi angket dilakukan melalui penilaian ahli yang relevan. Angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang pelaksanaan Program Adiwiyata di sekolah, budaya yang diterapkan di sekolah, dan pembentukan karakter kewarganegaraan ekologis siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat dan uji hipotesis dengan analisis regresi ganda untuk mengetahui pengaruh bersama variabel bebas terhadap variabel terikat, dan dilakukan uji T untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara parsial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara program adiwiyata terhadap pembentukan karakter kewarganegaraan ekologis siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000 < taraf signifikansi 0,05 sehingga dapat dikatakan sangat signifikan dan memberikan sumbangan efektif yakni sebesar 17,5%. Artinya jika program adiwiyata semakin baik maka pembentukan karakter kewarganegaraan ekologis siswa juga akan semakin baik. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara budaya sekolah terhadap pembentukan karakter kewarganegaraan ekologis siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000 < taraf signifikansi 0,05 sehingga dapat dikatakan sangat signifikan dan memberikan sumbangan efektif yakni sebesar 25%. Artinya jika budaya sekolah semakin baik maka pembentukan karakter kewarganegaraan ekologis siswa juga akan semakin baik. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara program adiwiyata, dan budaya sekolah terhadap pembentukan karakter kewarganegaraan ekologis siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000 < taraf signifikansi 0,05 sehingga dapat dikatakan sangat signifikan. Kata Kunci: adiwiyata, budaya sekolah, kewarganegaraan ekologis M1 - tesis UR - http://eprints.uny.ac.id/66263/ Y1 - 2019/09/11/ ID - UNY66263 TI - Pengaruh Program Adiwiyata dan Budaya Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Kewarganegaraan Ekologis Siswa di Sekolah Binaan SMA Negeri 17 Palembang PB - Program Pascasarjana A1 - Wulandari, Dwi Anggi A1 - Marzuki, Marzuki AV - public ER -