%D 2019 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T VIDEO GAME SIMULASI THE SIMSTM 4 UNTUK MENDUKUNG MATA PELAJARAN GAMBAR INTERIOR DAN EKSTERIOR BANGUNAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN %L UNY66261 %A Nurul Isni Sirbiyani %X Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui unsur keilmuan gambar interior dan eksterior bangunan gedung didalam The Sims™ 4, (2) mengetahui sejauh mana unsur keilmuan gambar interior dan eksterior bangunan gedung dapat disajikan oleh The Sims™ 4 untuk mendukung pembelajaran gambar interior dan eksterior di Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data didapatkan dari mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta sebanyak 7 orang, praktisi yang bekerja dibidang konstruksi bangunan sebanyak 6 orang, mahasiswa arsitektur dan pengguna The Sims™ 4 sebanyak 1 orang, dan perwakilan pengembang The Sims™ 4, serta data dokumentasi dan literatur dari berbagai media massa. Data dikumpulkan dengan cara wawancara dan tanya jawab. Uji validitas data dilakukan dengan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) The Sims™ 4 sebagai sebuah video game simulasi memiliki unsur keilmuan gambar interior dan eksterior bangunan gedung, (2) The Sims™ 4 mampu mendukung mata pelajaran gambar interior kelas XI kompetensi dasar 3.1, 3.2, 3.3, 3.4, 4.1, 4.2, 4.3, 4.4, 4.5 dan gambar eksterior kelas XII kompetensi dasar 3.1, 3.2, 3.3, 3.4, 3.5, 4.1, 4.2, 4.3, 4.4, 4.5 di Sekolah Menengah Kejuruan. %K video game, The Sims, perencanaan bangunan, eksterior, interior