TY - THES A1 - Ngadawiyah, Robingah TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB OFFLINE PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR UNTUK SISWA KELAS X TKJ SEMESTER I SMK NEGERI 2 DEPOK PB - Universitas Negeri Yogyakarta KW - pengembangan KW - media pembelajaran KW - interaktif KW - web KW - pemrograman dasar N2 - Penelitian ini bertujuan: 1) mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web offline pada mata pelajaran pemrograman dasar untuk siswa kelas X TKJ SMK Negeri 2 Depok, 2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis web offline pada mata pelajaran pemrograman dasar untuk siswa kelas X TKJ SMK Negeri 2 Depok. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dan menggunakan model pengembangan yang diadaptasi dari model Alessi & Trollip. Prosedur pengembangan terdiri dari tiga tahap yaitu: 1) planning (perencanaan), 2) design (desain), 3) development (pengembangan). Subjek penelitian ini adalah 31 siswa kelas X TKJ SMK Negeri 2 Depok sebagai pengguna. Data dikumpulkan menggunakan observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengembangan media pembelajaran yang dilakukan menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis web pada mata pelajaran pemograman dasar bagi siswa kelas X TKJ dengan materi yang digunakan pembelajaran pada semester I, 2) tingkat kelayakan media pembelajaran ditinjau dari: 1) penilaian ahli media adalah ?Sangat layak? dengan persentase sebesar 97,37%, 2) penilaian oleh ahli materi adalah ?Sangat layak? dengan persentase sebesar 100%, 3) penilaian oleh pengguna adalah ?Layak? dengan persentase rata-rata keseluruhan aspek sebesar 82,50%, 3) tanggapan siswa terhadap media pembelajaran ditinjau dari aspek materi, bentuk dan fungsi media, tampilan, navigasi, dampak afektif, operasi program, dan informasi tambahan secara mayoritas adalah ?Setuju? dengan persentase sebesar 59,03%. Y1 - 2019/08/22/ M1 - skripsi AV - public UR - http://eprints.uny.ac.id/66227/ ID - UNY66227 ER -