relation: http://eprints.uny.ac.id/66184/
title: Analisis Kemampuan Metakognisi Pemecahan Masalah  Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah dengan Sistem  Kredit Semest
creator: Arum, Rahmi Puspita
creator: Widjayanti, Djamilah Bondan
subject: Matematika
subject: Pasca Sarjana
description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan metakognisi pada  pemecahan masalah matematika dan kemandirian belajar siswa sekolah menengah  dengan sistem kredit semester di Jawa Tengah. Penelitian ini termasuk penelitian  survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 2880 siswa  kelas XI sekolah menengah yang menerapkan sistem kredit semester di Provinsi  Jawa Tengah tahun ajaran 2018/2019. Dalam penelitian ini 387 siswa diambil  sebagai sampel penelitian dengan teknik proportional stratified random sampling.   Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan  metakognisi pada pemecahan masalah matematika, angket metacognitive  awareness inventory, dan angket kemandirian belajar siswa. Teknik analisis data  yang digunakan adalah dengan menghitung estimasi titik dan estimasi interval  untuk mengetahui level kemampuan metakognisi dan kemandirian belajar siswa,  serta melakukan uji hipotesis dengan uji Mann-Whitney untuk mengetahui  perbedaan level kemampuan metakognisi siswa kelas percepatan (siswa dengan  beban SKS tinggi) dan siswa kelas biasa (siswa dengan beban SKS normal).   Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang lemah antara  kemampuan metakognisi pada pemecahan masalah matematika dengan  kemandirian belajar siswa. Selanjutnya berdasarkan rata-rata, kemampuan  metakognisi pada pemecahan masalah matematika siswa kelas percepatan lebih  baik daripada siswa kelas biasa, begitu pula dengan rata-rata kemandirian belajar  siswa kelas percepatan lebih baik dari siswa kelas biasa. Ketercapaian level  kemampuan metakognisi matematis siswa kelas percepatan berada pada kategori  tinggi sedangkan pada kelas biasa berada pada kategori sedang, dan untuk level  kemandirian belajar siswa kelas percepatan maupun kelas biasa berada pada  kategori sedang.   Kata Kunci: Kemampuan metakognisi pada pemecahan masalah, kemandirian  belajar
date: 2019-09-11
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/66184/1/COVER.pdf
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/66184/2/BAB%20I.pdf
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/66184/3/BAB%20II.pdf
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/66184/4/BAB%20III.pdf
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/66184/5/BAB%20IV.pdf
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/66184/6/BAB%20V.pdf
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/66184/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/66184/8/LAMPIRAN.pdf
identifier:   Arum, Rahmi Puspita and Widjayanti, Djamilah Bondan  (2019) Analisis Kemampuan Metakognisi Pemecahan Masalah Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah dengan Sistem Kredit Semest.  S2 thesis, Program Pascasarjana.