@phdthesis{UNY66184,
           month = {September},
          author = {Rahmi Puspita Arum and Djamilah Bondan Widjayanti},
            year = {2019},
           title = {Analisis Kemampuan Metakognisi Pemecahan Masalah
Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah dengan Sistem
Kredit Semest},
          school = {Program Pascasarjana},
        abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan metakognisi pada
pemecahan masalah matematika dan kemandirian belajar siswa sekolah menengah
dengan sistem kredit semester di Jawa Tengah. Penelitian ini termasuk penelitian
survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 2880 siswa
kelas XI sekolah menengah yang menerapkan sistem kredit semester di Provinsi
Jawa Tengah tahun ajaran 2018/2019. Dalam penelitian ini 387 siswa diambil
sebagai sampel penelitian dengan teknik proportional stratified random sampling. 
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan
metakognisi pada pemecahan masalah matematika, angket metacognitive
awareness inventory, dan angket kemandirian belajar siswa. Teknik analisis data
yang digunakan adalah dengan menghitung estimasi titik dan estimasi interval
untuk mengetahui level kemampuan metakognisi dan kemandirian belajar siswa,
serta melakukan uji hipotesis dengan uji Mann-Whitney untuk mengetahui
perbedaan level kemampuan metakognisi siswa kelas percepatan (siswa dengan
beban SKS tinggi) dan siswa kelas biasa (siswa dengan beban SKS normal). 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang lemah antara
kemampuan metakognisi pada pemecahan masalah matematika dengan
kemandirian belajar siswa. Selanjutnya berdasarkan rata-rata, kemampuan
metakognisi pada pemecahan masalah matematika siswa kelas percepatan lebih
baik daripada siswa kelas biasa, begitu pula dengan rata-rata kemandirian belajar
siswa kelas percepatan lebih baik dari siswa kelas biasa. Ketercapaian level
kemampuan metakognisi matematis siswa kelas percepatan berada pada kategori
tinggi sedangkan pada kelas biasa berada pada kategori sedang, dan untuk level
kemandirian belajar siswa kelas percepatan maupun kelas biasa berada pada
kategori sedang. 
Kata Kunci: Kemampuan metakognisi pada pemecahan masalah, kemandirian
belajar},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/66184/}
}