eprintid: 66169 rev_number: 22 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/06/61/69 datestamp: 2019-10-16 02:49:53 lastmod: 2019-10-16 02:49:53 status_changed: 2019-10-16 02:49:53 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pramono, Sigit Yuli creators_name: Sofyan, Herminanto title: Pengembangan Modul Pembelajaran Program Tahfizh di Madrasah Ibtidaiyah Wilayah Kabupaten Sleman. ispublished: pub subjects: D3 divisions: pps_tp full_text_status: public keywords: pengembangan modul, modul pembelajaran, pembelajaran tahfizh abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul pembelajaran tahfizh yang sesuai dengan program tahfizh di Madrasah Ibtidaiyah Wilayah Kabupaten Sleman, (2) menganalisis kelayakan modul pembelajaran tahfizh yang dikembangkan, dan (3) mengkaji efektivitas modul pembelajaran tahfizh yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model ADDIE, yang meliputi: (a) analysis (analisis), (b) design (desain), (c) development (pengembangan), (d) implementation (implementasi), dan (e) evaluation (evaluasi). Subjek uji coba kelompok kecil yaitu 20 siswa kelas 6B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Sleman. Subjek uji coba lapangan untuk efektivitas produk terdiri atas 30 siswa kelas 2B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Sleman dan siswa kelas 2A Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Sleman. Pengumpulan data mengunakan teknik wawancara, observasi, skala dan tes hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan One Group Pretest- Posttest Design dengan rumus Normalized-gain yang ditentukan berdasarkan rata- rata gain (g) yang diperoleh dari nilai pre-test dan post-test, dengan kategori tinggi minimal hasil gain (g) ≥ 0,70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran tahfizh sesuai dengan program pembelajaran tahfizh di Madrasah Ibtidaiyah wilayah Kabupaten Sleman, ditinjau dari karakteristik modul pembelajaran. Analisis kelayakan modul pembelajaran tahfizh, ditinjau dari aspek kualitas tampilan media, aspek petunjuk, aspek pendahuluan, aspek pemanfaatan, aspek konteks, aspek pembelajaran, aspek kebahasaan, aspek tugas evaluasi dan aspek penilaian menurut ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran berkategori “sangat layak”. Penerapan modul tahfizh kepada siswa dapat terlaksana, dengan kategori “sangat layak”. Terdapat hasil belajar yang sangat baik setelah dieksperimenkan kepada 60 siswa, yang menunjukkan bahwa modul tahfizh yang dikembangkan tersebut terbukti efektif, dengan tingkat efektivitas yang “tinggi” dan dengan hasil gain score yakni 0,740 (g) ≥ 0,70. date: 2019-07-17 date_type: published institution: Program Pascasarjana department: Teknologi Pembelajaran thesis_type: tesis referencetext: AECT, (1977). The definition of educational technology. Washington : Association for Educational Communication and Technology. Alhafidz, A.W. (1994). Bimbingan praktis menghafal Al-qur’an. Jakarta: Bumi Aksara. Allen, M. (2017). Designing Online Asynchronous Information Literacy Instruction Using the ADDIE Model. Distributed Learning, 69–91. doi:10.1016/b978-0-08- 100598-9.00004-0. Diambil pada tanggal 2 juli 2019, dari https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780081005989000040 Al-Rahmi, W. M., & Zeki, A. M. (2017). A model of using social media for collaborative learning to enhance learners’ performance on learning. Journal of King Saud University-Computer and Information Sciences, 29(4), 526–535. doi:10.1016/j.jksuci.2016.09.002. Diambil pada tanggal 1 juli 2019, dari https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1319157816300672 Al-Rahmi, W. M., Alias, N., Othman, M. S., Marin, V. I., & Tur, G. (2018). A model of factors affecting learning performance through the use of social media in Malaysian higher education. Computers & Education, 121, 59– 72.doi:10.1016/j.compedu.2018.02.010. Diambil pada tanggal 1 juli 2019, dari https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0360131518300435 Arifin, Z. (2011). Evaluasi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Arikunto, S. (2003). Dasar-dasar evalusi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Artina, N. (2006). Penerapan analisis kebutuhan metode use case pada metode pengembangan terstruktur. Jurnal Ilmiah STMIK GI MDP. Volume 2 Nomor 3, Oktober 2006. Diambil pada tanggal 28 februari 2019, dari http://eprints.mdp.ac.id/542/1/Jurnal%20Penerapan%20Analisis%20Kebutuhan. pdf Assalwa, M.U. (2017). Efektivitas metode tikrar dalam program hifzul qur’an santri madrasah aliyah ponpes al iman muntilan magelang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Ansyar, M. (2015). Kurikulum: hakikat, fondasi, desain & pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group. 155 Awidi, I. T., & Paynter, M. (2018). The impact of a flipped classroom approach on student learning experience. Computers & education. doi:10.1016/j.compedu.2018.09.013. Diambil pada tanggal 19 mei 2019, dari https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0360131518302495 Axelsson, M., Jakobsson, J., & Carlson, E. (2019). Which nursing students are more ready for interprofessional learning? A cross-sectional study. Nurse education Today. doi:10.1016/j.nedt.2019.05.019 Diambil pada tanggal 19 mei 2019, dari https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0260691719307087 Banerjee, S., Arora, S., & John, G., et al. (2019). Effectiveness of Self-Instructional Module on Knowledge, Attitude and Practice regarding Pharmacovigilance among Staff Nurses. Current Medicine Research and Practice. doi:10.1016/j.cmrp.2019.05.001. Diambil pada tanggal 2 juli 2019 dari https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2352013215000666 Barbara B.S., & Rita C.R. (1994). Instructional technology : The Definition and Domains of Field. AECT Washington DC. Belawati, J. (2003). Pengembangan bahan ajar edisi kesatu. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas terbuka. Biggs, J. (2014). Constructive alignment in university teaching. HERDSA Review of Higher Education. Biggs, J.,&Tang,C.(2011). Teaching forqualitylearning atuniversity: What thestudentdoes (4th ed.). UK): McGraw-Hill Education. Brownson, R. C., Jacobs, J. A., & Tabak, R. G., et al. (2013). Designing for dissemination among public health researchers: Findings from a national survey in the United States. American Journal of Public Health, 103(9), 1693–1699. Diambil pada tanggal 2 juli 2019, dari https://doi.org/10.2105/AJPH. 2012.301165. BSNP. (2007). Perbandingan ujian nasional (un) 2005/ 2006 dengan un 2006/2007. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan . Diambil pada tanggal 2 juli 2019 dari http://www.bsnp-indonesia.org/id/wpcontent/uploads/buletin/Edisi%2021 .pdf 156 BSNP. (2014). Instrumen penilaian buku teks pelajaran ekonomi (buku siswa) sekolah menengah atas/madrasah aliyah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan. Diambil pada tanggal 2 juli 2019, dari http:www.bsnp- indonesia.org/id/wpcontent/uploads/2014/05/04-EKONOMI.rar BSNP. (2014). Instrumen penilaian buku teks pelajaran sma/ma komponen kelayakan kegrafikaan. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan. Diambil pada tanggal 2 juli 2019, dari http://bsnp-indonesia.org/2014/05/28/instrumen-penilaian- buku-teks-pelajaran-tahun-2014/ Budiningsih, A. (2003). Desain Pesan Pembelajaran. Yogyakarta: FIP UNY. Chen, H., Wang, S., & Gao, H., et al. (2019). Analysis and optimization of module layout for multi-stack vanadium flow battery module. Journal of Power Sources, 427, 154–164. doi:10.1016/j.jpowsour.2019.04.054. Diambil pada tanggal 1 juli 2019, dari https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/ pii/S0378775319304653 Crowther, D., et al. (2003). Schools and area regeneration. Bristol, UK: Published for the Joseph Rowntree Foundation by the Policy Press. Daryanto. (2013). Menyusun modul. Yogyakarta: Gava Media. Das Salirawati. (2015). Teknik penyususnan modul pembelajaran. Diambil pada tanggal 17 november 2017 dari http://staff.uny.ac.id/dosen/das-salirawati-msi-dr Davis, F. D., & Venkatesh, V. (2004). Toward preprototype user acceptance testing of new information systems: Implications for Software Project Management. IEEE Transactions on Engineering Management. Dhaliwal, N., Simpson, F., & Kim-Sing, A. (2018). Self-paced online learning modules for pharmacy practice educators: development and preliminary evaluation. Currents in pharmacy teaching and learning. doi:10.1016/j.cptl.2018.04.017. Diambil pada tanggal 19 mei 2019, dari https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S1877129717303003 Dick, & Carey. (1996). The sistematic design of instruction, fourth edition: Harper Collins College Publisher Dick, W., Carey, L., & Carey, J.O. (1978). The systematic design of instruction. New York: Addison-Wesley Educational Publications, Inc. 157 Dimyati, & Mudjiono. (2002). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Emberson, L.L. (2019). How does learning and memory shape perceptual development in infancy? Psychology of learning and motivation. doi:10.1016/bs.plm.2019.03.003. Diambil pada tanggal 19 mei 2019, dari https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0079742119300052 Enke, J., Kraft, K., & Metternich, J. (2015). Competency-oriented Design of Learning Modules. Procedia CIRP, 32, 7–12. doi:10.1016/j.procir.2015.02.211. Diambil pada tanggal 19 mei 2019, dari https://www.sciencedirect.com/science/ article/pii/S2212827115005351 Falloon, G. (2019). Using simulations to teach young students science concepts: an experiential learning theoretical analysis. Computers & Education.doi:10.1016/j.compedu.2019.03.001. Diambil pada tanggal 1 juli 2019, dari https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S03601315193 0051X Fathoni, A. (17 Februari 2018). Sejarah & perkembangan pengajaran tahfidz al- quran di indonesia. Diambil pada 14 mei 2018, dari http://www.baq.or.id/2018/02/sejarah-perkembangan-pengajaran-tahfidz.html Gafur, A. (2012). Desain pembelajaran konsep model dan aplikasinya dalam perencannan pelaksanaan pembelajaran. Yogyakarta : Ombak. Gagne, R.M. (1985). The conditioning of learning and theory of instruction. 4th ed New York :Holt, Rinehart & Winston. P. 125 Garcia, E., Moizer, J., Wilkins, S., & Haddoud, M. (2019). Student learning in higher education through blogging in the classroom. Computers & education. doi:10.1016/j.compedu.2019.03.011. Diambil pada tanggal 19 mei 2019, dari https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0360131519300776 Gavarkovs, A. G., Blunt, W., & Petrella, R. J. (2019). A protocol for designing online training to support the implementation of community-based interventions. Evaluation and Program Planning, 72, 77–87. doi:10.1016/j.evalprogplan.2018.10.013. Diambil pada tanggal 2 juli 2019, dari https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0149718918302416 158 Gokkaya, Z., & Guner, N. (2014). Addie model in adult education: instructional design sample of e-learning. 5th International FutureLearning Conference on Innovations in Learning for the Future Gulo, W. (2007). Metodologi penelitian. Jakarta: PT. Grasindo. Hall, C., Swart, W., & Duncan, S. (2012). Balancing customer needs and standards in higher education. Quality Approaches in Higher Education. Hamalik, O. (2003). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Hamalik, O. (2006). Proses belajar mengajar. Jakarta: PT.Bumi Aksara. Hashim, A., Saili, J., & Noh, M. A. C. (2015). The relationship between pedagogical content knowledge and al-quran tajweed performance among students kkq in malaysia. Procedia - social and behavioral sciences, 197, 1530–1537. doi:10.1016/j.sbspro.2015.07.106. Diambil pada tanggal 19 mei 2019, dari https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042815041002 Haykin, S. (1996). Adaptive filter theory. Prentice-Hall. Herawati, N.S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran kimia kelas xi sma. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Volume 5, No 2, October 2018. Diambil pada tanggal 11 mei 2019 dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/15424/11784 Husein, U. (1999). Riset sumber daya manusia dalam organisasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Ichwan, M.N. (2001). Memasuki dunia al-Qur'an. Semarang: Lubuk Karya Iizuka, T. (2018). Task-based needs analysis: identifying communicative needs for study abroad students in Japan. System. doi:10.1016/j.system.2018.11.005. Diambil pada tanggal 2 juli 2019, dari https://www.sciencedirect.com/science/ article/pii/S0346251X18302021 Iskandar. (2009). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Gaung Persada Press. Januszewki, A. & Molenda, M. (2008). Educational technology a definition with commentary. Lawrence Erlbaum Associate Taylor & Francis Group 270 Madison Avenue New York, NY 10016. 159 KBBI, 2019. Kamus besar bahasa indonesia (KBBI). Diambil pada tanggal 2 Juli 2019, dari https://kbbi.web.id/Alquran Kementrian Agama Yogyakarta .(2015). Surat Edaran Nomor Kw.L2.2/Pp.Oo.11/1371.1/2015 tentang Semua madrasah wajib menyelenggarakan Program tahfidz. Kementrian Agama Yogyakarta .(2016). Surat edaran nomor b-1888/ k.w.12.2/1/pp.00.1/07/2016 tentang pencapaian tahfidz agar dijadikan sebagai salah satu standar kenaikan kelas dan standar kelulusan di lingkungan madrasah. Kemp, J. E., Morrison, G. R., and Ross, S. M. (1998). Designing effective instruction (2nd ed.). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall. Kozma R.B., Belle, L.W. & Williams, G.W. (1998). Instructional techniques in higher education. New Jersey: Educational Technology Publications. Kruse, K., & Moss, K. (2001). Introduction to instructional design and the addie model. Diambil pada tanggal 19 mei 2019, dari http://www.e- .com/articels/art2_1.html Lestari, S. (2016). Format observasi pembelajaran di kelas dan observasi peserta didik. Diambil pada tanggal 13 juli 2019, dari https://eprints.uny.ac.id/ 45318/35/FORMAT%20OBSERVASI%20KELAS.pdf Leuven C., (2009). The bolognaprocess 2020-the europeanhigher educationarea in the new decade. Eurashe library Diambil pada tanggal 10 April 2018 dari http://www.eurashe.eu/library/ modernising-phe/Bologna_2009_Leuven- Communique.pdf. Lior, L. N. (2013). Design and development models and processes. Writing for Interaction, 21–42. doi:10.1016/b978-0-12-394813-7.00002-x. Diambil pada tanggal 2 juli 2019, dari https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/ B978012394813700002X Lohr, L. (1998). Using addie to design a web-based training interface. Paper presented at the site 98: Society for Information Technology& Teacher Education International Conference, Washington, DC. 160 Lukman., & Ishartiwi. (2014). Pengembangan bahan ajar dengan model mind map untuk pembelajaran ilmu pengetahuan sosial SMP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Volume 1 - Nomor 2, 2014. Diambil pada tanggal 11 mei 2019 dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/2523/2081 Madihie, A., & Noah, S. M. (2013). An application of the sidek module development in rebt counseling intervention module design for orphans. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 84, 1481–1491.doi:10.1016/j.sbspro.2013.06.777. Diambil pada tanggal 1 juli 2019, dari https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/ S187704281301851X Majid, A. (2006). Perencanaan pembelajaran mengembangkan standar kompetensi guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Masrul. (2011). Aplikasi manajemen sistem boarding rumah tahfidz terhadap karakter & prestasi santri di sekolah. Tesis Megister, diterbitkan, Institut Agama Islam Negeri Antasari, Banjarmasin Merrill, M. D. & Twitchell, D. (1994). Instructional design theory. New Jersey: Engglewood Cliff. Merrill, M.D., &Tennyson, R.D. (1997). Teaching concepts: an instructional design guide. New Jersey: Educational Technology Publications. Merrill. (1996). Computer in education. a simon & schuster company nedham heights. Mass. 02194 Mohd, C.K., & Shahbodin, F. (2015). Personalized learning environment: alpha testing, beta testing & user acceptance test. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 195, 837–843. doi:10.1016/j.sbspro.2015.06.319. Diambil pada tanggal 2 juli 2019, dari https://www.sciencedirect.com/science/ article/pii/S1877042815037982 Molenaar, I., Horvers, A., & Baker, R. S. (2019). What can moment-by-moment learning curves tell about students’ self-regulated learning? Learning and Instruction, 101206. doi:10.1016/j.learninstruc.2019.05.003. Diambil pada tanggal 1 juli 2019, dari https://www.sciencedirect.com/science/ article/pii/S0959475218304870 161 Morrison, G.R., Ross, S., & Kemp, J. (2007). Designing effective instruction (5th ed.). New Jersey: Jhon Wiley & Sons, Inc. Mustholih (Kementrian Agama Yogyakarta). (1 November 2017). Wawancara pra penelitian tesis. (Sigit yuli pramono, pewawancara) Nadiyah, R. S., & Faaizah, S. (2015). The Development of Online Project Based Collaborative Learning Using ADDIE Model. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 195, 1803–1812. doi:10.1016/j.sbspro.2015.06.392. Diambil pada tanggal 2 juli 2019, dari https://www.sciencedirect.com/science/article/ pii/S1877042815038719 Nurhairunnisah., Sujarwo. (2018). Bahan ajar interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa SMA kelas x. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Volume 5, No 2, October 2018. Diambil pada tanggal 11 mei 2019 dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/15320 Ornstein, A.C., & Hunkins, F.P. (2004). Curriculum: foundation, principles, and issues, fourth edition. Boston USA: Pearson Education Diambil pada tanggal 19 mei 2019, dari https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1878029615002649 Ozdilek, Z., & Robeck, E. (2009). Operational priorities of instructional designers analyzed within the steps of the Addie instructional design model. Procedia - Social and Behavioral Sciences, (1), 2046–2050.doi:10.1016/j.sbspro. 2009.01.359. Diambil pada tanggal 2 juli 2019, dari https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042809003620 Piskurich, G. M., Beckschi, P., & Hall, B. (2002). The ASTD handbook of training and delivery. London: McGraw-Hill. PLPG. 2016. Bahan Ajar PLPG Materi Keprofesionalan dan Pedagogik. UNNES. Dirjen GTK: UMP. Prastowo, A. (2012). Pengembangan sumber belajar. Yogyakarta: Pedagogia. Osman, M. M., Bachok, S., & Thani, S. N. ‘Alia A. (2015). An assessment of physical development in religious educational in malaysia: case study of sar and sabk in perak. Procedia Environmental Sciences, 28, 427– 432.doi:10.1016/j.proenv.2015.07.052. 162 Prestridge, S. (2018). Categorising teachers’ use of social media for their professional learning: A self-generating professional learning paradigm. Computers & Education. doi:10.1016/j.compedu.2018.11.003. Diambil pada tanggal 1 juli 2019, dari https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S036013151830 3002 Pribadi, B.A. (2009). Model desain sistem pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat. Priestner, A., & Borg, M. (2016). User experience in libraries: Applying ethnography and human-centred design. Abingdon, Oxon & New York, NY: Routledge. Ramsbotham, J., Dinh, H., & Truong, H., et al. (2019). Evaluating the learning environment of nursing students: a multisite cross-sectional study. Nurse education today. doi:10.1016/j.nedt.2019.05.016 . Diambil pada tanggal 19 mei 2019, dari https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S026069171830 618X Rauf, A.A.A. (2004). Kiat sukses menjadi hafidz qur'an da'iyah. Bandung: Pt Syaamil Cipta media. Reigeluth, C.M. (1997). Instructional theories in action: lessons illustrating selected theories and models. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Publisher. Republik Indonesia .(2005). Undang-undang no 14 tahun 2005, tentang guru dan dosen. Republik Indonesia .(1945). Undang-undang 1945, pasal 29 ayat 1, tentang Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa. Republik Indonesia .(1945). Undang-undang 1945, pembukaan alinea 4 Rhodes, D., Visker, J., & Larson, K., et al. (2019). Rapid e-learning for professional development in school-based diabetes management. Nurse Education in Practice, 38, 84–88. doi:10.1016/j.nepr.2019.06.009. Diambil pada tanggal 1 juli 2019, dari https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S1471 595318301537 Rodrigues, M. W., Isotani, S., & Zárate, L. E. (2018). Educational data mining: a review of evaluation process in the e-learning. Telematics and informatics, 35(6), 1701–1717. doi:10.1016/j.tele.2018.04.015. Diambil pada tanggal 19 mei 163 2019, dari https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S073658531 7306639 Romiszowki. (1981). Designing instructional system. New York: Nicholas Publishing Rusady, R. (2004). Public relation, edisi revisi ke-2. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta Sanjaya, W. (2009). Penelitian tindakan kelas. jakarta: Kencana Prenada Media Group. Schneider, S., Beege, M., & Nebel, S., et al. (2018). A meta-analysis of how signaling affects learning with media. Educational Research Review, 23, 1– 24.doi:10.1016/j.edurev.2017.11.001. Diambil pada tanggal 1 juli 2019, dari https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1747938X17300581 Septiara, A. dkk. (2019). Pengembangan aplikasi alquran untuk membantu hafalan al- quran secara mandiri menggunakan metode tikrar. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Vol. 3, No. 3, Maret 2019, hlm. 2807- 2813 Shi, J., Xu, J., & Yao, Y., et al. (2018). Concept learning through deep reinforcement learning with memory-augmented neural networks. Neural Networks. doi:10.1016/j.neunet.2018.10.018. Diambil pada tanggal 1 juli 2019, dari https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0893608018303137 Shi, Y., Mi, Y., & Li, J., et al. (2019). Concurrent concept-cognitive learning model for classification. Information Sciences. doi:10.1016/j.ins.2019.05.009. Diambil pada tanggal 1 juli 2019, dari https://www.sciencedirect.com/science/article/ pii/S0020025519303950 Silverman, R.D., Artzi, L., & McNeish, D.M., et al. (2018). The relationship between media type and vocabulary learning in a cross age peer-learning program for linguistically diverse elementary school students. Contemporary Educational Psychology doi: https:// doi.org/10.1016/j.cedpsych.2018.12.004. Diambil pada tanggal 1 juli 2019, dari https://www.sciencedirect.com/science/article/ pii/S0361476X18301267 164 Smaldino, S.E., Lowther, D.L., & Russell, J.D. (2008). Instructional technology and media for learning (9th edition). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education, Inc. Sorcinelli, M. D. (2007). Faculty development: The challenge going forward. Peer Review. Subroto, S. (1997). Proses belajar di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. Sugiono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta. Sukmadinata, N. S. (2003). Landasan psikologi proses pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sukmadinata, N.S., & Syaodih, E. (2012). Kurikumlum dan pembelajaran kompetensi. Bandung: PT Refika Aditama. Sundayana, R. (2014). Statistika penelitian pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta. Sungkono. 2003. Pengembangan dan pemanfaatan bahan ajar modul dalam proses pembelajaran. Makalah Yogyakarta: FIP UNY Suryabrata, S. (1988). Metodologi penelitian 1. Jakarta. Raja Grafindo Persada. Suryabrata, S. 1992. Metode penelitian. Yogyakarta: University Gadjah Suwarti. (2008). Pelaksanaan program tahfidz al-qur’an 2 juz. Studi di sdit harapan bunda semarang. Skripsi, diterbitkan, Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang, Semarang Uno, H.B. (2006). Orientasi baru dalam psikologi pembelajaran.Jakarta: PT Bumi Aksara Uno, H.B. (2006). Profesi kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Voirin, J.-L. (2018). System needs analysis. Model-Based System and Architecture Engineering with the Arcadia Method, 63–84. doi:10.1016/b978-1-78548-169- 7.50006-8. Diambil pada tanggal 2 juli 2019, dari https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9781785481697500068 165 Warsito, B. (2008). Teknologi pembelajaran landasan dan aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta Widoyoko, E.P. (2012). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Wiggins, G., & McTighe, J. (2006). Understanding by design. Alexandria, VA: Pearson Merriill Prentice Hall. Wiles, J., & Bondi, J. (1989). Curriculum development: A Guide to practice. London: Merrill Publishing Company. Yaacob, N. A., Osman, M. M., & Bachok, S. (2014). Factors Influencing Parents’ Decision in Choosing Private Schools. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 153, 242–253. doi:10.1016/j.sbspro.2014.10.058. Diambil pada tanggal 2 juli 2019, dari https://www.sciencedirect.com/science/article/ pii/S1877042814055001 Yunus, M.(1989). Kamus arab Indonesia. Jakarta: Hindakarya Agung Zais, R. (1976). Curriculum: principles and foundations. New York: Harper & Row, Publisher. Zaknich, A. (2005). Principles of adaptivefilters andself-learningsystems. LE-TEX Jelonek. Germany: Schmidt& Vöckler GbR,Leipzig, : Zdravkova, K. (2016). Reinforcing social media based learning, knowledge acquisition and learning evaluation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 228, 16–23.doi:10.1016/j.sbspro.2016.07.003. Diambil pada tanggal 1 juli 2019, dari https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042816309296 Zheng L., & Smaldino, S., E. (2006). Teachers’ perceptions of the application of design elements. The Quarterly Review of Distance Education, 7(1), 35-47. Zhu, W., Deng, Y., & Wang, Y. (2017). Dynamic thermal response characteristics and feasibility analysis of thermoelectric module in impedance measurement. Applied Thermal Engineering, 111, 1417–1425. doi:10.1016/j. Diambil pada tanggal 2 juli 2019 dari https ://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S135943111631064X citation: Pramono, Sigit Yuli and Sofyan, Herminanto (2019) Pengembangan Modul Pembelajaran Program Tahfizh di Madrasah Ibtidaiyah Wilayah Kabupaten Sleman. S2 thesis, Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/66169/1/Cover.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66169/2/Bab%20I.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66169/3/Bab%20II.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66169/4/Bab%20III.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66169/5/Bab%20IV.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66169/6/Bab%20V.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66169/7/Daftar%20Pustaka.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/66169/8/Lampiran.pdf