%0 Thesis %9 S2 %A Taslim, Patricia Lestari %A Hermanto, Hermanto %B Pendidikan Luar Biasa %D 2019 %F UNY:66135 %I Program Pascasarjana %T Peran Orang tua Dalam Pendidikan Anak Gifted Pada Komunitas Parents Support Group for Gifted Children Jogja %U http://eprints.uny.ac.id/66135/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam pendidikan anak gifted. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan melibatkan delapan partisipan yang tergabung dalam komunitas Parents Support Group for Gifted Children Jogja. Peneliti sebagai instrumen kunci menyiapkan kisi-kisi sebagai panduan wawancara yang divalidasi oleh 2 orang validator. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, studi dokumen, dan wawancara. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data, triangulasi sumber, triangulasi waktu, triangulasi metode, dan triangulasi hasil. Analisa data mengunakan model Miles-Huberman-Saldana yang mencakup empat langkah yaitu pengumpulan data, kondensasi, penyajian, dan verifikasi. Hasil penelitian dapat dijabarkan antara lain bahwa peran orang tua dalam pendidikan anak gifted, adalah : (1) mencari informasi dan mengenali karakter anak gifted sehingga dapat melakukan identifikasi bagi kebutuhan pendidikan yang sesuai,, (2) membantu memilih dan mencari lembaga pendidikan yang sesuai bagi anak gifted, (3) mendampingi anak dalam menghadapi masalah inter-personal terkait karakter perfeksionisme dan faalangst pada anak gifted dalam proses pendidikan, (4) mendampingi anak menghadapi masalah intra-personal anak gifted dalam pendidikan, dan (5) menemukan potensi yang dimiliki untuk proses pendampingan dalam pendidikan anak gifted yang lebih baik. Kata kunci: anak gifted, pendidikan, peran orang tua